Saat ini mulai banyak bermunculan bisnis kolam renang maupun kolam pemandian di beberapa daerah. Biasanya, bisnis kolam renang ini di geluti oleh para pemain besar saja. Namun saat ini beberapa rekan UKM juga sudah turut meramaikan dan memanfaatkan peluang usaha kolam renang ini.
Sangat banyak yang menarik usaha kolam renang ini, tapi mngapa masih sedikit yang melirik ke bisnis ini. Jawabannya karena banyak orang yang belum tahu cara-caranya! Banyak yang memandang jika usaha kolam renang membutuhkan banyak modal. Walaupun sebetulnya relatif.

Analisa kelebihan peluang usaha kolam renang

Berikut ini beberapa ringkasan yang membuat usaha kolam renang sangat menarik dan layak dilakukan.

peluang usaha kolam renang
peluang usaha kolam renang

1. Murah Biaya Operasionalnya

Usaha ini relatif murah dalam biaya operasional, sebab itu dapat juga dianggap sebagai bisnis jasa-jasa murni seperti bisnis hotel, salon, tukang cukur, penyewaan lapangan badminton dan lainnya. Tidak dibutuhkan biaya tinggi untuk perawatan.

2. Aset Kolam Renang Utuh

Dalam usaha kolam renang, pada dasarnya merupakan usaha jasa penyewaan property (berupa kolam renang). Dengan mengingat bahwa kolam renang merupakan property yang disewakan dan  senantiasa dijaga oleh pemilik dan juga pegawainya, maka property ini akan senantiasa ‘utuh’.

Jadi, tidak sama dengan bisnis ‘dagang minyak’ yang saat habis kita harus membeli kembali. Investasi yang kita lakukan relatif senantiasa utuh dan juga bahkan berkembang seiring dengan menaiknya harga tanah atau property. Walaupun seandainya kolam renang kita tidak berjalan lancar atau sepi, kita masih bsa menjual kembali dengan nilai jual yang setara dengan harga propertynya dan bahkan lebih tinggi karena harga property akan naik terus-menerus waktu ke waktu.

3. Tidak Dibutuhkan Banyak Tenaga Terampil

Dalam usaha kolam renang, kita tidak begitu banyak membutuhkan tenaga terampil maupun tenaga kerja lainnya.  Relatif semua orang bisa melakukan tugasnya tanpa dibutuhkan keterampilan khusus atau keilmuan yang khusus. Beberapa tenaga yang dibutuhkan cukup beberapa orang petugas kebersihan, penjaga kolam atau safeguard, dan bagian tiket dan pemasaran.

4. Turut menyumbang lapangan kerja bagi sekitar

Banyak lapangan kerja bagi sekitar yang bisa tercipta dengan adanya kolam renang ini. Sebut saja tukang parkir yang biasanya di serahkan kepada warga sekitar, hingga warga yang berjualan di sekitar lokasi maupun yang didalam lokasi kolam renang jika kita menyediakan kantin khusus didalamnya. Dengan adanya tempat rekreasi kolam renang, biasanya tempat tersebut akan lebih hidup.

Video Kata Motivasi Hidup Sukses

5. Pelanggan Datang Dengan Sendirinya

Kendala usaha UKM biasanya adalah marketing. Membuat barang dagangan atau jasa lebih mudah diatasi, namun bagaimana membuat pemasaran yang sukses merupakan inti  enterpreuner yang utama.
Berenang bukanlah olahraga musiman, segala usia baik tua dan muda, laki-laki dan perempuan bisa. Asalkan fasilitas kolam renang kita cukup lengkap dan lokasi tidak terlalu jauh atau sulit di akses, akan banyak yang datang ke kolam renang kita.
Kita juga bisa bekerjasama dengan sekolah-sekolah atau guru-guru, kita bisa memberi komisi khusus bagi para guru-guru ini. Dengan pola kerjasama ini guru-guru dan sekolah-sekolah bisa mengajak murid-murid meraka setiap ada agenda rekseasi atau olahraga renang.
Kolam renang biasanya akan ramai saat hari libur oleh keluarga, jadi jika kita melakukan kerjasama biasakan untuk di hari kerja.

Fasilitas Usaha Kolam Renang Yang Harus Dibangun

Tentu saja kita mesti membangun kolam renang utama, jika memungkinkan bangunlah kolam renang anak. Usahakan juga untuk membuat kolam khusus wanita, untuk mengakomodir wanita yang tidak ingin terlihat auratnya oleh pria.

Guna mendukung aktivitas usaha kolam renang, diperlukan fasilitas pendukung seperti kamar mandi, kamar ganti, kamar bilas, ruang tunggu, Tempat penyewaan ban dan peralatan, loker penitipan barang, loket tiket, kantin tempat menjual makanan dan minuman, hingga beberapa permainan yang mendukung kolam renang kita. Fasilitas diatas bisa kita bangun sesuai dengan kebutuhan, dan prioritaskan yang paling bermanfaat dan juga yang paling menguntungkan bagi bisnis kolam renang.

Pelajari dan Dapatkan Ijin Usaha Kolam Renang

Sebelum kolam renang dibuka untuk umum, sebaiknya kita membuat izin usaha kolam renang terlebih dahulu. Supaya usaha kita bisa berjalan lancar tanpa gangguan dan legal. Disini juga kita akan mendapat izin penggunaan air tanah dan membayar restribusi yang di tentukan oleh pemda setempat.

Analisis Biaya Bisnis Kolam Renang

Untuk membangun bisnis kolam renang yang lengkap memang membutuhkan biaya yang cukup besar. Terdapat dua variable biaya yaitu investasi awal dan biaya operasional. Berikut kami jabarkan rincian biaya tersebut:

1. Biaya Investasi Awal Kolam Renang:

  • Persiapan lahan usaha kolam renang Rp 500 juta.
  • Pembangunan kolam renang Rp 700 juta
  • Pembuatan tempat makan dan minum atau tempat beristirahat para pengunjung Rp 60 juta.
  • Pembangunan kamar ganti, mushola atau tempat shalat yang nyaman bagi pria maupun wanita Rp 40 juta.

2. Biaya Operasional

  • Gaji karyawan Rp 10 juta perbulan
  • Biaya air dan listrik Rp 500 ribu
  • Perizinan usaha kolam renang Rp 200 ribu
  • Biaya tak terduga Rp 300 ribu

Baca artikel menarik kami lainnya yaitu: