Bagi Anda yang akan memulai suatu bisnis dan masih belum memiliki ide mau berbisnis di bidang apa, salah satu  ide bisnis yang direkomendasikan untuk Anda adalah bisnis kuliner. Seperti apa tips memulai bisnis kuliner agar sukses dan laku keras?

Ada beberapa tips yang bisa dijalankan untuk memulai bisnis kuliner yang sukses dan laku keras. Disini kami akan berikan ulasan selengkapnya untuk Anda yang ingin memulai bisnis kuliner agar tidak salah langkah dan tidak salah sasaran. Lets see!

Tips Memulai Bisnis Kuliner Agar Sukses dan Laku Keras di Saat Ini

Tips Memulai Bisnis Kuliner Agar Sukses dan Laku Keras
Tips Memulai Bisnis Kuliner Agar Sukses dan Laku Keras

Tentukan jenis bisnis kuliner yang akan Anda jalankan

Dalam memulai bisnis kuliner, sama seperti memulai bisnis – bisnis yang lain bahwa Anda harus memastikan jenis bisnis kuliner apa yang Anda akan jalankan lebih dulu. Hal tersebut penting sebab bisnis kuliner adalah bisnis yang luas.

Tentukan jenis bisnis kuliner yang akan Anda jalankan
Tentukan jenis bisnis kuliner yang akan Anda jalankan

Di Indonesia sendiri tumbuh subur berbagai macam bisnis kuliner yang menjajakan aneka jenis kuliner dari berbagai daerah. Karena itu sebaiknya Anda tentukan lebih dulu akan menjual produk kuliner apa. Apakah Anda akan menjual produk kuliner mancanegara, menjual produk kuliner lokal dan atau yang lainnya.

Hitung modal yang diperlukan

Selayaknya menjalankan bisnis yang lain, memulai bisnis kuliner juga butuh modal. Seberapa besar bisnis yang Anda ingin rintis, hal tersebut akan menjadi penentu berapa besar modal yang Anda harus keluarkan.

Sebagai contohnya, jika Anda ingin terjun langsung dalam industri bisnis restoran, maka hal  tersebut tentu akan menjadikan Anda membutuhkan modal yang berbeda dengan ketika Anda mendirikan sebuah warung makan yang sederhana.

Video Kata Motivasi Hidup Sukses

Untuk memulai bisnis, ada banyak cara yang bisa dilakukan mendapatkan modal. Selain melalui tabungan, Anda juga bisa meminjam uang untuk modal. Namun jika yang akan Anda lakukan adalah meminjam uang, maka Anda perlu menimbang – nimbang dulu untung rugi dari kegiatan meminjam modal tersebut.

Jika kondisinya sedang tidak memungkinkan, baiknya Anda memulai bisnis kuliner berskala kecil dulu. Hal tersebut akan menyelamatkan Anda dari resiko mengeluarkan budget berlebih untuk usaha yang Anda rintis.

Adakan berbagai macam promo yang menarik

Apapun bisnis yang dijalankan, pastinya akan ada fase dimana bisnis ramai dan sepi. Ketika bisnis yang Anda tekuni sedang sepi, sebaiknya Anda berusaha segencar mungkin melakukan promosi yang menarik kembali minat calon pembeli.

Adakan berbagai macam promo yang menarik
Adakan berbagai macam promo yang menarik

Promosinya pun beragam bisa dengan berbagai cara mulai dari melakukan diskon, buy one get one dan promo paket. Hanya saja, perhitungkan dulu semuanya dengan matang agar Anda tidak mengalami kerugian di kemudian hari.

Pelayanan Anda kepada konsumen menjadi kunci sukses bisnis Anda

Anda harus tahu bahwa dalam dunia bisnis, konsumen adalah raja. Dalam bisnis apapun itu konsepnya demikian, termasuk dalam bisnis kuliner. Suka atau tidak suka, konsumen akan senantiasa memiliki masukan, pujian dan keluhan atas produk kuliner Anda.

Senikmat apapun produk Anda beberapa customer atau konsumen akan memiliki kata ‘tapi’ di setiap perkataannya. Untuk itu Anda harus berdamai dengan kata ‘tapi’. Jika ada konsumen yang memberikan komentar atas produk Anda, maka Anda harus membalas komentar mereka dengan ramah.

Jangan mudah tersinggung dengan apa yang dibicarakan oleh konsumen. Berikan senyuman tulus kepada mereka dan tanggapi semua keluhan mereka dengan ramah.

Aktiflah di sosial media bisnis Anda

Di era digital ini, sosial media sudah menjadi keharusan ketika memulai sebuah bisnis. Terlebih lagi dalam kaitannya dengan bisnis kuliner. Hanya dengan sosial media Anda bisa menarik calon konsumen lebih banyak tanpa Anda perlu menghabiskan banyak biaya untuk iklan.

Aktiflah di sosial media bisnis Anda
Aktiflah di sosial media bisnis Anda

Untuk mempromosikan bisnis Anda tersebut, Anda bisa manfaatkan berbagai sosial media seperti twitter, facebook dan instagram. Ketiganya sampai saat ini masih menjadi sosial media yang paling banyak digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia dan berpotensi sangat bagus untuk dijadikan objek promosinya.

Itulah berbagai macam tips memulai bisnis kuliner agar sukses dan laku keras yang Anda bisa terapkan. Dengan menjalankannya bisnis kuliner Anda tidak akan kesulitan untuk berkembang. 

Temukan ide peluang usaha dan bisnis lainnya pada posting kami berikut ini: