Cara Bisnis Bertahan di Tengah Wabah Corona Virus

Wabah corona virus kini sedang melanda dunia. Banyak negara yang membatasi ruang gerak masyarakat, bahkan banyak negara yang menerapkan kebijakan lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona.

Akibatnya, ada banyak usaha yang mengalami keterbatasan ruang gerak hingga mengalami kebangkrutan akibat sistem dan kebijakan tersebut.

Lantas bagaimana cara agar pelaku usaha bisa bangkit di tengah wabah Corona virus? Dan seperti apa cara bisnis bertahan di tengah wabah corona virus yang mengintai? Disini kami berikan ulasannya untuk Anda!

Cara Bisnis Bertahan di Tengah Wabah Corona Virus

Cara Bisnis Bertahan di Tengah Wabah Corona Virus

Lakukan analisa atas strategi bisnis yang dijalankan

Hal pertama yang bisa dilakukan sebagai cara bisnis bertahan di tengah wabah corona virus adalah menetapkan strategi bisnisnya seperti apa. Anda harus mulai memahami bagaimana sistem bisnis bekerja di tengah masalah virus yang sedang terjadi.

Dengan memahami sistemnya, Anda bisa memunculkan suatu ide dan pengalaman baru yang dapat memberikan solusi atas permasalahan yang sedang terjadi di lapangan.

Lakukan analisa atas strategi bisnis yang dijalankan

Anda bisa mulai berpikir promosi apa saja yang bisa dilakukan dan yang efektif dilakukan di tengah wabah, produk apa saja yang bisa Anda kreasikan, dan bagaimana pengaruhnya atas penjualan Anda jika semua itu dijalankan. Semua itu penting dipikirkan dan dijalankan agar hasilnya maksimal atau minimal sesuai yang Anda harapkan.

Perdalam ilmu bisnis

Adanya virus corona membuat wacana work from home menjadi nyata. Selama work from home, jangan lupa sebagai pebisnis Anda perlu memperdalam ilmu bisnis Anda lagi. Anda bisa mencari materi dan ilmu tentang bisnis secara gratis atau berbayar, semuanya boleh Anda lakukan.

Pastikan Anda manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menimba ilmu lebih banyak lagi. Anda bisa ikuti kursus online atau mendapatkan berbagai macam materi soal bisnis dari e-book, sosial media, webinar, video, blog, podcast dan sebagainya. Serap ilmunya, jalankan yang memang sesuai dengan karakter bisnis Anda.

Tunjukkan komitmen yang Anda punya kepada pelanggan

Tunjukkan komitmen yang Anda punya kepada pelanggan

Ketika wabah corona virus merebak dan kemudian bisnis Anda harus berada di posisi yang sulit, ini menjadi waktu yang tepat untuk Anda meningkatkan rasa percaya Anda kembali dalam menangani bisnis Anda. Berusahalah dengan sikap optimisme untuk tetap memenuhi kebutuhan pelanggan dan bertanggung jawab terhadap bisnis yang Anda geluti agar tidak ada pihak yang dikecewakan dan bisnis Anda tetap bisa berjalan.

Lantas bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk menangani itu semua?

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan pelayanan pembelian online. Misalkan Anda menjalankan usaha di bidang kuliner yang biasanya customer Anda makan langsung di tempat, sekarang Anda bisa menerapkan sistem take away.

Pelanggan atau customer tidak harus langsung datang ke tempat makan Anda, melainkan customer atau pelanggan Anda bisa memesan secara online via GoFood dan GrabFood. Dengan Anda memberikan alternatif layanan lain ketika customer tidak bisa datang ke tempat makan Anda secara langsung, hal tersebut sudah cukup memberikan solusi kepada pelanggan Anda untuk tetap menikmati produk Anda dimanapun ia berada.

Berusahalah tetap transparan dalam menjalankan usaha Anda

Salah satu cara yang tepat untuk membuat pelanggan tetap percaya kepada Anda adalah berusaha transparan. Misalkan ketika wabah corona menjadikan pengiriman terhambat dimana biasanya produk bisa sampai di tempat pelanggan 2 sampai 3 hari kerja, namun karena wabah corona terjadi maka produk bisa sampai di tempat pelanggan dalam kurun waktu 7 sampai dengan  10 hari lamanya.

Nah, dengan kondisi yang seperti itu Anda harus tetap transparan. Mengapa? Karena jika Anda tidak transparan maka pelanggan Anda akan sering bertanya kondisi yang terjadi di lapangan dan hal tersebut akan menyulitkan Anda.

Karena itu bicarakan dengan customer atau calon customer dari awal mereka akan membeli produk Anda. Pastikan mereka berkenan dengan sistem yang baru dan jika tidak berkenan atau merasa keberatan, jangan paksakan kehendak. Hal tersebut penting karena memaksakan kehendak hanya akan menimbulkan masalah baru di kemudian hari.

Tawarkan pengalaman yang berbeda untuk setiap pelanggan

Semisal jika biasanya Anda membuat orang datang langsung ke toko Anda secara offline, namun karena ada virus corona maka Anda bisa arahkan target pelanggan Anda yang biasanya suka belanja offline ke sektor online.

Tawarkan pengalaman yang berbeda untuk setiap pelanggan

Anda bisa menawarkan pengalaman berbelanja secara berbeda. Semisal jika biasanya produk yang Anda jual adalah produk siap beli atau produk jadi, maka tak ada salahnya jika sekarang Anda menerapkan sistem pre order atas produk yang Anda jual.

Kalau memang memungkinkan berikan diskon yang lumayan tinggi untuk pelanggan Anda. Misalkan Anda bisa berikan diskon mulai dari 15% sampai 25% untuk pembelian secara online di toko Anda. Hal tersebut dapat membuat orang tertarik membeli produk di tempat Anda.

Berkomunikasilah secara aktif dengan pelanggan Anda

Supaya bisnis Anda tetap bisa bertahan ketika wabah corona menghadang, Anda perlu memikirkan strategi komunikasi yang tepat ketika dengan pelanggan. Pastikan Anda juga memiliki customer service yang bisa dihubungi 24 jam non stop agar pelanggan betah berbelanja di tempat Anda.

Itulah beberapa cara bisnis bertahan di tengah wabah corona virus yang Anda bisa praktekkan. Selamat mencoba dan semoga kesuksesan selalu menyertai bisnis Anda.

Baca juga artikel menarik lainnya yaitu:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *