Tips Mengelola Keuangan Untuk Wanita Modern

No comment 16 views

Di jaman sekarang, sudah jadi hal lumrah jika mendapati seorang wanita bekerja. Bahkan, ada beberapa wanita yang bekerja di bidang yang biasa nya di khusukan untuk kaum adam. Karena ini adalah jaman emansipasi wanita. Wanita bisa melakukan apapun yang biasa di lakukan pria.

Beberapa wanita malah ada yang jadi polisi, tentara, tim khusus penjinak bom, beberapa olahraga ekstrim, dan masih banyak lagi. Wanita yang sukses menjadi seorang pebisnis pun tidak terhitung lagi jumlah nya.

Namun hal tersebut tidak lantas membuat kaum hawa boleh menghambur-hamburkan uang karena bisa mencari sendiri. Wanita juga harus mengelola keuangan nya dengan baik. Agar kehidupan finansial nya teratur.

Tips Mengelola Keuangan Untuk Wanita Modern

Kami akan memberikan beberapa tips untuk mengatur keuangan wanita modern.

Tips Mengelola Keuangan Untuk Wanita Modern

Simak penjelasan artikel di bawah ini agar wanita modern bisa mengelola keuangan dengan lebih baik.

1. Utamakan kebutuhan

Kamu harus lebih memprioritaskan kebutuhan mu di banding keinginan. Jangan boros-boros uang untuk membeli hal-hal yang tidak begitu di perlukan. Utamakan kebutuhan mu di banding dengan keinginan dan hasrat semata. Buang jauh-jauhan keinginan untuk melakukan gaya hidup hedonisme yang tidak sehat. Karena itu tidak bagus untuk finansial mu. Senang-senang tentu boleh saja, namun jangan terlalu sering menghamburkan uang untuk hal-hal semacam itu.

cara menghitung dalam mengelola uang

Baca dulu : Cara Mengatur Keuangan Untuk Orang Dengan Penghasilan Harian

2. Mencatat pengeluaran

Ini juga penting dilakukan oleh kaum hawa. Kamu harus mencatat semua pengeluaran bulanan mu, agar bisa memperbaiki dan lebih hemat lagi dalam membelanjakan uang. Karena dengan mencatat pengeluaran, kamu bakal mengetahui kemana saja uang tersebut kamu alokasikan. Pisahkan biaya untuk transportasi, makan sehari-hari, kuota internet atau wifi, skincare kecantikan dan belanja atau party. Atur semua itu dengan perencanaan yang matang dan catat semua anggaran yang di keluarkan selama satu bulan.

Baca juga : Cara Mengatur Keuangan Anak Remaja Milenial Agar Kaya Disaat Tua

3. Menyiapkan dana darurat

Ini juga tak kalah penting. Dengan kamu memiliki dana darurat, kamu bisa menggunakam uang tersebut jika sewaktu-waktu kamu memerlukan nya untuk keperluan yang mendesak. Sisihkan sedikit uang mu untuk dialokasikan sebagai dana darurat. Agar kamu tidak perlu berhutang dengan bunga yang tinggi jika di desak keperluan tertentu.

Baca juga : Cara Mengatur Keuangan Dana Pensiun Agar Hidup Sejahtera

4. Memisahkan investasi dan tabungan

Selain dana darurat, kamu juga perlu memiliki tabungan untuk hal-hal lain. Kamu bisa menyisihkan uang mu dan di tabung lewat bank yang kamu miliki. Menabung memiliki banyak manfaat. Selain sebagai simpanan untuk keperluan di masa mendatang. Kamu juga bisa menggunakan uang yang kamu simpan tersebut untuk membuka bisnis. Dengan menjalankan bisnis, dapat membantu menambah pemasukan mu. Kamu juga perlu melakukan investasi.

Menabung untuk pengelolaan keuangan

Investasi berguna agar kamu tidak lagi bekerja untuk uang, tetapi uang lah yang akan bekerja untuk kamu. Itu adalah prinsip dari investasi. Banyak investasi yang bisa kamu coba, seperti investasi emas. Investasi emas tidak akan tergerus oleh insflasi. Harga emas akan selalu stabil dan cenderung naik setiap tahun. Investasi ini cocok untuk jangka panjang. Ada juga investasi saham, kamu bisa menanam saham pada perseroan atau perusahaan yang memiliki peluang keuntungan yang besar. Karena jika kamu mempunyai saham di suatu perusahaan, kamu bisa mendapat keuntungan dari hasil yang di peroleh perusahaan tersebut tanpa harus kamu ikut melakukan pekerjaan di perusahaan itu. Uang yang akan bekerja untuk kamu.

Pengelolaan Keuangan Dengan Investasi

Ada banyak investasi lain yang harus kamu cari sendiri. Namun perlu kamu ketahui, ada banyak juga investasi bodong, dengan iming-iming keuntungan yang selangit tapi hanya bohong. Kamu perlu mawas diri agar tidak tergoda oleh bujuk rayu investai gadungan tersebut.

Baca juga : Tip Bagaimana Cara Menabung Untuk Biaya Kuliah Sendiri

Itulah beberapa tips mengelola keuangan untuk wanita modern. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.