Bagi Anda yang berdomisili di desa dan ingin menjalankan peluang usaha di desa yang berbeda dari yang lain, terdapat beberapa jenis peluang usaha unik di desa yang bisa Anda jalankan. Dengan menjalankan peluang usaha unik di desa, Anda akan mendapatkan berbagai macam keuntungan.

Potensi pesaing yang kecil sehingga usaha yang Anda jalankan mudah berkembang dan potensi untung yang besar akan Anda dapatkan. Informasi selengkapnya tentang apa saja peluang usaha unik di desa yang patut Anda coba bisa Anda simak dalam ulasan di bawah ini!

Rekomendasi Peluang Usaha Unik di Desa

Usaha desa wisata

usaha desa wisata

Jika desa kamu memiliki pemandangan dan suasana alam yang menarik dan indah, desa kamu bisa disulap menjadi sebuah desa wisata. Tinggal sediakan tempat menarik untuk menjadi spot berfoto dan juga fasilitas yang memadai seperti toilet dan sarana prasarana lainnya.

Usaha kerajinan hasil desa

Sebagai sebuah negara dengan budaya yang sangat majemuk dan kaya, tak perlu Anda heran jika mayoritas desa di Indonesia memiliki kerajinan khasnya masing – masing. Nah, kerajinan tersebut sebenarnya dapat Anda kembangkan dan dapat Anda dijadikan sebagai potensi usaha unik di desa Anda.

Berbagai jenis kerajinan bisa menjadi potensi usaha unik di desa Anda seperti kerajinan tas anyam, tembikar, patung, hiasan dinding, kain tenun, perabotan rumah tangga dan masih banyak lagi lainnya.

Usaha kolam pancing

usaha kolam pancing

Usaha kolam pemancingan merupakan suatu bidang usaha unik di desa yang sangat menguntungkan. Agar usaha kolam pancing Anda semakin ramai dengan kunjungan, Anda dapat mengadakan berbagai event menarik seperti misalnya mengadakan event lomba memancing yang memberikan berbagai hadiah menarik. So recommended sebagai peluang usaha menguntungkan Anda.

Video Kata Motivasi Hidup Sukses

Usaha kebun buah

Jika Anda memang merupakan seorang petani di desa atau memiliki keahlian dalam bertani, Anda bisa menjalin kerjasama dengan petani lain untuk membuat proyek wisata petik buah. Nah, wisata kebun buah ini akan menjadi sebuah proyek wisata menarik untuk wisatawan. Keuntungannya juga lumayan banget lho kalau kebun buah Anda selalu ramai dengan kunjungan wisatawan.

Usaha meubel dan kerajinan

Usaha meubel dan kerajinan

Usaha di bidang furniture ini sangat menguntungkan jika dijalankan di desa. Hal tersebut lantaran bahan baku berupa kayu banyak tersedia di desa. Dengan memiliki tempat produksi perabotan atau furniture yang mendekati sumber bahan baku, biaya produksi dapat ditekan. Akhirnya produk Anda bisa dijual dengan margin keuntungan yang lebih besar.

Bisnis sewa perlengkapan dan peralatan bayi

Bidang usaha yang satu ini masih belum familiar di desa. Disanalah letak peluang yang bisa Anda manfaatkan. Target market Anda adalah ibu hamil yang sedang mempersiapkan perlengkapan dan peralatan bayi dan ibu yang memiliki bayi.

Berbagai peralatan dan perlengkapan bayi dapat Anda sewakan mingguan atau bulanan dengan harga yang berbeda. Anda juga dapat menyewakan perlengkapan dan peralatan bayi dalam bentuk paketan dengan harga yang terjangkau. Dijamin, bisnis Anda akan berkembang pesat!

Usaha minuman kekinian

Peluang Bisnis Minuman

Di berbagai kota besar, minuman kekinian sudah pastinya sangat menjamur. Akan tetapi berbeda dengan di desa, pesaing Anda akan sangat minim. Oleh sebab itu, jika usaha minuman kekinian di bawa ke desa maka potensi bisnis ini berkembang akan sangat besar.

Ada banyak contoh usaha minuman kekinian yang bisa Anda jalankan mulai dari usaha minuman kekinian boba, tea, coffee dan yang lainnya.

Usaha makanan ringan

Siapa sih yang nggak suka ngemil? Hampir sebagian besar orang suka ngemil. Oleh sebab itu, usaha makanan ringan kekinian bisa banget dijalankan. Namun Anda harus melakukan riset dulu terhadap ide makanan ringan yang akan Anda jual.

Setelah riset dilakukan, jangan lupa persiapkan modal. Modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha makanan ringan unik ini juga tidak terlalu besar. Anda butuh modal kurang lebih 1 juta rupiah saja. Makanan ringan seperti aneka keripik dengan berbagai varian rasa, mie lidi dengan berbagai varian rasa, kacang telor, seblak kering dan berbagai varian makanan ringan lain bisa Anda jual.

Kalau pun Anda ingin menitipkan makanan ringan kekinian tersebut di toko atau warung – warung juga bisa. Tambahkan beberapa makanan lain untuk dititipkan agar peluang keuntungan yang Anda dapatkan semakin besar. Baca : Usaha Makanan yang Bisa Dititipkan di Warung, Ini Daftarnya!

Usaha angkringan

usaha angkringan

Last but not least, ada peluang usaha unik di desa lainnya yang juga direkomendasikan untuk Anda dirikan. Peluang usaha tersebut adalah usaha angkringan. Anda bisa menjual berbagai macam menu angkringan dengan harga yang bersahabat.

Agar semakin ramai, Anda bisa tambahkan fasilitas menarik seperti wifi dan layar tancap dengan proyektor yang bisa diletakkan di sudut angkringan. Dijamin deh pasti angkringan Anda akan ramai dengan pengunjung.

Jangan lupa selain Anda perlu menjual aneka menu makanan dengan harga yang bersahabat, Anda juga harus menjual aneka menu minuman dengan harga yang bersahabat seperti kopi dan teh.

Selain beberapa jenis usaha di atas, peluang usaha lain yang bisa dijalankan di desa banyak ragamnya. Baca : Ragam Usaha yang Cocok di Daerah Pedesaan, Cek Dulu!

Itulah beberapa ide peluang usaha unik di desa yang patut untuk Anda coba. Bagi Anda yang tertarik untuk mulai menjalankan usaha di desa bisa banget menjalankan usaha – usaha di atas. Salam wirausaha!