Hadirnya platform pinjaman online di tengah – tengah kita turut mengubah wajah industri keuangan Indonesia. Segala hal yang berkaitan dengan meminjam uang secara online kini jauh lebih mudah. Akan tetapi semua kemudahan tersebut harus dibayar dengan sanksi tidak bayar pinjaman online jika Anda melanggar aturan pinjaman yang ditetapkan.

Misalnya, jika pada tanggal jatuh tempo Anda tidak membayar cicilan yang dibebankan, tentu saja Anda akan dikenai bunga beserta denda keterlambatan pembayaran. Selain itu masih banyak sanksi – sanksi lain yang akan dibebankan kepada Anda. Apa saja?

Sanksi Tidak Bayar Pinjaman Online

Utang akan mengalami pembengkakan terus menerus

Jika Anda berpikir kalau berhutang melalui pinjaman online itu aman dan menguntungkan karena prosesnya sangat cepat, maka coba pikirkan kembali hal tersebut.

Di satu sisi memang terlihat menguntungkan, akan tetapi dampak lain di balik hal yang ‘terlihat’ menguntungkan itu adalah bencana. Utamanya kalau sampai Anda mengalami telat bayar atau gagal bayar.

Bukannya untung, malah buntung. Hutang Anda akan terus menerus membengkak karena sektor bunga per hari yang ditetapkan.

Data pribadi Anda berpotensi tersebar

Resiko dan sanksi tidak bayar pinjaman online yang berikutnya akan mengancam nasabah pinjaman online adalah data pribadi peminjam yang berpotensi tersebar. Hal ini terjadi karena ketika peminjam mengajukan pinjaman KTA melalui aplikasi pinjaman online, calon nasabah tersebut diminta untuk memberikan informasi data pribadi yang ia miliki.

Video Kata Motivasi Hidup Sukses

Beberapa aplikasi pinjaman online (illegal) bahkan menggunakan data pribadi tersebut sebagai ancaman bagi nasabah yang menunggak. Mereka tidak segan – segan menyebarkan semua data pribadi nasabah yang dirasa ‘nakal’ atau menunggak karena alasan apapun.

Karena itu baiknya Anda yang berniat untuk meminjam online, berhati – hatilah! Pastikan Anda hitung dulu kemampuan bayar Anda dan pastikan meminjam uang di platform atau aplikasi pinjaman online legal.

Apa sajakah platform atau aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK? Baca : Daftar Aplikasi Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK

BI checking memburuk

Jika ketika meminjam di bank, jaminannya adalah agunan. Maka ketika meminjam secara online jaminannya adalah data pribadi digital yang disertakan atau diinformasikan ketika si nasabah atau calon nasabah mengajukan pinjaman.

Resikonya jika Anda menunggak atau gagal bayar, data pribadi digital yang Anda informasikan tadi bisa memburuk. Pihak pemberi pinjaman dana juga memiliki hak dan wewenang untuk memberikan laporan tentang data pribadi nasabah yang tidak bertanggung jawab kepada OJK.

OJK akan segera memproses data pribadi yang dilaporkan tersebut. Setelah OJK memproses data pribadi tersebut, hal ini membuat penilaian BI otomatis akan memburuk juga. Ketika BI checking Anda sudah memburuk, maka bisa dipastikan Anda akan mengalami kesulitan untuk meminjam uang lagi baik ke platform pinjaman online lain atau ke bank.

Jika Anda sudah terlanjur memiliki pinjaman online dan mengalami masalah kesulitan membayar tagihan pinjaman online tersebut, tentu melarikan diri bukan solusi terbaik untuk menyelesaikan semua masalah Anda.

Masih banyak cara lain yang Anda bisa manfaatkan sebagai solusi untuk mengatasi masalah yang sedang Anda alami. Beberapa cara yang Anda dapat lakukan sebagai solusi untuk mengatasi masalah pinjaman online menunggak yang sedang Anda alami, diantaranya :

Buat daftar prioritas

Mejadikan Pembayaran Hutang Sebagai Prioritas

Sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman, Anda perlu berpikir bahwa setiap bulan wajib membayarkan angsuran tepat pada waktunya sampai angsuran tersebut lunas. Karena itu jadikan tagihan utang Anda sebagai prioritas utama dalam catatan pengeluaran Anda. Hal semacam ini penting agar Anda dapat menghindari potensi terjadinya lupa bayar setelah pinjaman online diajukan dan sudah masuk tanggal jatuh tempo pembayaran.

Tahan keinginan Anda

Karena Anda masih punya tagihan yang harus masuk di daftar prioritas pengeluaran Anda, maka keinginan Anda seperti shopping atau beli apapun itu harus diminimalisir. Baru jika Anda sudah punya cukup uang untuk membayar tagihan selama beberapa bulan, Anda bisa mulai menggunakan sedikit uang Anda untuk menyenangkan diri Anda sendiri. Misalkan membeli sesuatu yang Anda inginkan.

Dapatkan penghasilan tambahan

cari pekerjaan sampingan

Jika selama ini gaji Anda masih dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan dan membayar angsuran, maka solusi yang Anda perlu lakukan adalah mencari penghasilan tambahan. Anda dapat melakukan pekerjaan diluar pekerjaan utama Anda. Misalkan jika Anda seorang guru, Anda bisa memberikan les tambahan kepada murid atau anak tetangga Anda.

Minta bantuan orang lain

Jika memang sudah tanggal jatuh tempo dan uang Anda belum mencukupi, Anda bisa meminta bantuan orang lain. Misalkan minta bantuan keluarga atau saudara Anda. Tak ada salahnya menceritakan apa yang Anda rasakan kepada mereka agar beban Anda lebih ringan.

Jangan ulangi kesalahan yang sama

hati - hati memilih pinjaman online

Ketika ada orang yang berniat membantu Anda keluar dari masalah utang yang sedang Anda alami, jangan Anda memanfaatkan orang tersebut dan mengulangi kesalahan yang sama lagi. Pastikan Anda berterima kasih kepada orang yang membantu Anda tersebut dan sebisa mungkin tahan keinginan Anda untuk berhutang karena hal tersebut akan menyulitkan diri Anda sendiri.


Jika Anda sudah berniat tak lagi berhutang dan ingin menghapus data pinjaman online Anda, Anda bisa melakukannya. Baca : Cara Menghapus Data dari Pinjaman Online

Itulah berbagai macam sanksi tidak bayar pinjaman online yang Anda harus tahu. Semoga informasi beserta solusi untuk keluar dari masalah pinjaman online yang kami bagikan untuk Anda di atas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi.