Menelisik Peluang Produk Masyarakat Untuk Menembus Pasar Ekspor dan Tipsnya

Diposting pada

Membuka sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah, apalagi jika anda memiliki rencana untuk menembus pasar internasional. Banyak sekali hal hal yangpelu dipersiapkan agar kualitas barang  bisa bersaing dengan produk lain. Di kesempatan kali ini, yuk cari tahu bagaimana peluang produk masyarakat menembus pasar internasional beserta tipsnya!

Kondisi Ekspor Produk UMKM Indonesia

Tidak dapat dipungkiri jika beberapa tahun belakangan ini, UMKM Indonesia sedang sangat berkembang, hal ini terlihat dari semakin banyaknya masyarakat yang membuka usahanya sendiri dan mendaftarkannya di kementerian koperasi dan UMKM. Tentu hal tersebut mendorong jumlah produk ekspor yang dimiliki oleh Indonesia.

Berdasarkan data yang berhasil didapat pada tahun 2021 lali, besarnya ekspor produk UKM yang dimiliki Indonesia adalah 15 persen. Meskipun nilainya masih berada di bawah Thailand dan Malaysia, terlihat jika Indonesia sedang menuju ke arah yang lebih baik. Peluangnya masih bisa bertambah seiring dengan minat masyarakat dalam melakukan perkembangan usaha.

Lantas berapa besarnya ekspor yang dimiliki oleh Thailand dan Malaysia? Secara berurutan, mereka memiliki nilai ekspor sebesar 30 persen dan 20 persen. Harapannya Indonesia bisa mengejar negara tersebut atau bahkan mendapatkan persentase yang jauh lebih tinggi. Peluang tersebut sejatinya terbuka lebar apalagi saat ini banyak program pemerintah untuk pengembangan UMKM.

Bagaimana Cara Tembus Ke Pasar Internasional?

1. Meneliti Potensi Pasar Dengan Baik

Disamping mempelajari bagaimana peluang produk masyarakat menembus pasar internasional, anda juga perlu berusaha membaca potensi bisnis dengan baik. Perkirakan apakah produk yang dijual cukup disukai oleh masyarakat atau tidak, terlebih oleh orang asing. Lihat pula bagaimana persaingan ekspor dalam produk tersebut.

Beberapa produk UMKM yang terbukti sukses di ekspor adalah pakaian, kopi, dan bahan makanan. Anda bisa mengambil bagian tersebut atau membuka peluang produk baru. Tentu membuka produk baru penuh dengan tantangan karena promosi yang lebih besar sangat diperlukan. Mencari segmen pasarnya juga tidak mudah, namun jika berhasil maka nilainya bisa lebih besar.

2. Belajar Bagaimana Regulasi Untuk Ekspor Barang

Memasarkan barang secara ekspor banyak sekali hal hal yang perlu diperhatikan, termasuk masalah regulasi dan dokumen. Informasi terkait dengan ekspor bisa anda ketahui melalui situs kementerian perdagangan. Di dalam website tersebut dijelaskan bahwa ada empat tahapan ekspor yang perlu dilalui oleh pengusaha Indonesia.

Adapun tahapan pertama yang perlu dilakukan adalah membuat surat kontrak antara importir dan eksportir. Surat ini bisa didapat jika anda tahu bagaimana peluang produk masyarakat menembus pasar internasional terlebih produk yang anda miliki. Jika surat tersebut didapat, berarti anda sudah memiliki partner yang bersedia memasarkan produk anda di sana.

 Jika surat tersebut sudah didapat, anda perlu dokumen yang disebut dengan letter of credit opening process. Dokumen tersebut merupakan diterbitkan sebagai jaminan jika phak importir akan melakukan pembayaran. Jika sudah, jangan lupa siapkan dokumen cargo shipment dan shipping. Dokumennya memang banyak, namun tetap tidak akan menjadi hambatan bagi anda pebisnis handal.

Apabila surat tadi sudah lengkap, maka proses ekspor bisa dilakukan dengan lancar. Untuk proses pengiriman atau kepor kedua dan seterusnya juga akan menjadi lebih mudah karena anda sudah tahu bagaimana alurnya dengan baik. jika anda mengalami kesulitan, tidak ada salahnya untuk menghubungi kementrian perdagangan untuk keterangan lebih lanjut.

3. Menjaga Kualitas Produk Dengan Baik

Menjaga kualitas produk menjadi salah satu syarat yang wajib dilakukan oleh seorang pebisnis, bukan hanya mereka yang bergerak di bidang ekspor. Hal ini berkaitan dengan kepuasan konsumen sehingga tidak bisa sembarangan. Jika anda lalai, maka peminat produk anda bisa merosot. Usaha anda untuk belajar bagaimana peluang produk masyarakat menembus pasar internasional menjadi sia sia.

Perlu anda ketahui pula, jika setiap negara memiliki standar terkait dengan produk yang dipasarkan di negara mereka. Oleh karena itu, anda perlu meningkatkan kualitas agar tetap memiliki posisi yang baik. Lantas bagaimana caranya untuk menjaga kualitas produk? Caranya adalah dengan menggunakan bahan bahan terbaik dan meminta pendapat dari konsumen.

4. Membuat Situs Resmi Dan Melakukan Promosi Secara Online

Saat ini melakukan promosi online merupakan cara yang paling penting dilakukan oleh setiap pebisnis. Melali situs ini, masyarakat bisa lebih mengenal produk, termasuk mereka yang berada di luar Indonesia. Keberadaan situs resmi juga akan meningkatkan kredibilitas usaha anda dimata orang lain. Dengan begitu, anda akan mendapat lebih banyak kepercayaan dari konsumen.

Namun dalam melakukan promosi, anda tidak boleh memberikan infomasi yang salah. Kemukakan apa yang menjadi kelebihan produk anda secara jujur. Berbohong dengan tujuan promosi adalah hal yang patut dihindari karena akan membuat konsumen merasa kecewa. Alhasil, produk anda akan dicap buruk oleh para importir dari negara lain.

5. Bergabung Dengan Komunitas Bisnis

Selain mempelajari bagaimana peluang produk masyarakat menembus pasar internasional, anda juga perlu bergabung dengan komunitas bisnis. Dengan cara tersebut, anda bisa mendapat lebih banyak koneksi dan mendapat banyak  informasi baru terkait dengan kegiatan ekspor. Hal ini sangat menguntungkan, terlebih jika anda adalah orang yang bisa mengambil perluang dengan baik.

Memang beberapa tips ekspor yang telah disebutkan tadi tidak mudah untuk dilakukan. Kendati demikian, poin poin tersebut tidak boleh anda abaikan. Berusaha ekspor untuk pertama kalinya memang sulit, namun kondisinya akan jauh lebih mudah untuk periode ekspor yang kedua dan seterusnya. Jika anda sudah berhasil ekspor, maka usaha anda bisa berkembag dnegan lebih baik.

Tinggalkan Balasan