Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Pemula

Sudah punya ide dan konsep usaha namun masih bingung akan menjalankannya seperti apa karena keterbatasan modal yang dimiliki? Bagaimana ya cara mendapatkan modal usaha untuk mengeksekusi semua ide dan konsep yang sudah ada?

Bagi Anda yang punya masalah modal untuk memulai usaha, Anda harus simak informasi yang kami bagikan kali ini. Di sini kami akan berbagi bagaimana cara mendapatkan modal usaha untuk pemula. Ada banyak sumber modal yang sebenarnya bisa Anda pakai.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengupas secara lengkap khusus untuk Anda. Jadi simak terus informasinya dan jangan skip ya!

Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Pemula

1. Memanfaatkan dana tabungan

Cara mendapatkan modal usaha yang pertama bisa dilakukan adalah memanfaatkan dana tabungan. Cara ini sangat mudah karena Anda tidak perlu datang ke bank untuk mencari pinjaman atau meminta dana dari pihak lain yang belum tentu akan di ACC nantinya.

Akan tetapi cara ini hanya tentu berlaku bagi Anda yang sudah memiliki dana tabungan sendiri. Jika Anda belum punya, maka Anda bisa menggunakan cara kedua untuk mendapatkan modal usaha, yaitu ;

2. Mencari investor

Mendapatkan investor memang bukan hal yang mudah, utamanya untuk Anda yang baru saja akan memulai usaha dan ini usaha pertama Anda. Akan tetapi jika Anda berhasil mencari investor dan mereka mau menggelontorkan dana untuk ide Anda, tentu Anda tidak perlu pusing lagi dengan modalnya.

Biasanya investor bahkan berani menggelontorkan dana dengan jumlah yang besar. Jika Anda ingin mendapatkan modal dengan cara kedua ini, pastikan Anda sudah punya konsep usaha yang oke. Kemudian jangan lupa untuk membuat proposal secara terperinci untuk memberikan kesan kepada investor bahwa Anda adalah orang yang jujur, ulet, inovatif dan bekerja keras.

Hal ini penting karena ketika akan menggelontorkan dananya, investor tidak akan mau menaruh dananya di tempat yang tidak bisa mereka percaya. Jadi buat mereka percaya 100% kepada Anda dan konsep bisnis Anda di awal.

3. Join venture

Seandainya Anda merasa kalau mendapatkan modal dari investor sangat sulit, Anda bisa mengambil opsi yang satu ini. Anda bisa mendirikan usaha bersama atau join venture. Dengan menggunakan cara ini, secara otomatis Anda bisa membagi jumlah modal yang dibutuhkan untuk mendirikan usaha dengan pihak yang melakukan join venture.

Atau dengan kata lain, Anda bisa melakukan patungan modal dengan pihak yang sudah sepakat untuk join venture dengan Anda tersebut. Melalui konsep join venture, Anda juga bisa berbagi tanggung jawab pekerjaan yang harus dilakukan secara adil sehingga beban kerja Anda otomatis akan menjadi semakin ringan.

Namun Anda juga harus ingat bahwa perjanjian secara tertulis sudah harus ada sebelum menjalankan usaha join venture agar tidak ada pihak yang merasa dihianati nantinya.

4. Mendapatkan dana dari pinjaman uang ke teman atau saudara

Jika Anda tidak bisa mendapatkan partner join venture, Anda bisa mencoba cari pinjaman modal dari teman, saudara, kerabat atau bahkan pacar. Mungkin jumlah pinjaman yang akan mereka berikan tidak terlalu besar.

Akan tetapi enaknya Anda tidak perlu memberikan jaminan apapun, tidak terbebani dengan harus membayar beban bunga, dan tidak dikenai denda pembayaran jika ada keterlambatan pembayaran karena suatu hal. Dengan begitu resiko yang harus ditanggung pun minim.

5. Mengajukan pinjaman dana ke bank

Last but not least, jika semua cara mendapatkan modal usaha di atas mustahil untuk Anda, Anda bisa menggunakan cara terakhir yaitu meminjam uang di bank. Namun ingat, ada jaminan yang disertakan sebagai bentuk persyaratan pengajuan pinjaman.

Konsekuensinya juga, jika Anda tidak bisa membayar sesuai perjanjian maka jaminan tersebut akan hilang. Ada beban bunga dan biaya denda keterlambatan pembayaran yang harus ditanggung. Oleh sebab itu, untuk menghindari resiko gagal bayar, pastikan Anda mencari pinjaman dengan tenor yang lumayan panjang dan dengan beban bunga yang tidak terlalu besar. Anda bisa ikut program KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang merupakan program pemodalan usaha dari pemerintah.

Atau ingin meminjam dana melalui aplikasi pinjaman online yang tanpa syarat dan jaminan? Boleh saja! Akan tetapi baiknya Anda cari aplikasi pinjaman online yang terpercaya. Baca : Daftar Aplikasi Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK

Baiknya Anda juga baca beberapa tips untuk mendapatkan pinjaman online. Baca : Tips Mencari Lembaga Pinjaman Online Legal dan Terpercaya

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online yang Anda Harus Tahu

Itulah beberapa cara mendapatkan modal usaha untuk pemula yang penting Anda tahu. Anda bisa mendapatkan modal dari salah satu dari beberapa cara di atas. Anda bisa mempertimbangkan salah satunya.

Tinggalkan Balasan