Apa yang Dimaksud Peluang Usaha?

apa yang dimaksud peluang usaha

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas informasi tentang peluang usaha. Jadi, apa yang dimaksud peluang usaha?

Peluang usaha tersusun atas dua kata yaitu peluang dan usaha. Peluang artinya kesempatan dan usaha artinya upaya untuk mencapai sesuatu yang diinginkan atau ditargetkan. Jadi peluang usaha adalah kesempatan yang dimiliki oleh seseorang untuk mencapai tujuan baik itu keuntungan, uang atau pun kekayaan dengan melakukan usaha memanfaatkan sejumlah modal yang dimiliki untuk mencapai apa yang menjadi tujuannya.

Para ahli pun memiliki pendapat tentang pengertian peluang usaha. Apa sajakah pendapat para ahli tentang arti peluang usaha?

Pendapat Ahli tentang Apa yang Dimaksud Peluang Usaha

Robbin and Coulter

Peluang usaha yaitu segala macam proses yang melibatkan individu atau suatu kelompok dengan sarana tertentu untuk menciptakan sebuah nilai tambah dalam membantu memenuhi segala macam kebutuhan.

Thomas W Zimmer

Peluang usaha menurut Thomas W Zimmer adalah sebuah kreativitas atau inovasi yang dilakukan untuk menjadi pemecah masalah yang terjadi dan melihat kesempatan yang ada untuk diubah menjadi bentuk tertentu.

Arif F. Hadiparanata

Peluang usaha menurut Arif F. Hadiparanata adalah sebuah resiko yang harus diambil untuk mengelola dan mengatur segala macam urusan sumber daya yang ada kaitannya dengan cara menghasilkan uang.

Sumber Peluang Usaha dan Jenisnya

Seseorang yang memanfaatkan peluang usaha yang ada, sumber ide atau inspirasi mereka melakukan peluang usaha tersebut berasal dari berbagai macam faktor. Adapun beberapa faktor sumber peluang usaha di antaranya :

Berasal dari diri sendiri

Peluang usaha yang tercipta karena diri sendiri terjadi ketika seseorang yang memanfaatkan peluang usaha tersebut menyukai sesuatu hal dan kemudian mengubah sesuatu yang disuka menjadi sebuah peluang bisnis yang potensial bagi dirinya.

Misalkan seorang penulis yang suka menulis dan kemudian membuat sebuah tulisan tentang orang – orang di sekitarnya. Setelah jadi, tulisan tersebut dijual dan menghasilkan uang yang sangat besar. Atau seorang ibu rumah tangga yang suka memasak kue kemudian mencoba membuat kue kesukaannya dan menjualnya hingga laris dan banyak orang datang membeli.

Keahlian yang dimiliki seseorang

Apapun keahlian yang Anda miliki, Anda bisa mencoba memanfaatkannya. Seperti halnya seseorang yang memiliki keahlian merajut benang, kemudian dari keahlian tersebut ia menciptakan berbagai macam kreasi tas dan dompet yang kemudian menghasilkan uang ketika dijual. Anda pun bisa memanfaatkannya.

Peluang yang berasal dari background pendidikan

Sebagai contoh, seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan chef, kemudian dengan latar belakang tersebut ia bisa menciptakan aneka kreasi resep masakan baru dan menyulapnya menjadi sebuah bisnis kuliner di kotanya.

Atau jika belum ada modal, seseorang dengan latar belakang pendidikan chef tersebut bekerjasama dengan restoran atau hotel untuk menciptakan kreasi masakan baru sehingga ia bisa menjadi bagian dari bisnis tersebut. Hal ini tentu dapat menjadi peluang yang sangat bagus untuk dijalankan.

Jika Anda ingin memulai usaha namun masih bingung usaha seperti apa yang bagus dan potensial Anda kerjakan, ada beberapa ciri peluang usaha yang bagus dan potensial untuk Anda jalankan yaitu :

  • Memberikan nilai jual produk atau pun jasa yang tinggi
  • Bisa dikerjakan oleh diri sendiri
  • Bisnis mampu bertahan lama atau bahkan berkelanjutan jika dikembangkan ke tahap yang lebih serius
  • Bukan merupakan bisnis yang hanya naik daun di waktu – waktu tertentu saja atau bisnis musiman
  • Skala bisnis yang sedang dijalankan nantinya dapat diperbesar atau ditingkatkan seiring dengan berjalannya waktu sesuai profit dan sumber daya manusia yang ada
  • Modal yang dikeluarkan di awal pendirian usaha tidak boleh terlalu besar dan harus sesuai dengan kapasitas yang dimiliki
  • Dapat memberikan berbagai macam keuntungan, laba atau profit yang menjanjikan sesuai dengan waktu yang ditentukan artinya memiliki target yang jelas, tidak terlalu cepat agar hasilnya maksimal namun juga tidak terlalu lama

Jenis peluang usaha yang bisa dijalankan berbagai macam. Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan keahlian Anda sendiri untuk memulainya. Anda bisa menjalankan peluang usaha di bidang fashion, kuliner, jasa dan sebagainya.

Untuk ide peluang usaha di bidang kuliner, inspirasinya baca : Contoh Usaha Makanan Ringan Unik Cocok Jadi Ide Usaha

Baca juga : Daftar Jajanan Populer untuk Usaha Rumahan, Dijamin Laris Manis!

Itulah informasi tentang apa yang dimaksud peluang usaha dan beberapa contoh ide peluang usaha yang Anda bisa coba. Semoga informasi yang kami bagikan di atas bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Tinggalkan komentar