Banyak diantara kita yang ingin memulai usaha, namun sebagian besar justru bingung dengan bidang usaha apa yang akan ditekuni. Sebetulya inspirasi dan ide usaha bisa kita temui dimana saja, salah satnya adalah dengan mengamati lingkungan sekitar serta kebutuhan sehari-hari kita. Mulailah mengamati hal sederhana disekitar kita, sebab bisa jadi ide tersebut justru hadir dan membawa kita pada kesuksesan.

Ide Usaha UKM dari lingkungan Sekitar
Ide Usaha UKM dari lingkungan Sekitar

Jika disekitar kita kesulitan mencari air minum hingga mendapatkannya cukup jauh, kita bisa membuka usaha Galon Air Minum Isi Ulang maupun menjual galon air minum kemasan asli. Jika disekitar kita banyak pekerja kantor yang selalu sibuk, usaha laundry cuci baju bisa kita buka. Bila disekitar kita banyak kontrakan, kos-kosan, maka usaha makanan sangat cocok kita lakukan.

Sebelum kita memutuskan membuat usaha, kita harus sudah tahu produk apa yang akan kita jual. Usahakan membuat produk yang berbeda dengan produk yang sudah ada pada umumnya. Kita bisa berkreasi dari produk yang sudah ada sebelumnya, hingga poduk yang kita jual bisa terlihat unik. Unik itu tidak harus dilihat dari bentuk barangnya. Unik bisa juga berasal dari cerita di balik pembuatan produk tersebut, dan presentasi atau kreasi produknya.

Kreasi produk bisa kita lakukan pada  saat kita memutuskan menjual pakaian, kita dapat memadu-padankan bagian atasan dan bawahan dari yang biasa hingga terlihat unik dan menarik. Atau bisa juga mengkreasikan produk makanan seperti tahu isi dengan tahu isi pedas, keju, danlainnya. Bentuk emasan serta deskripsi itu sangat penting untuk menarik pembeli, terlebih saat kita menjalankan usaha bisnis online.

Jangan lupa juga berpromosi, karena promosi merupakan salah satu poin yang paling penting dalam bisnis. Walaupun begitu, kita tidak harus melakukan promosi berlebihan karena akan menguras dana kita. Kita cukup membuat spanduk atau banner ditempat usaha kita, daftar layanan atau harga barang. Lakukan juga promosi disocial media, promosikan usaha kita pada teman online kita lewat BBM, facebook, twitter dll. Dan ingat, promosi terbaik adalah dari pelanggan kita yang puas atas produk kita.