Cara Menghadapi Persaingan Usaha Dengan Merubah Kemasan

Artikel cara menghadapi persaingan usaha dengan merubah kemasan ini terinspirasi dari sebuah tulisan teman FB saya Diar Seonubi, Seorang praktisi SEO. Saya tulis ulang disini dengan harapan semoga berguna bagi rekan UKM semua.

Ada seorang pemilik catering di bali yang bernama Ibu Evi dan menjual paket makanan. Namun disebabkan banyaknya persaingan, dan orang lain berlomba menjual murah seharga Rp.12.000/pack. Penjualan Catering box bu Evi ini anjlok, semua pelanggannya pindah ke tempat yang lebih murah. Parahnya lagi, orang yang menjual Rp.12.000/pack ini sudah termasuk free antar ke lokasi, tanpa perlu mmberikan tips untuk supir dll.


Ibu Evi sendiri heran, bagaimana mungkin orang lain dapat menjual Rp.12.000/pack sedangkan modal dia saja mencapai Rp.12.500/pack. Namun saat itu Ibu Evi tidak ingin berpikir macam-macam kenapa hal itu bisa terjadi, banyak faktor yang bisa melatar belakangi. Apalagi ditengah banyaknya bermunculan usaha kecil Catering, yang ada di pikiran Ibu Evi adalah bagaimana cara mengatasinya.

Cara Menghadapi Persaingan Usaha

Pada suatu saat, Ibu Evi jalan-jalan ke Singapura dan makan di restoran Jepang. Ketika makan di Restoran Jepang tersebut, makanannya di sajikan dalam sebuah kotak hitam. Wadah makan kotak hitam ini terlihat begitu elegan, saat itu juga terpikir olehnya bagaimana jika wadah makan kotak hitam tersebut diterapkan untuk tempat makan cateringnya. Paket makanan yang memakai kemasan kotak hitam seperti itu pasti jatuhnya akan lebih mahal, namun bila makanan yang lebih mahal bisa laku maka dapat menutupi penjualan makanan yang murah. Jadi bisa terjadi subsidi silang.

Setelah datang kembali ke Indonesia, Ibu Evi mencari kesana kemari tempat makan kotak hitam tersebut. Hingga akhirnya ketemu, namun sayang harganya cukup mahal Rp 1.500/buah. Jika dihitung modalnya menjadi Rp 12.500 + Rp 1.500 = Rp.14.000,- jadi lebih mahal. Tidak ingin mengambil resiko dengan menyimpan stok kotak makan hitam tersebut, Ibu Evi membuat sampel dan diphoto untuk dicetak brosur berwarna. Setelah itu di isi dengan variasi isi dan harga, brosur lalu di sebar. Hasilnya, ternyata lebih banyak yang laku dengan harga Rp 17.000/box dengan modal Rp 15.000/box (Rp 13.500 + Rp 1.500). Usaha kecil Catering Ibu Evi ini justru memiliki banyak pelanggan baru karena kreasinya ini, terutama untuk acara ulang tahun dan acara di hotel-hotel besar.

Cara Menghadapi Persaingan Usaha Dengan Merubah Kemasan

Jadi, kemasan suatu barang ini sangat penting. Sama pentingnya dengan Brand atau logo usaha UKM kita. Kemasan yang menarik dan berbeda akan mampu merubah persepsi terhadap baranng tersebut menjadi lebih baik. Sebuah langkah inovasi mungkin dapat menjadi alternatif cara, dalam cara menghadapi persaingan usaha dengan merubah kemasan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *