Jika kamu seorang karyawan dengan bayaran harian, dengan bayaran yang jika di kalkulasikan sebulan tidak mencapai nilai UMR standar. Tak perlu risau, kamu bisa melakukan banyak cara supaya kamu tetap bisa survive dengan gaji yang segitu.

Yang harus pertama kali di lakukan oleh kamu adalah merubah mindset mu. Jangan lagi mengeluh jika kamu mendapat gaji kecil. Kamu harus merubah mindset mu, dengan cara mensyukuri apa yang tuhan berikan kepada kamu, sekecil apapun bayaran harian yang kamu peroleh.

Selain selalu bersyukur, kamu juga harus mulai mengatur keuangan mu. Mulai merencanakan untuk mengalokasikan uang tersebut ke berbagai hal yang akan menjamin kamu di masa depan.

Walau gaji harian mu kecil, kamu bisa membuat yang kecil tersebut menjadi besar. Namun tentu kamu harus mau berproses. Semua tidak ada yang instan, semua harus mau menikmati pahit getir nya proses. Supaya nanti kamu bisa memetik hasil dari usaha mu.

Mengatur keuangan memang bukan hal yang mudah, terlebih jika penghasilan mu rendah, maka akan terasa sulit untuk mengatur keuangan. Walaupun susah dilakukan, tapi bukan hal yang mustahil jika kamu mau mencoba nya.

Beberapa tips berikut akan kami berikan kepada kamu untuk mengatur keuangan orang dengan gaji harian. Dengan mengikuti tips berikut ini, mungkin bisa membantu kamu untuk mengatur keuangan dari penghasilan gaji harian.

Baca juga : Cara Mengatur Keuangan Anak Remaja Milenial Agar Kaya Disaat Tua

Cara Mengatur Keuangan Untuk Orang Dengan Penghasilan Harian

Simak penjelasan artikel di bawah ini tentang cara mengatur keruangan dari penghasilan harian.

1. Membedakan keinginan dan kebutuhan

Orang-orang biasanya akan lupa apa yang sebenarnya di perlukan ketika mereka sedang memegang uang. Ada sebuah kalimat satire yang sangat menohok kita semua, kalimat tersebut adalah “mencari uang setengah mati, menghabiskan uang setengah sadar”. Memang realita nya begitu, ketika tak punya uang, kita akan merencanakan jika mempunyai uang akan digunakan untuk ini, untuk kebutuhan itu. Tapi ketika uang ada dalam genggaman, kita akan dengan mudah nya melupakan semua rencana itu. Ya, begitulah realita nya.

Mulai sekarang, kamu harus bisa membedakan mana yang kamu butuhkan dan mana yang sekedar keinginan belaka. Kenali kebutuhan mu dan jauhi keinginan yang tak perlu. Pandailah dalam mengatur uang.

Baca juga : Cara Mengatur Keuangan Dana Pensiun Agar Hidup Sejahtera

2. Kalkulasi

Setiap uang yang telah kamu pergunakan, yang telah kamu keluarkan, kamu harus mengkalkulasikan semua pengeluaran mu. Mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap bulan di perlukan untuk mengetahui kemana saja uang tersebut kita gunakan. Dengan begitu, kamu bisa mencari solusi untuk menghemat pengeluaran mu. Ayo, mulai praktekan tips ini sekarang juga.

3. Menabung

Dengan gaji yang kamu terima setiap hari nya, tentu setiap hari kamu memegang uang. Bukan hal yang susah sebenarnya, kamu bisa menabung sebagian penghasilan mu. Sekecil apapun itu, kamu sisihkan dan tabung. Dengan konsisten, setiap hari nya kamu menabung. Maka dalam setahun saja kamu bisa mempunyai uang yang banyak hasil dari tabungan mu. Mulai dari sekarang menabung, untuk masa depan mu yang cerah.

Baca juga : Tip Bagaimana Cara Menabung Untuk Biaya Kuliah Sendiri

4. Hindari perilaku konsumtif berlebih.

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Berlebihan makan, berlebihan membelanjakan uang, adalah sesuatu yang tidak baik. Itu nama nya pemborosan. Hindari perilaku hidup konsumtif. Gunakan uang secukupnya saja untuk hal-hal yang kamu butuhkan. Jangan menuruti nafsu keinginan semata.

Baca juga : Cara Mudah untuk Melunasi Pinjaman Online

Itulah beberapa tips yang bisa kamu praktekan untuk mengatur keuangan dengan sistem gaji harian. Semoga artikel ini bermanfaat, sekian dan terima kasih

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *