Tren penggunaan aplikasi pinjaman online semakin lama memang semakin merebak. Platform online yang menawarkan pinjaman online memang sudah sangat banyak. Dengan semakin banyaknya platform online yang menawarkan pinjaman online atau pinjol, memilih platform tersebut memang akan sangat mudah.

Namun tetap Anda harus berhati – hati dalam memilihnya. Pastikan platform pinjaman online yang Anda pilih adalah platform pinjaman online yang legal dan terpercaya. Namun di balik penggunaan platform pinjaman online ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang Anda harus tahu dari platform pinjol tersebut. Berikut informasinya untuk Anda!

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan pinjaman online yang Anda harus tahu. Mengenai kelebihannya apa saja, kelebihan dari meminjam secara online melalui aplikasi pinjol yang tersedia meliputi :

Proses pengajuan yang mudah

Proses pengajuan yang mudah

Kelebihan platform pinjaman secara online yang pertama adalah proses pengajuan untuk mengajukan pinjaman sangat mudah. Jika dibandingkan dengan pinjaman offline, proses pengajuan pinjaman secara online tidak berbelit.

Jika meminjam sejumlah dana di pinjaman offline seperti bank atau koperasi membuat Anda harus datang ke cabang terdekat lebih dulu untuk mengajukan pinjaman, maka meminjam dana di platform pinjol tidak perlu seperti itu.

Hanya dengan memanfaatkan gadget dan jaringan internet, pengajuan pinjaman bisa dilakukan dan pinjaman Anda dapat langsung cair. Dengan cara dan proses yang sangat mudah tersebut, Anda dapat jauh lebih berhemat waktu dan bisa lebih tenang karena proses pengajuan pinjaman bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Video Kata Motivasi Hidup Sukses

Dana akan cair hanya dalam hitungan hari

pencairan dana pinnjaman

Alasan lain mengapa orang mengajukan pinjaman secara online adalah pencairan dana yang berlangsung sangat cepat. Pinjaman yang Anda ajukan dapat cair dalam jangka waktu harian yaitu antara 1 sampai dengan 3 hari kerja saja.

Jika Anda sudah pernah mengajukan pinjaman sebelumnya di lembaga pinjol yang sama, prosesnya bahkan bisa berlangsung hanya dalam hitungan jam. Jadi, ketika Anda sedang berada dalam kondisi yang mendesak dan butuh dana secara mendadak, maka pinjaman yang baru dicairkan tersebut dapat segera secara langsung Anda manfaatkan sesuai yang Anda butuhkan.

Kemudian banyak orang yang bertanya tentang mengapa proses pencarian dana pada pinjaman online dapat berlangsung sangat cepat?

Ada beberapa alasan sebenarnya mengapa proses pencairan dana pinjol dapat berlangsung cepat. Salah satu alasannya adalah karena sistem online yang dapat menjadikan pengajuan pinjaman bisa segera diproses.

Tentu berbeda jika pengajuan pinjaman dilakukan secara offline karena dengan sistem offline data – data yang harus dikumpulkan adalah data – data fisik sehingga harus dipindahkan dulu menjadi data digital agar dapat diproses. Nah, hal ini juga sudah menyita waktu yang cukup lama sehingga proses pencairannya pun lama.

Persyaratan yang harus disertakan mudah dan tidak ribet

syarat pengajuan pinjaman online

Adapun mengenai apa saja persyaratan yang diberikan oleh penyedia pinjol sangat mudah diberikan oleh orang yang mengajukan pinjaman. Persyaratan yang harus disertakan tersebut berupa dokumen seperti KTP, NPWP, slip gaji atau surat keterangan penghasilan serta rekening tabungan.

Dengan berbagai macam persyaratan yang tidak ribet dan mudah terpenuhi tersebut menjadikan siapa saja dapat mengajukan pinjaman secara online dan berpotensi dapat secara langsung dicairkan.

Namun beberapa orang dengan kelebihannya yang tidak ribet ini menjadikan mereka memiliki hutang yang tak jarang sulit untuk mereka lunasi. Jika hal tersebut sudah terjadi, baiknya Anda cari tahu bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk melunasinya. Baca : Cara Melunasi Pinjaman Online Ketika Sudah Terlilit Hutang, Baca Dulu!

Namun walau punya banyak kelebihan tak dapat dipungkiri bahwa setiap produk keuangan pasti punya kekurangan. Adapun beberapa kekurangan dari meminjam online melalui platform pinjol yang Anda harus tahu diantaranya :

Sistem bunga yang berlaku harian

sistem bunga harian

Tak seperti bunga kredit tanpa agunan yang diberikan oleh bank yang menerapkan sistem perhitungan bunga secara bulanan, bunga yang diberlakukan oleh lembaga pinjol adalah bunga yang menggunakan sistem perhitungan harian.

Ketika Anda mengambil pinjaman secara online dan mengambil masa tenor pengembalian pinjaman secara singkat, bunganya memang tidak terlalu berasa. Akan tetapi jika masa tenor yang diambil cukup lama tentu Anda akan merasakan bunga yang bebannya berat.

Namun meminjam dana dengan tenor yang singkat membuat Anda harus cepat – cepat punya trik untuk mengembalikan sejumlah dana tersebut beserta bunganya. Jika Anda tidak punya kemampuan membayar, maka resikonya denda juga perlu Anda bayarkan.

Platform pinjaman yang tidak terlalu besar

Platform pinjaman online

Tidak seperti pinjaman offline di bank atau koperasi yang memberikan platform pinjaman bahkan sampai puluhan juta rupiah, pinjol tidak demikian. Tanpa melalui proses survey yang panjang dan bisa langsung dicairkan menjadikan plafon pinjaman yang diberikan lembaga pinjol tidak terlalu besar.

Masa tenor yang diberikan singkat

Masa tenor singkat

Plafon pinjaman yang tidak terlalu besar nyatanya juga berpengaruh terhadap masa tenor yang diberikan. Masa tenor yang ditawarkan oleh suatu lembaga pinjol biasanya mulai dari hitungan hari seperti 10 hari sampai dengan 180 hari. Semakin lama masa tenor yang Anda ambil maka semakin besar juga bunga cicilan yang Anda harus segera bayarkan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan pinjaman online yang Anda harus tahu. Semoga ulasan yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan inspiratif.