Usaha yang Cocok Untuk Mahasiswa, Cek Di Sini!

Di era digital sekarang ini ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa perlu kerja terikat waktu dengan orang lain. Oleh sebab itu mencari pendapatan sampingan untuk mahasiswa sangat mungkin dilakukan. Lantas apa saja jenis usaha yang cocok untuk mahasiswa?

Nah, bagi Anda para mahasiswa yang saat ini sedang bingung dan dilema ingin mencari penghasilan tambahan untuk keperluan kos, jajan dan sebagainya maka tentu informasi ini akan sangat menguntungkan untuk Anda. Berikut beberapa contoh ide usaha yang cocok untuk mahasiswa dan bisa Anda jalankan!

Ide Usaha yang Cocok Untuk Mahasiswa

1. Bisnis online shop

Biasanya mahasiswa butuh berbagai macam keperluan mulai dari aksesoris, sepatu, baju, tas, dan berbagai item lain untuk menunjang kebutuhan ke kampus. Nah, berbagai barang kebutuhan tersebut bisa Anda jual ke teman – teman kampus Anda.

Bahkan Anda juga bisa menawarkannya di berbagai forum jual beli online atau pun marketplace untuk memperluas pangsa pasar Anda. Jika Anda tidak punya produk sendiri, Anda bisa menjadi dropshipper atau reseller dari suatu brand.

Selain menjual item – item seperti yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa menjual makanan baik itu makanan ringan atau makanan basah. Dijamin akan laris terlebih anak kuliahan biasanya suka jajan dan malas memasak karena banyaknya tugas kampus yang harus diselesaikan. Jika Anda merasa punya keahlian memasak atau membuat camilan bisa banget menjalankan usaha ini.

Jika Anda tertarik menjalankan usaha makanan dan sedang mencari ide usaha makanan unik yang menarik dicoba, baca : Usaha Makanan Unik dengan Modal Kecil, Cek Dulu!

2. Bisnis jasa desain grafis

Jasa desain grafis merupakan salah satu ide usaha yang cocok untuk mahasiswa jurusan desain atau bahkan mahasiswa di luar jurusan tersebut yang memiliki kemampuan mendesain. Jasa Anda akan sangat dibutuhkan untuk mereka yang ingin membuat logo, brosur, undangan dan berbagai kebutuhan lainnya.

Adapun modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini hanya komputer atau laptop saja sebagai tempat Anda mendesain. Jika memang memungkinkan memiliki printer akan semakin baik karena Anda juga bisa menyediakan jasa print out hasilnya juga.

Agar usaha jasa Anda berkembang, ada beberapa teknik yang bisa Anda jalankan untuk mengembangkannya. Baca : Teknik yang Bisa Dilakukan Untuk Mengembangkan Usaha di Bidang Jasa

Ide usaha jasa lainnya, baca : Ide Usaha Jasa di Indonesia yang Bikin Tajir

3. Bisnis Fotografer atau Videografer

Aktivitas fotografi dan videografi menjadi salah satu aktivitas menarik bagi mahasiswa yang punya jiwa muda. Jika Anda merasa memiliki keahlian dalam bidang tersebut dan kebetulan Anda juga punya kamera, bisnis di bidang fotografi dan videografi bisa menjadi peruntungan Anda.

Ide usaha untuk mahasiswa ini kalau berhasil dijalankan akan membuat Anda mendapatkan banyak keuntungan. Anda bahkan bisa mendapatkan uang senilai jutaan rupiah untuk satu sesi fotografi atau videografi yang Anda jalankan.

Untuk awal menjalankan usaha yang cocok untuk mahasiswa ini, Anda bisa promosikan usaha Anda ke teman – teman Anda terlebih dahulu. Selanjutnya Anda bisa promosikan di sosial media dan bisa bekerjasama dengan pemilik event organizer atau wedding organizer untuk mendapatkan banyak job dari mereka.

4. Bisnis merias wajah

Jika Anda punya kemampuan dalam bidang make up, Anda bisa tawarkan jasa rias wajah kepada teman – teman kampus Anda. Tak perlu membidik pasar make up pengantin dulu, Anda bisa mulai mengepakkan sayap bisnis dengan menawarkan jasa merias wajah untuk wisuda dan sebagainya.

Jika kemampuan Anda sudah meningkat dan jasa Anda semakin banyak dipercaya, Anda dapat melebarkan sayap dengan menyediakan jasa make up pengantin dan sebagainya.

5. Bisnis jasa les privat

Terakhir yang tak boleh dilupakan, Anda harus mencoba usaha yang satu ini yaitu menyediakan jasa les privat. Anda bisa memberikan les untuk pelajaran yang memang Anda kuasai. Misalkan jika Anda punya kemampuan dalam bahasa Inggris atau Matematika, Anda bisa memberikan les privat untuk materi bahasa Inggris dan Matematika.

Kegiatan les privat sendiri bisa dilakukan di rumah siswa atau bahkan bisa dilakukan secara online. Sekarang ini sudah banyak jasa les privat yang menyediakan les tanpa tatap muka alias secara online. Sementara jika memang butuh bertatap muka, Anda bisa datang langsung ke tempat siswa agar tidak perlu menyediakan tempat belajar apalagi jika Anda masih ngekos.

Itulah beberapa ide usaha yang cocok untuk mahasiswa. Anda bisa mencoba salah satunya untuk menambah pundi – pundi penghasilan selama di bangku kuliah. Selamat mencoba dan semoga sukses bersama Anda.

Tinggalkan Balasan