Investasi Aman Untuk Pemula, Apa Saja?

Disadari atau tidak, investasi merupakan salah satu perilaku menyelamatkan keuangan dari inflasi yang sangat penting dipahami. Hanya saja sampai saat ini belum banyak orang memahaminya. Jika Anda termasuk salah satu orang yang ingin belajar tentang investasi, di sini kami akan bagikan informasi investasi aman untuk pemula yang seperti apa.

Melalui informasi ini diharapkan para pemula tidak tergiur dengan berbagai tawaran investasi yang nilai resikonya tidak valid atau investasi bodong. Berikut informasi selengkapnya tentang investasi yang Anda harus tahu!

Jenis Investasi Aman Untuk Pemula

Investasi emas

Kalau bicara tentang investasi emas, sebenarnya kita bicara tentang pola perilaku investasi tradisional akan tetapi masih sangat relevan sampai sekarang. Mengapa?

Hal ini terjadi karena emas merupakan suatu produk yang nilainya tidak tergerus oleh inflasi sehingga menyimpan uang atau dana dalam bentuk emas akan sangat aman karena nilai uang Anda akan naik secara konstan sesuai dengan penambahan atau perubahan nilai emas.

Jika Anda memang ingin menyimpan emas untuk tujuan investasi, sangat dianjurkan agar Anda memilih emas batangan dan bukan emas perhiasan yang biasanya memiliki nilai pembuatan atau nilai keindahan yang dapat mengurangi harga asli emas di dalam emas perhiasan ini.

Investasi properti

Sama halnya dengan emas yang nilainya akan selalu naik dan tidak tergerus inflasi, investasi properti juga menjadi instrumen investasi untuk pemula yang sangat dianjurkan. Jika memang ada dana, Anda bisa membeli tanah atau pun bangunan.

Selain bisa dijual sewaktu – waktu dengan harga yang lebih tinggi dari harga belinya, Anda juga memiliki nilai pakai atas properti tersebut. Sehingga atas properti yang Anda punya, Anda bisa menyewakannya jika memang tidak dipakai untuk keperluan pribadi.

Anda bisa membeli properti secara cash atau kredit. Namun jika Anda ingin membeli properti dengan sistem kredit KPR, baca : Kalkulator KPR

Investasi reksadana

Reksadana merupakan jenis investasi yang pelaksanaannya menghimpun dana dari investor yang nantinya akan dikelola oleh manajer investasi untuk disalurkan atau diinvestasikan ke suatu portofolio efek.

Jenis investasi reksadana ada banyak jenisnya meliputi :

  • Reksadana pasar uang
  • Reksadana obligasi
  • Reksadana saham
  • Reksadana pasar campuran

Investasi saham

Pada dasarnya saham merupakan bukti kepemilikan suatu perusahaan. Jadi ketika Anda memiliki suatu saham maka artinya Anda punya hak pembagian laba atas perusahaan tersebut sesuai dengan saham yang Anda pegang atau Anda punya.

Bagi Anda yang memiliki sejumlah saham, keuntungan yang akan Anda dapatkan biasanya berasal dari deviden dan kenaikan nilai saham atau pembagian laba perusahaan. Akan tetapi tidak semua perusahaan menjanjikan pemberian deviden kepada investornya.

Oleh karena itu pemula baiknya tidak memilih instrumen investasi saham secara abai atau secara cuma – cuma. Ada baiknya Anda belajar lebih dahulu tentang pasar modal, bagaimana cara pembelian saham, resiko saham, seperti apa transaksi saham dan juga strategi investasi yang tepat agar tidak sampai boncos.

Baca : Sejarah Technical Analysis Untuk Menganalis Instrumen Investasi

Jenis investasi ini sangat cocok untuk seseorang yang memiliki ambisi besar dalam mengeruk uang sebanyak – banyaknya. Namun bagi pemula, pahami dulu returnnya dan jangan sembarangan dalam memilih instrumen investasi.

Investasi deposito

Deposito merupakan salah satu instrumen jangka pendek yang dimiliki oleh semua bank dengan sistem seperti menabung di bank namun tidak bisa diambil sewaktu – waktu sebagaimana tabungan. Anda dapat menentukan sendiri jangka waktu pengambilan dana deposito sesuai keinginan seperti 3 bulan sampai dengan satu tahun.

Ketika Anda menyimpan uang dalam deposito, Anda berhak untuk mendapatkan keuntungan sebesar 5 sampai dengan 8 persen per tahun. Uang tersebut harus tetap berada di bank dan jika Anda mengambil sebelum jatuh tempo maka beban denda yang akan dikenakan kepada Anda.

Dengan nilai bunga yang didapatkan dan minimnya resiko, deposito menjadi instrumen investasi yang banyak orang pilih karena nilai resikonya yang sangat rendah.

P2P Lending

P2P lending merupakan jenis investasi aman untuk pemula yang butuh dana kecil untuk memulainya. Anda akan menginvestasikan sejumlah dana untuk nantinya dijadikan sebagai sumber utang bagi pengusaha pemula atau UMKM.

Dengan bergabung menjadi investor dalam investasi berjenis P2P lending, nantinya Anda sekaligus dapat membantu UMKM di Indonesia mendapatkan bantuan modal. Namun pastikan agar Anda mencari P2P lending yang sudah diawasi oleh OJK agar hak – hak Anda sebagai investor terlindungi.

Selain investasi Anda juga perlu memanajemen keuangan Anda agar tidak mengalami pailit dalam kehidupan. Tips dan triknya tentang manajemen keuangan, baca : Manajemen Keuangan yang Harus Ditangani Ketika Krisis Melanda

Semoga informasi yang kami bagikan di atas menjadi informasi yang bermanfaat. Pastikan Anda memanajemen keuangan dengan baik dan sisihkan beberapa persen dari pendapatan Anda untuk investasi.

Tinggalkan Balasan