Contoh Usaha Kecil Menengah yang Bisa Dicoba

Usaha kecil menengah atau yang sering disebut sebagai UKM merupakan usaha individu atau perorangan yang dijalankan dengan menggunakan modal sendiri untuk memperoleh keuntungan pribadi. Ada banyak contoh usaha kecil menengah yang bisa dijalankan.

Bidang usahanya pun sangat luas. Apapun bisa Anda coba untuk mendapatkan keuntungan secara maksimal. Adapun beberapa contoh usaha kecil menengah yang bisa dicoba bisa Anda simak dalam daftar di bawah ini!

Contoh Usaha Kecil Menengah

1. Usaha di bidang kuliner

Contoh usaha kecil menengah yang pertama adalah di bidang kuliner. Kuliner adalah pangan dan kebutuhan pangan adalah kebutuhan utama yang sangat penting bagi manusia. Oleh sebab itu bisnis ini adalah bisnis yang tak akan pernah ada matinya.

Berbagai macam kreativitas dalam mengolah suatu bahan makanan bisa Anda jadikan sebagai ide bisnis. Mengenai modalnya sendiri bisa dimulai dengan modal kecil. Pastikan Anda mengusahakan untuk menghadirkan produk kuliner dengan cita rasa yang enak di lidah, berikan juga pelayanan terbaik dan jalankan strategi pemasaran yang mumpuni.

2. Usaha di bidang fashion

Profit yang sangat besar berpotensi didapatkan Anda yang memiliki usaha di bidang fashion. Selain soal profit, manfaat lainnya menjalankan usaha di bidang fashion adalah produknya yang tidak akan basi sehingga jika tidak laku hari ini, di jual besok atau bahkan bulan depan masih bisa.

Salah satu contoh usaha kecil menengah yang bisa dicoba ini memberikan profit yang luar biasa besar utamanya di moment hari raya idul fitri, natal atau tahun baru. Di moment – moment seperti itu semakin banyak orang yang ingin membeli baju baru untuk menunjang penampilan di moment spesial tersebut.

Usaha fashion Anda pun bisa ditawarkan di berbagai platform. Selain bisa memiliki toko offline, Anda juga bisa menawarkan produk Anda secara online di sosial media atau marketplace. Jaringan pembeli yang semakin luas akan Anda dapatkan.

3. Usaha di bidang kecantikan

Bagi Anda yang concern di bidang kecantikan juga bisa memulai bisnis kecantikan seperti membuka salon. Peluangnya pun cukup besar. Agar lebih menarik, berikan semakin banyak layanan dan variasi jasa yang Anda tawarkan.

Jika memang memungkinkan, Anda bisa juga menyediakan produk – produk kecantikan yang aman digunakan pelanggan Anda. Dengan begitu selain jasa yang ditawarkan, produk pun bisa Anda jual sehingga keuntungan ganda akan Anda dapatkan.

4. Usaha menjual produk kreatif

Berbagai macam produk kreatif atau kerajinan tangan memiliki nilai jual yang tinggi. Jika memang Anda punya keahlian untuk menjual berbagai macam produk kreatif seperti aksesoris, karpet, pernak – pernik rumah, semua itu bisa Anda jual. Sisi artistiknya menjadi nilai plus dari produk Anda.

5. Usaha di bidang agribisnis

Bisnis di bidang pertanian atau peternakan sangatlah dibutuhkan. Hal ini karena produk pertanian seperti beras, sayur dan segala macamnya atau produk peternakan seperti ayam dan yang lainnya merupakan kebutuhan pokok yang akan selalu dicari. Oleh sebab itu, menjalankan usaha di bidang yang satu ini tak akan pernah ada matinya.

Bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis di bidang agribisnis khususnya pertanian dan ingin mencari referensi usaha yang menguntungkan dijalankan, baca : Usaha yang Berhubungan dengan Pertanian, Cocok Untuk Usaha Desa

Untuk semakin menunjang usaha yang Anda jalankan agar dapat berkembang pesat meski dijalankan di desa, Anda harus tahu juga strategi menjalankannya. Baca : Cara Sukses Usaha di Bidang Pertanian

6. Usaha di bidang furniture

Usaha di bidang furniture juga tak boleh diremehkan. Terhitung sejak tahun 2017, omset bisnis furniture menyumbang angka 16,9% dari total keseluruhan bisnis yang ada di Indonesia. Menjalankan bisnis furniture juga sekarang tidak hanya bisa dijalankan secara offline saja.

Selain bisa menyediakan contoh produk secara offline di toko, Anda juga bisa menawarkan produk Anda secara online di sosial media atau pun marketplace yang lainnya. Dapatkan pelanggan dari seluruh Indonesia dengan penawaran online yang Anda berikan.

7. Usaha di bidang otomotif

Contoh usaha kecil menengah lainnya yang juga sangat menarik dilakukan karena pesaingnya juga masih kecil adalah usaha di bidang otomotif. Anda bisa jual suku cadang kendaraan, menyediakan jasa servis kendaraan, menjual aksesoris kendaraan, menjalankan usaha jasa cuci kendaraan, mendirikan bengkel dan sebagainya.

Bisnis ini juga termasuk salah satu bisnis yang tak akan pernah ada matinya utamanya mengingat potensi perkembangan dan pertumbuhan jumlah kendaraan di Indonesia semakin meroket tajam dari tahun ke tahun.

Itulah berbagai contoh usaha kecil menengah yang bisa dicoba. Pastikan Anda menjalankan strategi bisnis yang tepat agar usaha yang Anda jalankan juga dapat berkembang pesat dan lancar. Salam wirausaha!

Tinggalkan Balasan