Yuk Simak Syarat Ajukan Pinjaman Bank BRI Sesuai Jenisnya

Nasabahnya sudah ada di seluruh pelosok tanah air, BRI hingga kini masih menjadi primadona bagi rakyat Indonesia. Sesuai dengan nama yang disandangnya, kantor cabangnya pun mudah ditemui bahkan di daerah pelosok sekalipun. Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan yaitu adanya pinjaman bank BRI. Tersedia dalam beberapa jenis, berikut syarat yang harus dipenuhi.

Syarat Untuk Mendapatkan Pinjaman Dari BRI Sesuai Dengan Jenisnya

1. Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

Siapa yang tidak ingin memiliki kendaraan pribadi ? Baik itu baru maupun bekas ataupun kendaraan roda dua ataupun roda empat, semua kendaraan tersebut sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk mempermudah aktifitas keseharian. Hanya saja tidak semua orang bisa mendapatkan barang yang diinginkan, karena adanya keterbatasan dana yang dimilikinya. Bahkan ada yang rela menabung sedikit demi sedikit, untuk mewujudkan mimpinya memiliki kendaraan pribadi.

Jenis-jenis kredit kendaraan bermotor BRI

Di lain sisi, kebutuhan dan keinginan sudah menggebu gebu saat melihat kendaraan yang diinginkan di depan mata. Meski telah menabung sejak lama, namun patokan harga yang diberikan masih memberatkan isi dompet. Dari dasar inilah, kemudian banyak masyarakat yang mengambil jalan pintas dengan mengajukan pinjaman kepada bank yang dipercaya. Dari sekian banyak bank yang ada di tanah air, BRI bisa menjadi alternatif terbaik.

kelebihan kredit kendaraan bermotor KKB BRI

Bank primadona masyarakat Indonesia ini, memiliki produk  pinjaman khusus kredit kendaraan bermotor yang diberi nama KBB BRI. Pihak peminjam mampu memberikan pinjaman hingga 5 miliyar, dengan masa tenor mencapai 48 bulan. Tentu untuk bisa mendapatkan pinjaman bank BRI tersebut, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sang peminjam. Apa saja syarat yang diperlukan ?

Setidaknya ada 6 syarat yang harus dipenuhi dan dibawa, ketika akan mengajukan peminjaman dana dengan jumlah tertentu. Dimana syarat tersebut terdiri dari membawa KTP, slip gaji ataupun surat penghasilan yang memiliki nominal minimal 3 juta per bulan, surat izin usaha (bagi pengusaha), NPWP, rekening koran selama 3 bulan terakhir, serta pas foto. Ketika semua syarat sudah terpenuhi, kemungkinan permintaan peminjaman akan diberikan.

Baca juga : Pinjaman KUR BRI Serta Tabel Cicilan Pokok Dan Bunga Lengkap

2. Kredit Kepemilikan Rumah

Rumah menjadi sebuah kebutuhan yang penting untuk dimiliki, karena bisa menjadi tempat berlindung sekaligus beristirahat dikala letih. Sayangnya, harga untuk bisa membangun atau membeli rumah jadi tidaklah kecil. Bahkan besaran harga yang ditawarkan cenderung bertambah tinggi setiap tahunnya, sehingga kesempatan memiliki rumah sendiri seakan jauh di mata. Ada kalanya, uang tabungan yang dimiliki masih diluar dari dana yang harus diberikan.

Keuntungan KPR BRI

Dalam kondisi tersebut, pinjaman bank BRI jenis ini  bisa dianggap sebagai salah satu jalan alternatif agar impian tersebut dapat segera terwujudkan. Mengerti akan kebutuhan masyarakat, bank satu ini pun memunculkan jenis pinjaman khusus untuk kredit rumah. Apabila rumah sudah menjadi hak milik sang peminjam dana, maka sertifitas rumahnya akan dijadikan sebagi agunan untuk membayarkan cicilan hingga lunas.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, agar permintaan pinjaman dana mendapatkan izin. Syarat tersebut terdiri dari WNI berusia minimal 21 tahun, fotocopi KTP (Kartu Tanda Penduduk), fotokopi KK (Kartu Keluarga), memiliki penghasilan tetap, fotokopi NPWP (Nomer Pokok Wajib Pajak), fotokopi slip gaji (khusus bagi karyawan) atau SIUP (bagi wiraswasta), fotocopi buku tabungan, serra fotocopi akta nikah (khusus bagi yang sudah menikah).

Syarat Ajukan Pinjaman Bank BRI KPR

Baca juga : Tabel Pinjaman Bank Mandiri Terbaru

3. Kredit Multiguna BRI

Umumnya pihak peminjam akan meminta sebuah agunan, sebagai jaminan apabila pihak peminjam nantinya tidak bisa membayarkan dana pinjamannya tepat waktu. Sesuai dengan kesepakatan bersama, nantinya agunan tersebut akan berganti kepemilikan ketika sang peminjam tak bisa melunasinya. Bagi anda yang ingin menggunakan fasilitas tersebut, BRI menyediakan jenis pinjaman ini dengan nama Kredit Multiguna BRI.

Barang yang nantinya menjadi agunan pinjaman bank BRI satu ini, setidaknya memiliki nilai jual yang serupa dengan dana yang dipinjam. Contoh agunan yang bisa diberikan berupa BPKB kendaraan bermotor, sertifikat bangunan, sertifikat tanah, dan masih banyak lainya. Sedangkan untuk plafon pinjamannya sendiri, tergantung dari agunan yang nanti dijaminkan. Namun umumnya, nilai pinjaman yang diterima sekitar 80% dari nilai agunannya sendiri.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, agar bisa mendapatkan persetujuan dari pihak peminjam. Syarat tersebut meliputi KTP asli, NPWP, rekening koran sejak 3 bulan terakhir, slip gaji ataupun surat keterangan penghasilan, surat izin usaha, serta dokumen aset yang diagunkan. Khusus bagi agunan kendaraan bermotor, pastikan usia maksimal dimiliki sudah 10 tahun lamanya. Ketika semua persyaratan tersebut terpenuhi, maka dana pinjaman akan didapatkan.

Baca juga : Tabel Pinjaman Bank BRI Terbaru

4. Kredit BRIGuna

Ingin meminjam sejumlah dana namun tak ingin memberikan jaminan apapun? Dengan kehadiran Kredit BRIGuna, nampaknya bisa membantu anda menyelesaikan solusi tersebut. Jenis pinjaman satu ini, bisa dikatakan lebih fleksibel karena dapat digunakan untuk apapun yang diinginkan sang peminjamnya. Pihak peminjam dapat menggunakan kredit BRIGuna yang termasuk KTA (Kredit Tanpa Agunan).

macam-macam jenis pinjaman BRI guna

Berapa plafon yang bisa didapatkan dari jenis pinjaman bank BRI satu ini ? Plafon pinjaman pribadi yang bisa didapatkan mencapai 1 miliar, dengan masa tenor mencapai 15 tahun. BRI menyediakan jenis pinjaman satu ini dengan 3 kategori (BRIGuna Karya, BRIGuna Umum, dan BRIGuna Purna), yang mana bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tentu saja untuk bisa mendapatkan pinjaman ini, anda harus memenuhi beberapa syarat.

Syarat yang wajib dipenuhi yaitu membawa KTP asli, NPWP, SK Pengangkatan Pertama dan Terakhir dari tempat kerja khusus untuk BRIGuna Karya dan BRIGuna umum, Kartu Keluarga, slip gaji khusus BRIGuna Karya dan BRIGuna umum, pas foto, fotokopi buku tabungan BRI, surat rekomendasi atasan khusus BRIGuna Karya dan BRIGuna umum, asli SKI Pensiun khsuus BRIguna Purna (termasuk bagi daftar pembayaran pensiun, buku pensiun, dan fotokopi Karip).

5. Kredit Usaha Rakyat

Bagi anda yang sedang mencari dana pinjaman untuk mengembangkan usaha mikro, keci, maupun menengah, nampaknya pinjaman dari BRI ini bisa menjadi solusinya. Kenapa pinjaman ini bisa dikatakan solusi terbaik ? Sebab suku bunga yang diberikan, masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan jenis pinjaman lainnya. Rendahnya suku bunga yang diberikan, disebabkan adanya dana subsidi dari pemerintah.

Lalu berapakah suku bungan yang ditawarkan pada bank populer satu ini ? Rata rata suku bunganya mulai dari 6% per tahunnya, dengan ada beberapa 3 kategori yang tersedia. 3 kategori tersebut meliputi KUR Mikro, KUR TKI, dan KUR Ritel yang mana setiap kategorinya ditujukan untuk jenis pinjaman yang berbeda serta memiliki persyaratan tersendiri. Oleh karenanya, penting untuk meneliti terlebih dahulu apa saja persyaratan pinjaman bank BRI jenis satu ini.

Tabel Cicilan Lengkap Dan Juga Bunganya Dari Kredit Usaha Rakyat BRI

Hadirkan berbagai jenis pinjaman bagi nasabahnya, yang mana pelayanan ini dirasa sangat berguna bagi mereka yang membutuhkannya. Hanya dengan memenuhi syarat sesuai dengan jenis pinjamannya, maka permintaan pinjaman akan disetujui. Namun ada baiknya untuk menyisihkan dana sedikit demi sedikit bak menabung, yang nantinya akan digunakan apabila adanya pengeluaran tak terduga. Dengan begitu, anda tidak akan kebingan ketika ada pengeluaran mendadak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *