Usaha yang paling enak adalah usaha yang sesuai dengan hobi kita, ini memang benar. Jika kita termasuk hobi memelihara hewan kesayangan seperti burung berkicau, ikan hias atau ayam hias, maka mengambil peluang usaha toko pakan burung adalah pilihan  yang baik. Dengan adanya hobi dan ketertarikan kita diawal, maka bisnis yang akan kita jalani akan menyenangkan serta tidak terasa membebani.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Peluang Usaha Toko Pakan Burung

Peluang Usaha Toko Pakan Burung
Peluang Usaha Toko Pakan Burung

Usaha toko pakan burung, ikan dan ayam menjual berbagai jenis pakan hewan. Baik itu pakan hewan pabrikan seperti pur, pelet ikan, makanan hewan kalengan hingga pakan alamiah seperti kroto, ulat hongkong, jangkrik, hingga kelabang. Selain itu, toko pakan burung juga menyediakan berbagai obat-obatan hewan, sangkar, hingga berbagai macam peralatan yang dibutuhkan penghobies dalam memelihara burung berkicau mereka.

Lokasi Usaha Toko Pakan Burung

Usaha toko pakan burung bisa dibuka dimana saja, namun usahakan untuk berada dipinggiran jalan. Apalagi jika disekitar lokasi tersebut banyak para pencinta burung, penggemar mancing ikan dan kolam pancing ikan, hingga yang memelihara ayam kampung dan ayam hias.

Mencari Pemasok Pakan yang bagus

Ada berbagai macam pakan ternak dengan merek dan produsen yang berbeda, carilah pakan yang baik, stock selalu tersedia dan harga relatif bersaing. Begitu juga dengan vitamin dan suplemen burung dll, kita mesti mengenal masing-masing produk yang kita jual tersebut.

Budidaya Pakan Ternak Alami Sendiri

Untuk memudahkan pasokan dan membuat harga tetap bisa bersaing dengan saingan kita, sebaiknya kita melakukan budidaya pakan ternak alami sendiri. Pakan ternak alami yang bisa kita budidayakan adalah budidaya ulat hongkong, jangkrik, kroto atau telur semut rangrang, hingga kelabang. Cara budidaya pakan ternak alami tidak sulit dan tidak memerlukan biaya  besar. Silahkan lihat di Tips Usaha Kecil Makanan dan Usaha Rumahan Bubur Kacang Hijau.

Pengetahuan yang baik tentang burung, ikan dll

Pengetahuan mengenai hewan peliharaan ini harus kita pelajari, hingga bila ada pembeli yang bertanya tentang suatu hal bisa kita jawab dengan mudah. Jika hobi kita memang memelihara burung, tentu tidak sulit mempelajari tentang segala sesuatu tentang burung hias. Pelajari cara merawat burung, cara memberi makan, makanan yang tepat sesuai usia, vitamin yang tepat dll.

Video Kata Motivasi Hidup Sukses

Buat Komunitas

Buatlah sebuah komunitas pemancing atau pencinta burung. Dengan demikian, mereka akan sering berkumpul di toko dan membeli produk-produk dari kita.

Baca juga peluang usaha terbaik lainnya yaitu