Cara Mengatur Keuangan Anak Remaja Milenial Agar Kaya Disaat Tua

Remaja adalah masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Di masa ini, jiwa mereka sedang membara, sedang ingin melakukan berbagai hal yang belum mereka lakukan. Banyak mencari tahu, haus ilmu dan ambisius

Terkadang banyak pula remaja yang terjebak dalam pergaulan yang salah. Sering menghamburkan uang untuk kegiatan yang tidak berfaedah, tidak memikirkan masa depan secara finansial.

Cara Mengatur Keuangan Anak Remaja

Semboyan mereka adalah, "masa muda hanya sekali". Dengan dasar itu, banyak anak muda yang melakukan pemborosan uang, padahal ia masih minta dari orang tua, padahal dia belum bekerja. Sok berlaga kaya!

Jika kamu tidak ingin seperti itu, menghamburkan uang untuk pemborosan. Ada baik nya kamu mengikuti tips tips berikut ini.

Cara Mengatur Keuangan Anak Remaja Melenial

Simak penjelasan artikel di bawah ini tentang tips mengatur keuangan untuk para anak remaja melenial.

1. Utamakan kebutuhan

Sering kali, remaja lebih mengutamakan keinginan di banding mementingkan kebutuhan nya. Kamu harus merubah mindset tersebut. Coba di rubah mindset mu, kamu harus memprioritaskan kebutuhan pokok mu di banding dengan keinginan. Agar kamu dapat menghemat uang jajan pemberian orang tua. Dengan begitu, kamu dapat memperbaiki finansial mu, kamu bisa merencanakan masa depan mu mulai dari sekarang. Di mulai dari lebih memprioritaskan kebutuhan di banding keinginan. Karena, keinginan adalah sumber penderitaan, yang bertempat di pikiran mu. Jadi, rubahlah mindset mu terlebih dahulu.

tips mengatur keuangan remaja milenial

2. Mulai menabung

Cara Mengatur Keuangan Remaja

Sisihkan sebagian dari uang saku mu untuk di tabung, sebagai rencana untuk masa depan. Jika kamu memilikii tabungan sendiri, kamu bisa membeli sesuatu yang sedang kamu butuhkan tanpa perlu meminta uang dari orang tua. Karena kamu punya tabungan sendiri. Pasti kamu pernah dengar pribahasa yang berbunyi seperti ini, "hemat pangkal kaya". Nah, itu. Kamu harus mulai menghemat uang mu dan di tabung sebagai pegangan jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan uang itu untuk keperluan yang mendesak, untuk hal-hal lain yang kamu butuhkan. Itulah keuntungan menabung uang jajan. Kamu juga berlatih hidup mandiri.

Baca juga : Tip Bagaimana Cara Menabung Untuk Biaya Kuliah Sendiri

3. Latihan investasi

Sedari muda kamu harus mulai mencari tahu apa itu investasi. Apa saja keuntungan jika kamu berinvestasi. Karena, investasi sangat berperan penting untuk perencanaan di masa depan. Investasi tidak harus selalu di mulai dengan hal-hal besar.

Belajar Investasi Selagi Muda

Kamu mungkin di masa sekarang merasa tak mampu jika melakukan investasi emas, saham dan sebagai nya. Maka kamu harus memutar otak, benda apa yang sekira nya bakal bisa di jadikan untuk berinvestasi. Kita ambil contoh, kamu membelanjakan uang mu untuk beli anak ayam jenis bangkok.

Saat kamu membeli ayam tersebut di waktu masih anakan, tentu harga nya lebih murah. Nah, kamu berlatih investasi bisa dengan cara seperti itu. Kamu pelihara ayam tersebut hingga besar, lalu kamu jual lagi ayam tersebut. Tentu kamu akan mendapat keuntungan yang berlipat dari hal tersebut.

Baca juga : Cara Mengatur Keuangan Dana Pensiun Agar Hidup Sejahtera

3. Jangan salah pergaulan

Jika kamu adalah remaja yang terlahir dari keluarga yang kurang mampu dan kamu bergaul dengan orang-orang kaya, tentu itu tidak akan menimbulkan masalah. Yang harus kamu hindari adalah mengikuti gaya hidup mereka. Kamu jangan ikut-ikutanĀ  melakukan pemborosan.

Jangan salah pergaulan

4. Hindari gaya hidup hedonisme

Kamu tak perlu berlaga sok kaya jika kamu memang tidak mampu. Tak usah melakukan hal konyol agar kamu terlihat kaya. Jatuh nya malah maksa. Hiduplah dengan cara sederhana. Gunakan uang seperlunya. Dari pada di hamburkan, lebih baik di tabung atau di investasikan. Iya kan?

Itulah beberapa tips mengatur keuangan remaja milenial, supaya bisa merencanakan masa depan dengan matang. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.