Cara Promosi Usaha Kuliner yang Harus Dipahami Pemula

Apapun usaha Anda, hal penting yang Anda harus perhatikan adalah bagaimana cara Anda mempromosikan usaha tersebut. Tanpa cara promosi usaha kuliner yang tepat, produk Anda sebagus apapun itu akan sulit untuk berkembang.

Bahkan usaha akan cenderung stagnan dan berakhir tragis karena sulit mendapatkan pelanggan dan laba. Oleh sebab itu, berikut strategi promosi usaha kuliner yang perlu Anda pahami dan harus Anda lakukan untuk menunjang pengalaman bisnis Anda!

Cara Promosi Usaha Kuliner Untuk Pemula

1. Buat slogan menarik

Cara promosi usaha kuliner yang pertama perlu Anda perhatikan adalah tentang slogan untuk produk Anda. Meskipun tidak secara langsung, namun slogan penting untuk membuat calon costumer Anda ingat dengan produk Anda.

Pastikan Anda membuat slogan semenarik mungkin. Seperti halnya Indomie yang punya slogan ‘Indomie, seleraku!”. Anda juga bisa menciptakan slogan – slogan unik lainnya sebagai alternatif slogan menarik untuk produk yang Anda akan jual.

2. Beri sample gratis

Di awal menjalankan usaha kuliner jika memang ingin produk Anda cepat dikenal, pastikan agar Anda terlebih dahulu memberikan sample gratis. Jangan terlebih dahulu mengejar keuntungan karena hal tersebut hanya akan membuat usaha Anda stagnan.

Pastikan Anda memaksimalkan pemberian sample gratis. Darisana Anda bisa minta review kepada orang – orang di sekitar Anda. Dengan cara ini akan lebih banyak orang yang mau mencoba membeli produk Anda dan mengenal produk Anda juga.

3. Berikan reward

Melalui cara ini konsumen bisa terpancing untuk kembali lagi membeli produk Anda karena reward yang Anda berikan. Bahkan mereka pun bisa menawarkan kepada teman – temannya agar ikut membeli produk yang sama.

Promosi melalui cara ini termasuk salah satu cara promosi tak langsung yang dapat memberikan impact kepada konsumen. Anda juga harus paham tentang mindset kebanyakan masyarakat Indonesia yang suka berburu reward, oleh sebab itu promosi usaha dengan cara ini sangat dianjurkan.

Kalau bisnis Anda sudah berjalan lancar, pastikan Anda tidak menghambur – hamburkan uang. Manajemen uang sebaik mungkin agar usaha Anda dapat berkembang lebih cepat. Baca : Manajemen Uang Untuk Usaha Agar Berjalan Lancar dan Sukses

4. Kerja sama untuk memperluas produk

Kerja sama memang sangat dibutuhkan sebagai metode atau cara promosi usaha kuliner. Anda bisa menjalin kerja sama dengan berbagai agen wisata, ahli marketing atau perusahaan ekspor impor bahkan.

Jika memang ada peluang, kerja sama dengan instansi pemerintahan dan sektor pariwisata juga akan sangat menguntungkan. Terlebih jika produk yang Anda tawarkan adalah produk yang bisa dikaitkan dengan oleh – oleh atau produk kuliner yang masih berkaitan dengan terdapatnya banyak unsur di dalamnya.

5. Manfaatkan momentum

Usaha makanan tidak akan setiap hari mendapat banyak kunjungan. Terkadang bahkan bisa sepi pembeli atau malah dalam sehari tidak ada kunjungan sama sekali. Agar hal tersebut tidak terjadi berlarut – larut, pemasaran harus dilakukan secara masif.

Salah satu strategi yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan momentum. Anda dapat melakukan berbagai upaya supaya bisnis makanan yang Anda bangun bisa mendapatkan pelanggan baru dan juga pelanggan tetap.

Anda bisa ikut serta juga dalam berbagai kegiatan seperti bazaar atau berbagai event lain yang dapat mengundang keramaian. Berpartisipasi dalam berbagai kegiatan termasuk bazaar, eksibisi, pasar malam atau perayaan moment tertentu dapat membuat usaha makanan Anda selalu mendapatkan konsumen baru dan juga selalu mengingatkan kepada konsumen lama Anda tentang produk Anda.

Kemudian pada acara tertentu, beri diskon yang menarik. Misalkan tepat pada acara hari kemerdekaan Indonesia, Anda bisa memberikan diskon 17% untuk pembelian paket makanan tertentu. Sebarkan informasi ini di sosial media untuk menjangkau semakin banyak orang agar mau membeli produk Anda.

6. Manfaatkan sosial media untuk promosi

Apapun usaha yang Anda jalankan atau apapun produk yang Anda jual pastikan Anda memasarkannya di sosial media. Promosi melalui sosial media memang terkadang tidak dapat memberikan penjualan secara langsung dengan pesat dalam waktu singkat, akan tetapi promosi bisa meningkatkan branding usaha Anda.

Dengan branding yang tepat bisa dipastikan akan semakin banyak orang yang kepo dengan profil produk Anda dan secara tak langsung akan meningkatkan engagement. Hal ini sangat baik untuk continuitas promosi jangka panjang.

Anda tak perlu khawatir sia – sia karena bahkan penetrasi penggunaan sosial media dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Bahkan dalam penelitian yang dilakukan oleh We Are Social and Hootsuite diungkapkan fakta bahwa pengguna sosial media aktif mencapai 42% dari total populasi dunia saat ini.

Oleh sebab itu pastikan semua sosial media yang ada mulai dari Facebook, Twitter, WhatsApp, Instagram dan yang lainnya Anda manfaatkan semaksimal mungkin. Berikan foto terbaik dari produk Anda dan kalau perlu Anda bisa iklankan.

Itulah berbagai tips dan cara promosi usaha kuliner yang harus dipahami pemula dan bisa dijalankan untuk memperluas segmentasi bisnis yang dibangun atau sudah dijalankan. Semoga informasi yang kami bagikan di atas menjadi informasi yang menginspirasi Anda.

Tinggalkan Balasan