Peluang bisnis untuk pensiunan  yang menjanjikan dan menguntungkan sebenarnya sangat banyak sekali jenisnya. Bahkan, Kegiatan setelah pensiun ini bisa dilakukan hanya dirumah saja tanpa pergi ke kantor.

Modal yang diperlukan bisa dibilang tidak terlalu besar. Untuk Kamu  yang akan menghadapi masa pensiun, sebaiknya menyiapkan tabungan dengan menyisihkan gaji yang nantinya dijadikan sebagai modal untuk berbisnis. Supaya Kamu  memiliki kegiatan mengisi masa pensiun yang bermanfaat dan tetap menghasilkan pemasukan minimal perbulannya. Dengan begitu kebutuhan pokok hidup tercukupi dan bisa saja setelah bisnis pensiunan yang Kamu  jalankan berkembang diperuntukkan anak cucu sebagai warisan keluarga.

9 Peluang dan Ide Bisnis untuk Pensiunan

9 Peluang dan Ide Bisnis untuk Pensiunan yang Menjanjikan dan Menguntungkan
9 Peluang dan Ide Bisnis untuk Pensiunan yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Berikut ini akan dibahas 10 ide bisnis menjanjikan untuk para pensiunan swasta ataupun PNS yaitu

1. Membeli Franchise


Franchise atau bisa disebut usaha waralaba masih memiliki potensi kedepannya. Kamu  sebagai pensiunan bisa memanfaatkan Franchise untuk mendapatkan penghasilan. Tetapi jangan terburu-buru. Amati terlebih dahulu dan bandingkan kira-kira waralaba mana yang perkembangannya baik, selalu dibutuhkan masyarakat, dan akan tetap bertahan tidak termakan zaman.

Contoh Franchise ialah KFC, McDonald’s, Indomaret, Alfamart, Pizza Hut, Geprek Bensu, dll. Jika dirasa kemahalan, Kamu  bisa mencari waralaba dengan modal kecil seperti Kebab Turki atau bisnis minuman seperti Nyoklat, Abchesee, Coklat Serius, dan lain sebagainya.

Bisnis waralaba sangatlah menguntungkan. Bayangkan Kamu  tidak perlu ikut bekerja, hanya menyiapkan modal untuk membuka lalu hire karyawan untuk menjalankannya. Duduk manis dirumah duit datang dengan sendirinya tiap bulan. Hasil dari bisnis Franchise ini tergantung dari seberapa besar potensi penjualannya.

2. Rental Properti


Rental Properti juga termasuk salah satu dari deretan bisnis pensiunan yang menghasilkan pasive income. Alias dapat uang tanpa mengerjakannya. Jika memiliki banyak modal, Kamu  bisa gunakan untuk membangun villa, kos-kosan, atau kontrakan yang nantinya akan disewakan.

Kos-kosan selalu diminati secara berkelanjutan dari waktu ke waktu. Biasanya yang menyewa kos ialah mahasiswa, mahasiswi, atau orang perantauan yang jauh dari keluarganya untuk belajar ataupun bekerja.

Video Kata Motivasi Hidup Sukses

Tempat kos yang paling dicari ialah yang dekat dengan jalan raya utama, dekat pabrik/industri, hingga dekat dengan sekolah/universitas. Dan tarifnya pun lebih tinggi daripada kos-kosan yang tempatnya agak pedalaman. Untuk Kamu  pensiunan swasta maupun PNS, bisnis ini cocok apabila masih bingung mau buka usaha apa.

3. Konsultan


Konsultan ialah seorang profesional yang membuka jasa menasehati orang dalam bidang tertentu. Jasa konsultan yang lagi trend dan dibutuhkan saat ini diantaranya akuntan, pajak, manajemen bisnis, pemasaran, start up, digital marketing, web development, desain grafis, dan lain-lain. Tentu uji terlebih dahulu kemampuan Kamu  sebelum diajarkan, jika memang terbukti memuaskan silahkan dilanjutkan. Karena itu nantinya yang akan menjadi usaha bekal pensiun Kamu .

4. Career Coaching

Apakah Kamu  ialah seseorang yang memiliki karir gemilang yang diimpikan banyak orang saat ini? Kebetulan sekali ini bisa menjadi ladang penghasilan Kamu  setelah pensiun. Misalkan Kamu  ialah seorang Manajer Pemasaran yang berprestasi, setelah pensiun Kamu  bisa lho mengajarkan etika-etika, strategi pemasaran produk, atau tata cara menjadi Manajer yang benar kepada para Manajer diluaran yang ingin memiliki prestasi yang baik. Dengan begitu, Kamu  dapat memberikan tarif coaching dengan waktu tertentu. Dan Kamu  akan mendapatkan uang dari situ. Usaha pensiunan ini bisa Kamu  lakukan secara paruh waktu (part time) dengan tarif perjam atau perhari. Bisa juga secara full time.

5. Properti Manajemen


Bisnis untuk pensiunan yang satu ini bisa terbilang nyaris tanpa modal. Yang Kamu  perlukan ialah mencari tenaga kerja dan klien sebanyak-banyaknya. Jadi, bisa disebut kerja rumahan ini ialah menghubungkan tenaga kerja freelance dan pihak yang membutuhkan jasanya. Layanan yang dapat Kamu  tawarkan ialah jasa cleaning service, memotong rumput, dekorasi rumah, renovasi rumah, atau layanan lain yang masih berhubungan dengan kebutuhan properti.

6. Specialist Trainer

Berprofesi sebagai Specialist Trainer masih menjanjikan untuk dijalankan saat ini tidak peduli walaupun Kamu  sudah pensiun sekalipun. Karena menurut saya belajar itu bisa dilakukan dimana saja, melalui media apa saja, dan pada siapa saja. Seorang Spesialis merupakan seseorang yang memiliki keahlian dibidang tertentu. Spesialis Trainer masih dibutuhkan orang selagi jaman masih terus maju dan berkembang.

Kemampuan yang diajarkan antara lain keahlian di bidang akuntansi, marketing, manajemen, kepemimpinan, ketenagakerjaan (HRD), psikologis, dll. Untuk memperoleh uang dari keahlian yang Kamu  miliki, Kamu  bisa membuka seminar, workshop, pelatihan, les private secara offline. Atau membuat e-book, e-course, audio book untuk dijual secara online.

7. Menulis Buku

Bagi Kamu  yang gemar dan hobi menulis, lowongan pekerjaan sebagai penulis buku cocok untuk dilakukan semasa pensiun. Daripada hanya nganggur dirumah. Mendingan Kamu  membuat buku yang nantinya diberikan kepada penerbit. Apabila buku milik Kamu  bagus dan laris dipasaran, besar kemungkinan Royalty akan Kamu  dapatkan. Dari Royalty Kamu  tetap dapat mendatangkan pundi-pundi penghasilan semasa pensiun. Dari sisi lain, Kamu  juga bisa menjadi orang yang terkenal dan populer melalui sebuah buku.

8. Financial Planner

Bisnis pensiunan Financial Planner ini ialah pekerjaan yang memiliki banyak efek samping. Pasalnya, Kamu  bisa memberi masukkan kepada orang terkait Investasi-investasi apa yang bagus, mengatur keuangan seseorang/bisnis, hingga mengajaknya untuk berinvestasi jangka panjang. Kemudian Kamu  bisa bekerja sama dengan agen asuransi, agen travel, reksadana, atau agen-agen lainnya untuk dihubungkan dengan klien. Apabila Kamu  sudah masuk masa pensiun pastinya Kamu  lebih berpengalaman, lebih bijaksana, dan saya yakin Kamu  bisa melakukannya dengan baik.

9. Menjadi Agrobisnis

Menjadi agrobisnis bisa Kamu  lakukan sebagai aktivitas didesa setelah pensiun. Sebenarnya, dikota pun juga banyak yang melakukannya. Mengapa demikian? Sebab, sayur-sayuran dan buah-buahan tak luput dari kebutuhan masyarakat di seluruh dunia. Usaha jenis ini tidak akan pernah tergerus teknologi selagi Kamu  mengerti cara menerapkannya.

Bila Kamu  memiliki lahan yang cukup luas, tanaman sayur seperti Lombok, terong, bawang, palawija, atau tanaman buah pisang, jeruk, strawberry, semangka, dll bisa Kamu  tanam di halaman.
 Jangan khawatir apabila Kamu  tidak mempunyai lahan untuk ditanami. Kamu  bisa menyewa lahan milik orang lain dan menyuruh orang lain mengerjakannya.

Nah, Itulah tadi beberapa lowongan kerja dan bisnis yang bisa mengisi kegiatan semasa pensiun.

Contoh usaha untuk pensiun banyak macamnya. Di artikel kali ini yang menjadi contoh untuk pensiunan diantaranya membuka usaha waralaba atau Franchise seperti KFC dan lain-lain. Usaha rental properti seperti menyewakan kos, kontrakan, villa, hingga hotel. Menjadi seorang konsultan atau Career Coaching pada bidang tertentu. Bisnis Properti Manajemen untuk membantu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan rumah orang lain dengan menghubungkan tenaga kerja dan klien. Terima kasi telah berkunjung dan membacanya.

Baca juga peluang usaha menarik lainnya yaitu: