Bagi Anda yang kepepet harus meminjam dana melalui lembaga pinjaman online, baiknya terlebih dahulu Anda pastikan bahwa lembaga pinjaman online yang Anda pilih tersebut memang merupakan lembaga pemberi pinjaman online yang legal dan terpercaya.

Jangan sampai Anda salah pilih karena sekali saja Anda salah pilih bisa dipastikan Anda akan mengalami situasi dan kondisi yang kurang baik untuk keuangan Anda ke depannya. Dalam meminjam sejumlah dana, pastikan juga bahwa Anda meminjam dengan tenor yang cukup dan memilih nominal yang sesuai dengan kemampuan Anda membayarnya.

Sebagai tips untuk mencari lembaga pinjaman online yang legal dan terpercaya, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan tipsnya untuk Anda. Let’s check these out!

Tips Mencari Lembaga Pinjaman Online Legal dan Terpercaya

Cek lembaga pinjaman online di OJK

OJK

Lembaga pinjaman online yang legal salah satu cirinya adalah sudah terdaftar di OJK. OJK biasanya secara rutin akan melakukan rilis atas berbagai macam fintech penyedia pinjaman online yang sudah mendaftarkan dirinya menjadi bagian dari OJK.

Dengan Anda melakukan pengajuan pinjaman pada fintech atau lembaga pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK itu artinya Anda dapat merasa jauh lebih nyaman. Data pribadi Anda pun akan terlindungi. Lembaga – lembaga tersebut biasanya memiliki proses penagihan yang tidak membebani serta perhitungan bunga yang diberikan juga sangat tepat.

Pilih lembaga pinjaman online yang memberikan persyaratan mudah

Salah satu daya tarik dari sebuah lembaga pemberi pinjaman online adalah kemudahan syarat yang diberikan. Namun walau punya banyak kemudahan dalam prosedurnya, Anda tetap harus tahu kalau suatu lembaga pemberi pinjaman online yang memberikan pinjaman langsung cair pasti punya kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangannya tersebut, Baca : Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online yang Anda Harus Tahu

Video Kata Motivasi Hidup Sukses

Cari tahu dulu prosedur pencairannya

Cari tahu dulu prosedur pencairannya
Hand giving money – United States Dollars (or USD)

Rata – rata pemberi pinjaman memberikan jaminan berupa pencairan yang sangat cepat kepada para peminjam. Bahkan ada yang memberikan jaminan pencairan dalam hitungan jam setelah pengajuan. Namun walau demikian, Anda tetap harus mencari tahu dulu prosedur pencairannya seperti apa agar tidak sampai mengalami salah tafsir atau kesalahpahaman.

Masih ada kaitannya dengan prosedur pencairan atas pinjaman yang diajukan, beberapa lembaga fintech menerapkan syarat rekening bank yang harus digunakan sama dengan identitas nasabah yang mengajukan pinjaman.

Alasannya agar tidak ada kesalahan dalam pencairan karena lembaga fintech tidak mau ada resiko dengan nasabah. Kalau lembaga fintech yang Anda pilih memang mengharuskan kepada setiap peminjam agar memiliki rekening bank maka itu artinya Anda yang akan meminjam melalui lembaga fintech tersebut wajib membuat rekening bank pribadi terlebih dahulu.

Akan tetapi tidak semuanya mengharuskan nasabah atau client memiliki rekening bank pribadi, ada juga lembaga fintech yang memberikan pilihan pencairan berupa pemberian dompet digital atau e-wallet. Anda cari tahu dulu sebelum meminjam dana di lembaga tersebut.

Pastikan agar Anda teliti soal pembayaran tagihan dan bayar tepat pada waktunya

Pastikan jangan sampai Anda hanya menjadi orang yang tergiur dengan pencairan namun tidak membayar kewajiban tagihan yang Anda miliki. Biasanya lembaga pinjaman online legal dan terpercaya sudah punya informasi yang detail soal penagihan masing – masing nasabah, karena itu pastikan Anda membayar tepat pada waktunya.

Mereka mengantongi berbagai macam informasi tentang nama nasabah, jumlah dana yang dipinjam, tanggal jatuh tempo, besaran bunga pinjaman, serta denda yang dibebankan ketika pembayarannya terlambat.

Karena itu pastikan jangan sampai Anda terlambat membayar tagihan. Bayar tepat pada waktunya, kalau perlu Anda bisa bayarkan sebelum tanggal jatuh tempo untuk menghindari resiko lupa membayar atau telat bayar.

Informasi layanan pelanggan

Informasi layanan pelanggan

Pinjaman online yang professional, bertanggung jawab dan juga terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan tentunya memiliki narahubung yang jelas. Mereka memiliki informasi nomor telepon, memiliki alamat email perusahaan yang jelas dan bahkan akun sosial media.

Sehingga ketika client atau nasabah mengalami keluhan atau masalah bisa langsung menghubungi nomor telepon, alamat email dan akun sosial media perusahaan pinjaman online tersebut. Nasabah dapat membuat keluhan disana.

Beberapa lembaga fintech juga bahkan memberikan fitur terkini yaitu fitur live chat yang membuat konsumen dapat jauh lebih mudah untuk menghubungi CS secara langsung ketika mendapat masalah baik masalah ketika pengajuan pinjaman, ketika pencairan atau ketika pembayaran pinjaman.

Layanan pelanggan tersebut juga dapat menjadi wadah bagi nasabah yang merasa mengalami kerugian dalam hal penagihan. Misalkan ketika mereka merasa ada debt collector yang menagih pinjaman yang telat bayar dengan tidak manusiawi, nasabah dapat mengajukan keluhan tersebut disana. Namun baiknya pastikan Anda tidak pernah mengalami masalah telat bayar ketika meminjam dana secara online agar jika butuh dana lagi mereka dapat mencairkan dana secara lebih mudah.

Itulah beberapa tips mencari lembaga pinjaman online legal dan terpercaya yang Anda harus tahu dan pahami. Semoga ulasan yang kami berikan di atas menjadi informasi yang bermanfaat.