Tips Memilih Usaha Bagi Pebisnis Pemula

Tips Memilih Usaha Bagi Pebisnis Pemula – UKMKecil.com. Banyak orang yang ingin punya usaha sendiri, namun mereka bingung usaha apa yang akan mereka jalani. Bisnis merupakan salah satu bentuk dari sebuah investasi. Dalam investasi berarti akan memiliki potensi untung rugi, bahkan potensi kerugian akan menjadi lebih besar dibanding investasi.

Mulailah bisnis sesuai dengan kegemaran dan semangat atau passion. Sebab passion akan membuat seseorang terjun kedunia bisnis yang di pilihnya secara totalitas. Jika seseorang terjun ke dunia usaha dengan totalitas, maka Anda akan tahan banting terhadap berbagai macam halangan yang pasti datang pada usaha Anda.

Tips Memilih Usaha Bagi Pebisnis Pemula

Tips Memilih Usaha Bagi Pebisnis Pemula


Setiap usaha memiliki potensi kerugian cukup besar, usaha akan mengalami jatuh bangun. Hanya yang memiliki passion terhadap usaha yang mereka gelutilah yang akan mampu bertahan. Karena itu, saat kita memiliki modal maka dananya kita pecah menjadi beberapa nominal. Maka jika usaha kita jatuh, kita masih memiliki modal untuk bisa bangkit kembali memulai bisnis yang baru.

Hampir semua pengusaha sekarang, usaha yang mereka jalani saat ini bukanlah usaha awal. Namun usaha yang kesekian kalinya setelah mengalami jatuh bangun. Kegagalan dalam berusaha memang mengkhawatirkan, tapi disisi lain kita ditempa dengan kegagalan hingga menjadi berpengalaman.

Menurut data statistik, 8 dari 10 usaha gagal pada tahun pertama. Selanjutnya 9 dari 10 usaha yang dibangun gagal sesudah lewat waktu satu tahun hingga memasuki lima tahun. Kesalahan fatal yang umumnya banyak dilakukan pebisnis pemula adalah mencampurkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha. Kesalahan lainnya adalah melupakan memperhitungkan gaji.

Sebaiknya gaji kita diperhitungkan. Karena jika tidak berbisnis otomatis seseorang mesti bekerja guna memperoleh penghasilan. Bila saat berbisnis harus membuat kita berhenti bekerja, maka harus dipastikan penghasilannya melebihi gaji yang biasa kita terima dari bekerja. Walaupun hasilnya tidak lebih besar dibandingkan penghasilan ketika bekerja, tapi setidaknya usaha tersebut dapat menggaji kita sebagai pekerja diusaha kita sendiri.

Jika dalam memilih usaha bagi pebisnis pemula ini memilih waralaba sebagai usahanya. Maka harus memperhatikan beberapa hal berikut ini. Yakni apakah waralaba ini telah memiliki nama? Bila nama waralaba tersebut masih baru, pastikan pemiliknya mempunyai pengalaman yang bagus atau tidak. Jangan sampai  membeli waralaba yang nama atau pemiliknya belum dikenal orang.

Dalam memilih usaha bagi pebisnis pemula, jika memiliki waktu dan memiliki passion dan kegemaran. Sebaiknya membangun sendiri usaha sesuai passion yang kita miliki. Buatlah Brand dan merk yang kuat.

Temukan ide peluang usaha lainnya pada posting kami berikut ini:

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
https://www.ciputraentrepreneurship.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *