Wabah corona virus yang masuk di Indonesia diiringi dengan fenomena krisis global yang sedang terjadi menjadikan banyak bisnis mengalami gulung tikar. Tidak hanya bisnis makanan saja yang banyak mengalami gulung tikar, bisnis – bisnis yang lain seperti bisnis fashion juga banyak mengalami gulung tikar.

Jika Anda menjalankan bisnis di bidang tersebut dan kebetulan sedang mengalami progress yang tidak baik, sebaiknya Anda segera mencari solusi atas permasalahan yang Anda alami tersebut. Berikut kami berikan ulasan untuk Anda tentang tips bisnis agar tidak gulung tikar di tengah wabah Corona Virus yang bisa Anda lakukan. Lets check these out!

Tips Bisnis Agar Tidak Gulung Tikar di Tengah Wabah Corona Virus

Tips Bisnis Agar Tidak Gulung Tikar di Tengah Wabah Corona Virus
Tips Bisnis Agar Tidak Gulung Tikar di Tengah Wabah Corona Virus

Berikan anjuran pembayaran menggunakan mobile payment bagi pelanggan

Wabah Corona Virus yang menghadirkan kebijakan lockdown di beberapa daerah dan work from home menjadikan akses ruang gerak manusia lebih terbatas. Bahkan saking terlenanya di rumah, banyak orang yang enggan sekedar keluar transfer uang.

Jika hal tersebut terjadi terus menerus, maka akan menghasilkan kebiasaan jangka panjang. Karena itu movement bagi bisnis perlu dilakukan. Berikan anjuran pembayaran memanfaatkan mobile payment untuk setiap pelanggan Anda.

Berikan anjuran pembayaran menggunakan mobile payment bagi pelanggan
Berikan anjuran pembayaran menggunakan mobile payment bagi pelanggan

Dengan menggunakan pembayaran via mobile hal tersebut dapat membuat pelanggan bisa tetap berbelanja walau harus berada di rumah. Namun ada hal penting juga yang harus diingat oleh setiap pemilik bisnis ketika memanfaatkan mobile payment yaitu baiknya Anda pilih suatu alat atau aplikasi yang mampu menerima semua jenis pembayaran.

Beberapa alat atau aplikasi yang mampu menerima semua jenis pembayaran diantaranya seperti Gopay, Dana, Ovo, Kredivo, Akulaku dan juga WeChat Pay. Anda bisa menggunakan salah satunya dan mengajak pelanggan Anda menggunakan salah satunya.

Video Kata Motivasi Hidup Sukses

Melalui penerapan mobile payment, di sisi lain terdapat beberapa manfaat penting yang Anda harus tahu diantaranya :

  • Memberikan berbagai macam kenyamanan dan kemudahan bagi setiap pelanggan
  • Memberikan keamanan dan kenyamanan yang lebih atas transaksi yang dilakukan
  • Proses transaksi bisa lebih cepat
  • Dapat menganalisa kebijakan berbelanja pelanggan lebih mudah
  • Menjadikan bisnis lebih modern dan terpercaya

Manfaatkan sosial media

Dengan adanya teknologi yang berkembang pesat, hal tersebut menjadikan sosial media memiliki andil yang cukup besar dalam keberhasilan sebuah bisnis. Anda harus tahu bahwa sebagian besar waktu orang di sela kesibukannya adalah menggunakan sosial media.

Karena itu sosial media bisa menjadi penyampai produk Anda agar informasinya sampai di telinga calon customer dan customer setia Anda. Sosial media juga dapat menjadi strategi marketing paling efektif dan terjangkau bagi bisnis Anda.

Anda bisa mulai membuat suatu akun di berbagai jaringan sosial media seperti halnya Twitter, Facebook dan Instagram. Anda juga perlu untuk tetap aktif di akun media sosial bisnis Anda dan bagikan berbagai macam konten menarik untuk mengenalkan produk Anda.

Tingkatkan pelayanan Anda terhadap pelanggan

Tingkatkan pelayanan Anda terhadap pelanggan
Tingkatkan pelayanan Anda terhadap pelanggan

Pelanggan atau client menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam bisnis sehingga Anda perlu mendengarkan suara mereka. Pastikan Anda berikan pelayanan terbaik untuk mereka karena tanpa pelayanan yang baik tentu saja pelanggan tidak akan mau loyal dan repeat order di tempat Anda.

Mengontrol pengeluaran

Manajemen keuangan bisnis harus Anda susun ulang. Untuk promosi, pastikan Anda mengeluarkan beban biaya secara lebih terstruktur. Pastikan pengeluaran hanya untuk hal – hal yang penting saja sementara hal – hal yang tidak penting bisa Anda kesampingkan.

Sisihkan dana cadangan

Sisihkan dana cadangan
Sisihkan dana cadangan

Dari pemasukan yang Anda dapatkan, jangan Anda lupa untuk menyisihkan sebagian pemasukan setelah dikurangi modal sebagai dana cadangan. Anda bisa memanfaatkan sekitar 10 – 20% laba sebagai dana cadangan sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan atas usaha Anda sewaktu – waktu Anda sudah punya dana cadangan untuk menyelamatkan bisnis Anda.

Itulah beberapa tips bisnis agar tidak gulung tikar di tengah wabah corona virus yang Anda bisa terapkan. Dengan menjalankan tips bisnis diatas dijamin Anda akan dapatkan pengalaman bisnis yang tak ada duanya.

Baca juga tips bisnis dan ide peluang usaha dari kami yaitu: