Daripada berdiam diri di rumah menunggu suami pulang, akan jauh lebih menguntungkan jika ibu rumah tangga memulai usaha kecil – kecilan di rumah. Ada banyak lho ide dan contoh usaha kecil – kecilan untuk ibu rumah tangga yang bisa dicoba.

Mengenai modalnya sendiri, Anda tidak harus punya modal besar dalam memulainya. Bahkan beberapa contoh usaha kecil – kecilan menguntungkan yang bisa dijalankan ibu rumah tangga related banget dengan perkembangan digital sekarang ini. Apa sajakah ide usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa mulai dijalankan? Berikut informasinya untuk Anda bunda!

Contoh Usaha Kecil – Kecilan Untuk Ibu Rumah Tangga

Usaha dropshipper atau reseller

Usaha dropshipper atau reseller

Contoh usaha kecil – kecilan untuk ibu rumah tangga yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah menjadi seorang dropshipper atau menjadi seorang reseller. Kedua jenis usaha ini berbeda dengan yang lainnya.

Dropship merupakan bisnis online dimana Anda sebagai seorang dropshipper merupakan perantara dalam menjual berbagai macam produk kepada pembeli. Jadi, bisa dibilang bahwa dropship ini merupakan suatu usaha tanpa perlu membuat Anda memiliki stok barang. Anda hanya menjadi agen perantara yang diperlukan untuk mendapatkan sebuah produk dari supplier atau dari distributor.

Sementara jika Anda menjadi seorang reseller, maka Anda sebagai agen adalah pihak yang menjual kembali produk yang dibeli dari supplier atau dari distributor. Jadi, sebagai reseller tugas Anda adalah menjual produk eceran yang Anda dapatkan dari distributor langsung atau dari supplier.

Jadi secara garis besar, hal yang menjadi pembeda antara dropshipper dan reseller adalah dari produknya saja. Dropship merupakan suatu contoh usaha kecil – kecilan untuk ibu rumah tangga yang tidak perlu stock produk yang di jual, sementara reseller memiliki stock produk untuk di jual. Namun keduanya sama – sama merupakan contoh usaha kecil – kecilan untuk ibu rumah tangga yang sangat menjanjikan. Jadi, Anda ibu rumah tangga dapat memulainya sedari sekarang.

Video Kata Motivasi Hidup Sukses

Usaha thrift shop atau menjual pakaian bekas

Kalau di rumah ada pakaian bekas yang sudah tidak terpakai namun kondisinya masih bagus, Anda bisa menjualnya kembali. Memang dulu ide usaha tanpa modal ini sering diremehkan, akan tetapi sekarang ini banyak lho orang yang terbukti sukses menjalankan usaha thrift shop ini.

Hal yang perlu Anda lakukan untuk memulai menjalankan usaha kecil – kecilan tanpa modal ini hanya memilih baju bekas yang masih bisa dipakai dan kondisinya masih bagus, Anda cuci dan kemudian setelah kering posting di akun sosial media atau akun e-commerce Anda. Tunggu hasilnya!

Usaha ini juga cocok dijalankan di tengah pandemi seperti sekarang ini. Selain usaha, thrift shop atau menjual pakaian bekas yang bisa dijalankan di tengah pandemi, ada beberapa jenis atau ide usaha lain yang bisa Anda jalankan. Baca : Ide dan Peluang Usaha Menjanjikan Ditengah Pandemi, Bisa Dicoba!

Usaha laundry kiloan

laundry kiloan

Usaha laundry kiloan juga termasuk salah satu jenis usaha yang patut dijadikan pilihan ibu rumah tangga. Aktivitas mencuci pakaian, mengeringkan dan menyetrika tentu sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari – hari Anda sebagai ibu rumah tangga. Oleh karena itu, menjadikan usaha laundry kiloan ini sebagai salah satu ide usaha sangat dianjurkan.

Terlebih banyak orang yang karena kesibukannya menjadikan mereka tidak punya banyak waktu untuk beres – beres rumah, termasuk mencuci pakaian. Karena itu membuka usaha jasa laundry kiloan perlu Anda pertimbangkan.

Mengenai modalnya sendiri tidak butuh terlalu banyak modal untuk membuka jasa yang satu ini. Hanya dengan modal 5 juta sampai dengan 7 juta rupiah saja, usaha ini sudah bisa Anda jalankan. Utamanya untuk Anda yang tinggal di lingkungan padat penduduk dan lingkungan mahasiswa, jenis usaha yang satu ini akan semakin mudah dikembangkan.

Usaha kuliner homemade

roti aneka rasa

Jika Anda memiliki kemampuan untuk membuat aneka ragam produk kuliner baik itu kue atau aneka ragam makanan, usaha kuliner homemade bisa Anda jalankan. Hal yang perlu diperhatikan dalam memulai usaha kuliner yang satu ini adalah pastikan Anda membuat masakan dengan kualitas rasa yang lezat agar pembeli bisa terus suka dengan produk yang Anda jual.

Menjalankan usaha kuliner homemade tidak hanya cocok dilakukan bagi ibu rumah tangga yang tinggal di lingkungan kota saja. Anda yang tinggal di desa juga bisa menjalankannya. Selain menjalankan usaha kuliner homemade, jenis usaha lain yang bisa Anda jalankan baca : Peluang Usaha Unik di Desa yang Patut Dicoba

Menjadi blogger atau youtuber

youtuber

Kalau Anda tipe ibu rumah tangga yang suka nulis atau hobi nulis dan memiliki kemampuan membuat blog, menjadi blogger bisa banget nih. Nanti blog yang sudah Anda buat dapat Anda optimasikan dan tentunya bisa Anda daftarkan ke Google Adsense untuk dimonetisasi.

Selain menjadi blogger, Anda juga bisa menjadi youtuber. Jika Anda memiliki kemampuan untuk membuat video baik itu video tentang tutorial memasak, tutorial make up, tutorial mengurus atau merawat anak, semuanya bisa Anda abadikan dalam video dan Anda upload di channel YouTube Anda. Kalau sudah bisa dimonetisasi, tentu pundi – pundi keuntungan dari adsense YouTube bisa Anda dapatkan.

Itulah beberapa contoh usaha kecil – kecilan untuk ibu rumah tangga yang dapat Anda jalankan. Pastikan Anda sesuaikan usaha yang Anda ingin jalankan dengan kemampuan Anda agar usaha tidak stagnan dan berhenti di tengah jalan.