Ketika kamu bekerja menjadi seorang pegawai negeri sipil, saat kamu tidak bekerja lagi lantaran usia mu yang sudah terlalu senja, maka kamu akan mendapatkan dana pensiunan setelah tidak bekerja.

Kamu harus mengelola dana tersebut dengan baik, jika tidak ingin suatu hari nanti terlilit hutang lantaran kehabisan uang.

Berhutang tidak menjadi solusi untuk para pensiunan, selain karena jumlah dana pensiun yang tak seberapa, juga terkadang bunga yang diberikan saat berhutang bisa mencekik mu. Semakin kamu lama membayar dan melunasi hutang, maka semakin tinggi pula bunga yang harus kamu bayarkan. Bisa mampus kan?

Maka dari itu, untuk kamu yang telah pensiun bekerja, ada baik nya mengikuti tips-tips berikut ini. Biar kamu bisa mengelola dana pensiunan dengan bijak dan tidak akan membuat kamu terlilit hutang beserta bunga nya yang mencekik.

Cara Mengatur Keuangan Dana Pensiun

Simak penjelasan artikel di bawah ini.

1. Alokasikan dana pensiunan untuk di tabung.

Kamu harus menyisihkan sebagaian dari uang pensiunan mu untuk di tabung. Karena, dengan kamu memiliki tabungan, maka kamu tidak akan merasa khawatir jika sewaktu-waktu kamu di hadapkan dengan kebutuhan yang mendesak yang memerlukan banyak uang. Dengan memiliki tabungan, setidaknya kecemasan seperti itu dapat hilang dari pikiran mu dan tidak mengharuskan kamu untuk berhutang.

2. Melakukan investasi

Selain di tabung, kamu juga harus mulai melakukan investasi. Investasi bertujuan supaya uang yang kamu miliki bertambah tanpa harus kamu bekerja.

Prinsip investasi adalah uang yang bekerja untuk kamu, bukan kamu yang bekerja untuk uang. Ada banyak investasi yang bisa kamu pilih, sesuai dengan kemampuan mu secara finansial. Kamu bisa berinvestasi emas, investasi jenis ini terbilang cukup mudah dan memiliki resiko yang sedikit. Harga emas tidak akan terpengaruh oleh inflasi. Harga emas akan tetap stabil dan berkemungkinan besar akan semakin mahal setiap tahun nya.

Investasi saham, investasi jenis ini adalah dengan kamu menanam saham di sebuah perseroan atau perusahaan, dengan pembagian hasil yang telah di sepakati oleh kamu sebagai investor nya dan pihak perusahaan yang mendapat kucuran dana dari mu untuk menjalankan bisnis mereka. Kamu hanya perlu duduk santai untuk mendapatkan keuntungan dari perusahaan tersebut. Dan masih banyak lagi investasi jenis yang lain. Kamu bisa cari tahu di google, investasi apa yang sekiranya cocok untuk kamu pakai, sesuai dengan kemampuan mu secara finansial.

3. Prioritaskan kebutuhan

Karena kamu tidak lagi memiliki gaji pokok lantaran sudah tidak bekerja, kamu harus benar-benar menggunakan dana pensiunan mu untuk sesuatu yang benar-benar kamu butuhkan. Hindari perilaku konsumtif yang brural dalam segala hal. Jangan turuti hasrat dan keinginan mu untuk membeli sesuatu yang tidak kamu perlukan. Kenali kebutuhan mu dan jauhi keinginan sesaat yang tidak di perlukan amat.

4. Gunakan untuk bisnis

Kamu yang sudah tidak lagi bekerja di kantor atau perusahaan, tidak memiliki gaji pokok yang membuat mu merasa aman hidup dari bulan ke bulan. Dengan dana pensiunan yang kamu miliki, gunakanlah untuk memulai bisnis. Tak masalah bisnis kecil-kecilan, itu jauh lebih baik dari pada kamu gunakan uang mu untuk hal yang tak perlu. Dengan berbisnis, kamu akan mendapat penghasilan tambahan selain dari dana pensiunan mu tersebut. Terus kembangkan bisnis mu, from nothing to something.

Itulah beberapa tips mengelola dana pensiunan. Semoga artikel ini bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca juga:

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *