Usaha yang Berhubungan dengan Pertanian, Cocok Untuk Usaha Desa

Usaha yang Berhubungan dengan Pertanian

Masih belum banyak orang yang menyadari bahwa menjalankan usaha yang berhubungan dengan pertanian juga cukup menggiurkan. Potensi keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda dapat menjalankan dan mengelola usaha dengan baik bisa Anda dapatkan.

Menjalankan usaha pertanian sendiri tidak hanya menjual sayur mayur atau bercocok tanam saja, masih banyak potensi usaha lain yang bisa dijalankan dan masih berkaitan dengan usaha pertanian. Apa sajakah jenis usaha yang berhubungan dengan pertanian dan direkomendasikan untuk Anda jalankan? Berikut informasi selengkapnya untuk Anda!

Usaha yang Berhubungan dengan Pertanian

Membuat dan menjual terrarium

Kalau selama ini Anda masih menganggap bahwa usaha di bidang pertanian hanya sebatas menjual aneka sayuran saja, maka sekarang semua anggapan tersebut harus Anda musnahkan karena usaha pertanian sangat banyak jenisnya.

Salah satunya Anda bisa membuat dan menjual terrarium. Apa itu terrarium?

Jadi, terrarium merupakan biosfer buatan yang merupakan tempat biologis bagi aneka ragam tanaman dan dikemas dalam ruang hidup berupa plastik transparan atau kaca. Terarium juga cocok dijadikan hiasan rumah. Satu buah terrarium sendiri bisa Anda jual dengan harga yang bervariasi mulai dari 200 ribu rupiah sampai 1 juta rupiah tergantung model, jenis tanaman dan ukurannya.

Selain berbisnis menjual terrarium, terdapat berbagai peluang usaha unik lain yang bisa dijalankan di desa. Informasi selengkapnya, baca : Peluang Usaha Unik di Desa yang Patut Dicoba

Menjual tanaman dan sayuran organik

Tren gaya hidup sehat yang semakin digemparkan akhir – akhir ini menjadi sebuah peluang baru bagi Anda yang ingin menjalankan usaha yang berhubungan dengan pertanian. Selain lebih menyehatkan, sayur dan aneka ragam tanaman organik dipercaya tidak mengandung residu pestisida sebanyak sayur non organik didalamnya.

Untuk pesaing usaha ini sampai saat ini masih belum banyak sehingga jika Anda bisa memulai usaha yang satu ini sedari sekarang besar kemungkinan Anda berpotensi menguasai pasar. Keuntungan yang akan Anda dapatkan juga bisa dipastikan sangat melimpah.

Menjual tanaman hias

Usaha yang satu ini juga termasuk salah satu jenis usaha yang sangat populer dalam bidang pertanian. Jika Anda ingin menjalankan usaha menjual tanaman hias dan menginginkan agar usaha Anda ini berkembang, sangat dianjurkan agar Anda menyediakan tanaman hias yang bervariasi.

Kalau perlu Anda harus punya beberapa tanaman hias langka yang dapat menarik perhatian orang untuk datang ke lapak Anda. Selain Anda bisa membuat lapak offline untuk berjualan tanaman hias, Anda juga dapat menjual tanaman hias secara online. Jika memang ada pesanan, Anda bisa mengirimkan melalui jasa pengiriman atau cargo ke alamat pembeli.

Budidaya edamame

Edamame termasuk salah satu jenis tanaman yang sangat laku dan banyak orang ingin membelinya. Kandungan gizi yang cukup tinggi, kandungan serat dan protein yang baik dan cita rasa yang sangat enak merupakan alasan edamame sangat dicari.

Jika Anda memiliki lahan kecil di rumah dan belum dipergunakan untuk apapun, Anda bisa menggunakannya untuk menanam edamame. Keuntungan budidaya edamame cukup besar lho utamanya jika sudah musim hujan tiba. Anda bisa panen lebih cepat dan harga jualnya juga selalu stabil. Jika kegiatan budidaya Anda berhasil, Anda bisa memperluas lahan untuk budidaya edamame ini.

Pembuatan pupuk

Jika Anda kurang suka dengan aktivitas budidaya namun berkeinginan untuk menjalankan usaha yang berkaitan dengan bidang pertanian, sangat dianjurkan agar Anda menjalankan usaha pembuatan pupuk. Untuk memulai usaha ini Anda tidak perlu modal yang terlalu besar. Anda pun bisa mulai mempelajari beragam cara membuat pupuk mulai dari pupuk kompos sampai dengan pupuk kandang, kemudian Anda bisa menjualnya.

Menjual peralatan pertanian

Selain usaha membuat pupuk, jenis usaha lain yang berkaitan dengan bidang pertanian adalah usaha menjual perlengkapan dan peralatan pertanian. Anda bisa mulai menjual atau pun menyewakan beragam perlengkapan dan peralatan pertanian.

Anda bisa membuat toko yang menjual cangkul, sekrup tani, dan berbagai peralatan dan perlengkapan pertanian lainnya. Pastinya para petani selalu membutuhkan perlengkapan dan peralatan pertanian tersebut dan jika mereka membutuhkannya, mereka bisa menyewa atau membelinya di tempat Anda.

Bagi Anda yang tinggal di desa, selain menjalankan berbagai usaha yang berhubungan dengan pertanian seperti di atas, Anda juga dianjurkan untuk menjalankan usaha lainnya. Informasi selengkapnya, baca : Ragam Usaha yang Cocok di Daerah Pedesaan

Anda yang berada di desa dan memiliki ketertarikan untuk menjalankan usaha pertanian, beragam jenis usaha yang berhubungan dengan pertanian di atas bisa Anda jalankan. Salam wirausaha!

Tinggalkan komentar