4 Alasan UKM Perlu Waspadai Kemitraan Besar

Banyak kemitraan besar yang mulai melirik pasar Usaha Kecil dan Menengah (UKM), banyak juga diantaranya yang tertarik melakukan kemitraan dengan sejumlah UKM. Hal ini sebetulnya cukup baik, sebab UKM bisa mendapatkan modal tambahan dan berbagai pengalaman dari mitra besarnya. Namun ada juga yang harus diwaspadai dari kemitraan besar ini, diantaranya adalah adaptasi kita terhadap keinginan mitra hingga masalah target pendapatan yang harus dicapai.

4 Alasan UKM Perlu Waspadai Kemitraan Besar

4 Alasan UKM Perlu Waspadai Kemitraan Besar

Berikut 4 alasan mengapa kemitraan besar dan UKM bisa gagal :

1. Kehilangan Sponsor

Saat ada satu orang yang mengusung kemitraan dan ketika orang itu pergi, ada kemungkinan bahwa penggantinya kurang memiliki perasaan yang sekuat orang sebelumnya. Ini akan berdampak pada hubungan kemitraan tersebut.

2. Perubahan dalam Strategis Prioritas

Sementara kemitraan mungkin penting saat kesepakatan itu ditandatangani, perusahaan  selaku mitra besar bisa sewaktu-waktu merubah arah strategis kemitraan dan UKM.

3. Hasil Terbatas Awal

Perusahaan-perusahaan besar beroperasi dalam horizon yang lebih pendek, jadi bila kemitraan yang dilakukan tidak menghasilkan hasil yang diinginkan segera. bisa jadi kemitraan akan segera dihentikan, dan ini tentu akan memiliki dampak yang besar pada opersional UKM.

4. Kurangnya Sumber Daya

Banyak perusahaan besar mempunyai sumber daya yang berlimpah ruah dan juga sering berbicara tentang berbagai kemungkinan kemitraan, namun sumber daya juga banyak berkomitmen untuk proyek-proyek lain yang sebenarnya terbatas. Bisa jadi sumber daya dari mitra besar akan menggantikan sumber daya UKM yang notabene biasanya masih dalam lingkungan UKM.

Namun jika kita yakin dengan masuknya kemitraan besar dapat menguntungkan bagi rekan UKM, kemitraan besar bisa diambil. namun sebaiknya pelajari dengan sungguh-sungguh detail perjanjian dan pembagian tugas masing masing.

Temukan inspirasi peluang usaha terbaik yang telah kami posting yaitu:

Tinggalkan Balasan