Uji Penilaian psikometrik, Contoh Soal, Jawaban + Tip agar Lulus Tes SHL

Dewasa ini semakin banyak perusahaan yang menyertakan uji penilaian psikometrik ke dalam prosedur seleksi – baik untuk tujuan seleksi personil maupun untuk tujuan pengembangan karir. Sudah terbukti bahwa berbagai alat uji penilaian dan kuesioner yang digunakan dan dievaluasi secara profesional dapat memberikan informasi yang obyektif, dapat diandalkan dan relevan mengenai kemungkinan keberhasilan dan kepuasan dalam kerja.

Anda mungkin akan diminta untuk mengerjakan beberapa uji penilaian kemampuan dan/atau kuesioner kepribadian dalam konteks prosedur seleksi atau pengembangan karir. Informasi mungkin digabungkan dengan yang didapat dari sumber lainnya seperti hasil yang dicapai yang didapat dari (misalnya kualifikasi universitas), wawancara dan latihan simulasi untuk menyusun sebuah gambaran yang komprehensif terhadap orang yang sedang dinilai.

Apapun konteks yang ditanyakan untuk melengkapi uji penilaian ini, informasi ini dapat menolong anda. Informasi ini dirancang untuk memperkenalkan Anda dengan tiga jenis uji penilaian kemampuan dan satu kuesioner kepribadian yang biasa digunakan dalam pengembangan karir pekerja di tingkat profesional dan manajerial.

Uji Penilaian dapat membantu Anda

  • untuk dinilai secara adil dan obyektif dalam situasi yang kompetitif
  • untuk mengetahui lebih dalam mengenai kekuatan dan kelemahan diri Anda sendiri
  • untuk memilih jalur karir yang cocok dengan Anda
  • untuk dinilai secara komprehensif dalam rangka seleksi atau pengembangan karir
  • mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kecenderungan gaya kerja dan sumber motivasi utama Anda

Uji Penilaian memungkinkan perusahaan untuk

  • melakukan penilaian dengan cara yang adil dan obyektif
  • menyeleksi orang yang paling tepat bagi tuntutan pekerjaan
  • mengenali bidang-bidang kelemahan untuk perkembangan karyawan
  • memberi saran yang tepat kepada karyawan
  • menempatkan personil dengan tepat di dalam organisasi

Jenis uji penilaian apa yang harus Anda lakukan?

Sesi uji penilaian ini terdiri dari kombinasi komponen kemampuan dan kuesioner kepribadian.

Uji penilaian kemampuan

Uji penilaian yang anda diminta melakukan akan mengukur keterampilan yang relevan terhadap pekerjaan, posisi atau tanggung jawab yang sedang dipertimbangkan untuk Anda. Sementara jenis pekerjaan yang berbeda mempunyai tuntutan yang berbeda terhadap para individu, analisis yang ekstensif terhadap banyak peran manajerial dan profesional menunjukkan bahwa kompetensi dalam verbal, numerikal dan pemahaman abstrak merupakan persyaratan yang umum.

Latihan ini mencakup uji penilaian yang meminta Anda untuk:

  • mengevaluasi logika dari berbagai pernyataan yang berbeda
  • menerjemahkan data dari tabel statistik
  • mengenali aturan logika yang mengatur urutan

Agar Anda dapat mengenal jenis-jenis pertanyaan yang mungkin ditanyakan, bacalah instruksi di setiap contoh dan jawablah pertanyaan-pertanyaan secepat dan seakurat mungkin. Jangan lupa bahwa uji penilaian itu sendiri mempunyai batas waktu.

Pertanyaan latihan yang relevan terhadap uji penilaian yang akan Anda ikuti serta jawabannya tersedia di halaman ini. Beberapa saran dan tip juga diberikan untuk persiapan Anda menghadapi sesi uji penilaian.

Kuesioner Kepribadian

Kuesioner kepribadian (atau inventori) bertujuan untuk mengenali perilaku seseorang yang khas atau cara yang disukainya dalam melakukan sesuatu, misalnya cara mereka berhubungan dengan orang lain atau cara mereka menyelesaikan masalah. Keunggulan penggunaan kuesioner kepribadian adalah bahwa semua orang akan dihadapkan pada serangkaian pertanyaan yang disusun berdasarkan hasil riset, sehingga jawaban mereka dapat diinterpretasikan dengan cara yang konsisten dan obyektif.

Contoh Uji Penilaian Verbal SHL

Instruksi

Pertanyaan verbal dan numerikal yang berikut adalah pilihan ganda. Untuk tiap pertanyaan, Anda diberikan beberapa pilihan jawaban. Setelah Anda memilih jawaban, hitamkan lingkaran pada lembar jawaban yang disediakan sesuai dengan nomor soal yang Anda kerjakan.

Dalam set pertanyaan latihan ini, terdapat dua paragraf yang masing-masingnya diikuti oleh beberapa pernyataan. Tugas Anda adalah mengevaluasi pernyataan pernyataan itu berdasarkan pada informasi atau opini yang terdapat dalam paragraf dan memilih jawaban Anda sesuai dengan aturan di bawah ini.

  • Tandai lingkaran A jika pernyataannya betul-betul benar atau dapat diikuti secara logis, berdasarkan informasi atau opini yang terdapat dalam paragraf.
  • Tandai lingkaran B jika pernyataannya betul betul salah atau berlawanan secara logis, berdasarkan informasi atau opini yang terdapat dalam paragraf.
  • Tandai lingkaran C jika Anda tidak dapat menetapkan apakah pernyataannya benar atau salah atau dapat diikuti secara logis tanpa ada informasi lebih lanjut.
Contoh Soal Uji Penilaian Verbal SHL

Perbedaan nilai ekonomi yang besar antara pembangkit listrik bertenaga nuklir dan bertenaga bahan bakar fosil adalah bahwa reaktor nuklir lebih mahal untuk dibangun dan ditutup, tapi lebih murah untuk dijalankan. Sehingga, perselisihan mengenai efisiensi relatif dari kedua sistem ini berkisar bukan hanya pada masalah harga batu bara dan uranium saat ini dan di masa depan, tapi juga seputar bagaimana cara membandingkan penghasilan di masa depan dengan penghasilan saat ini.

  • Perbedaan utama antara pembangkit listrik tenaga nuklir dengan yang berbahan bakar fosil adalah perbedaan nilai ekonomi.
  • Harga batu bara tidak relevan dalam diskusi tentang efisiensi relatif dari reaktor nuklir.
  • Jika reaktor nuklir lebih murah saat dibangun dan ditutup dibanding dengan pembangkit listrik berbahan bakar fosil, maka reaktor nuklir jelas memiliki keunggulan ekonomi.

Setiap saat kita dibombardir oleh stimuli atau rangsangan baik secara fisik dan psikologis yang bersaing memperebutkan perhatian kita. Meskipun mata kita mampu menangani lebih dari 5 juta bit data per detik, otak kita hanya mampu menerjemahkan sekitar 500 bit per detik. Dengan kesenjangan yang sama antara masing-masing indera yang lain dengan otak, mudah dilihat bahwa kita harus memilih rangsangan visual, suara atau sentuhan yang ingin kita olah pada satu.

  • Rangsang fisik umumnya memenangkan persaingan memperebutkan perhatian kita.
  • Kapasitas otak manusia cukup untuk menerjemahkan hampir semua rangsang yang bisa diterima oleh indera kita dalam kondisi optimalnya.
  • Mata kita mampu mengolah masukan informasi yang lebih besar daripada telinga kita.

Uji Penilaian Numerikal / Tes Numerik SHL

Dalam set pertanyaan latihan ini, Anda harus menggunakan informasi dan angka yang disediakan di tabel statistik atau graÞk untuk menjawab pertanyaan di bawahnya. Dalam setiap pertanyaan, Anda mendapatkan lima pilihan untuk dipilih. Hanya ada satu pilihan yang benar di setiap soal.

Untuk uji numerikal ini Anda boleh menggunakan kalkulator. Anda juga bisa mencoba menjawab pertanyaan pertanyaan dengan atau tanpa kalkulator, terserah Anda. Sebagai tambahan anda akan diberi kertas buram untuk menghitung.

Contoh Soal Uji Penilaian Numerikan Tes Numerik SHL

1. Negara mana yang memiliki jumlah tertinggi orang berusia 60 atau lebih di awal tahun 1985?

A. Inggris              B. Perancis          C. Italia D. Jerman  E. Spanyol

2. Berapa persentase dari produksi total kancing 15mm yang digolongkan sebagai sub-standar di bulan September?

A. 23,5%               B. 25%   C. 27,5%               D.15%   E.17,5%

3. Berapa banyak kelahiran selamat yang terjadi pada tahun 1985 di Spanyol dan Italia bersama-sama (dalam ribuan yang terdekat)?

A. 104.000           B. 840.000            C. 1.044.000       D.8.400.000        E.10.440.000

4. Berapa efek bersih dari tingkat kelahiran selamat dan tingkat kematian terhadap populasi Inggris di tahun 1985?

A. Turun 66.700 B. Naik 84.900    C. Naik 85.270    D. Naik 752.780 E. Tidak dapat dikatakan

5. Seberapa banyak perbedaan jumlah penjualan total dari produksi kancing bulan November dengan Oktober?

A. $28.50 (Turun)             B. $142.50 (Turun)           C. $285.00 (Naik)             D. $427.50 (Turun)          E. Tidak ada perubahan

6. Berapakah kerugian dari potensi penghasilan penjualan yang disebabkan oleh produksi kancing sub-standar (dibandingkan dengan yang standar) dalam masa 6 bulan ini?

A. $213.75           B. $427.50            C. $2,137.50 D. $2,280.00 E. $4,275.00

Uji Penilaian Pemahaman Abstrak / Tes Abstract SHL

Setiap soal dalam uji penilaian ini terdiri dari satu seri diagram di sisi kiri, yang mengikuti suatu urutan logis. Anda diminta memilih diagram berikutnya dalam seri tersebut, dari lima pilihan di sisi kanan dan jawab dengan mengisi dengan penuh lingkaran yang tepat di kotak jawaban yang tersedia di bawahnya.

Panduan Waktu

Coba lihat berapa banyak soal yang dapat Anda jawab dalam 5 menit, namun ingat bahwa Anda harus bekerja cepat dan juga akurat.

Contoh Soal Uji Penilaian Pemahaman Abstrak

Kuisioner dan Uji Kepribadian SHL

Anda diberikan satu blok soal yang terdiri dari empat pernyataan, yaitu A, B, C dan D. Tugas Anda adalah memilih pernyataan yang menurut Anda adalah paling benar atau ciri khas perilaku Anda bekerja sehari-hari, sebelum memilih yang paling kurang benar atau bukan ciri khas Anda. Tunjukkan pilihan Anda dengan mengisi lingkaran yang tepat di kolom bertanda Paling Benar dan kolom bertanda Paling Tidak Benar.

Blok soal pertama telah diisi sebagai contoh. Orang tersebut telah memilih ‘Suka mengorganisir orang’ sebagai yang paling benar atau chiri khasnya dan ‘Mencari variasi’ sebagai yang paling tidak benar atau bukan chiri khasnya. Sekarang, cobalah mengisi sendiri pertanyaan 2, 3 dan 4.

Kuisioner dan Uji Kepribadian SHL

Penjelasan lebih lanjut mengenai daftar pertanyaan kepribadian:

Pertanyaan-pertanyaannya berfokus pada bagaimana ciri khas perilaku Anda di tempat kerja. Berpikir mengenai situasi kerja yang biasanya Anda alami dapat membantu Anda menjawab kuesioner ini. Jika Anda tidak mempunyai pengalaman kerja resmi, pikirkan bagaimana Anda akan bertingkah laku dalam situasi yang mirip, seperti kerja suka rela atau di perguruan tinggi.

Meskipun tidak ada batasan waktu, Anda harus bekerja dengan cepat dan tidak berlama-lama memikirkan satu pertanyaan. Ini membantu Anda memberikan jawaban yang paling alami, yaitu yang paling mencerminkan siapa Anda.

Orang yang mencoba menerka apa yang diinginkan biasanya salah, dan dapat menggambarkan kesan pribadi yang tidak cocok dengan informasi lainnya. Dalam kuesioner kepribadian biasanya terdapat pertanyaan yang bertujuan untuk memeriksa apakah seseorang sudah memberikan jawaban dengan jujur dan konsisten, jadi usahakan seakurat mungkin saat menjawab pertanyaannya.

Kami mungkin ingin membahas hasil penilaian ini dengan Anda. Jika Anda ditawarkan peluang ini, pakailah untuk mengetahui sebanyak mungkin mengenai diri Anda. Ini mungkin membantu dalam memahami diri Anda sendiri, serta kekuatan dan kelemahan diri dengan lebih baik.

Daftar pertanyaan ini adalah tentang gaya kepribadian Anda, yaitu cara Anda menghadapi berbagai hal. Ini bukan tentang kemampuan anda, dan tidak ada jawaban benar atau salah. Jawab saja apa adanya, sesuai dengan diri Anda sendiri.

Jangan kuatir jika ada beberapa pertanyaan yang tampaknya tidak relevan. Kami akan memfokuskan pada bidang-bidang yang paling relevan dengan situasi Anda.

Persiapan dan Tip Agar Lulus Ujian SHL

Anda akan menemukan jawaban yang benar dari ketiga uji penilaian di bawah ini. Jangan berkecil hati jika merasa pertanyaannya sukar: ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja anda.

Tip Lulus Uji Penilaian Verbal SHL:

Membaca koran, laporan, jurnal bisnis. Lakukan latihan menyelesaikan masalah verbal, misalnya teka-teki silang.

Tip Lulus Uji Penilaian Numerikal SHL:

Bacalah laporan keuangan di koran-koran. Pelajari tabel data atau latihlah kemampuan berhitung mental Anda.

Tip Lulus Uji Penilaian Pemahaman Abstrak SHL:

Jawab teka-teki yang berupa diagram di koran dan majalah, atau mainkan permainan yang melibatkan urutan atau strategi, seperti catur, dam.

Cara Pengerjaan

Biasanya Anda akan mengisi uji penilaian ini dengan menggunakan komputer, Walaupun demikian Anda tidak perlu menguasai bagaimanai cara memakai komputer. Semua yang harus anda lakukan akan diterangkan kepada anda pada sesi pengantar dan anda akan diberikan kesempatan berlatih dengan memakai komputer dan mengajukan pertanyaan sebelum anda mulai.

Dan terakhir, bersiaplah untuk sesi uji penilaian

  • Tidur malam yang cukup sebelum hari uji penilaian
  • Berikan banyak waktu pada diri Anda menuju ke lokasi sesi uji penilaian
  • Jika Anda mengenakan kacamata atau alat bantu dengar, pastikan Anda membawanya

Pada saat sesi

  • Dengarkan instruksinya dengan seksama
  • Jangan takut mengajukan pertanyaan
  • Baca setiap pertanyaan dengan seksama sebelum menjawab
  • Bekerjalah dengan cepat dan akurat – sebagian besar uji penilaian akan dibatasi waktu

Mohon diingat – hasil sebagian besar uji penilaian didasari pada kombinasi data dari berbagai sumber yang berbeda. Meskipun Anda tidak merasa yakin dengan kinerja Anda dalam uji penilaian, Anda mungkin memiliki kekuatan lain yang juga akan dipertimbangkan. Perusahaan seringkali menawarkan kesempatan untuk mendapatkan tanggapan mengenai kinerja ujian. Ini dapat membantu Anda memahami kemampuan relatif Anda sendiri, dan dapat membantu anda dalam perencanaan karir Anda.

Baca artikel kami sebelumnya yaitu:

Tinggalkan Balasan