Banyak orang yang tertarik untuk meminjam sejumlah dana melalui pinjaman online karena beberapa alasan. Salah satu alasannya adalah tidak ribet, syarat pinjaman online tidak banyak dan cepat cair.

Namun memang kelemahan pinjaman online adalah faktor bunga yang cenderung lebih tinggi daripada pinjaman bank. Bagi Anda yang tertarik untuk mengajukan pinjaman online dan ingin segera di ACC pinjaman Anda tersebut, ada beberapa persyaratan pengajuan yang Anda harus ketahui.

Apa sajakah syarat pinjaman online cepat cair yang perlu Anda siapkan? Disini kami akan berikan ulasan selengkapnya untuk Anda!

Syarat Pinjaman Online Cepat Cair

Merupakan WNI, dibuktikan dengan KTP atau SIM

Merupakan WNI, dibuktikan dengan KTP atau SIM

Bagi Anda yang akan meminjam uang secara online, syarat pinjaman online cepat cair yang pertama kali perlu Anda perhatikan adalah merupakan seorang warga negara Indonesia. Jadi Anda harus terdaftar sebagai warga negara Indonesia dimana hal tersebut dibuktikan dengan kartu tanda penduduk atau KTP dan SIM Anda.

Ya, Anda harus tahu bahwa sebagian besar pemberi pinjaman malas menerima mereka yang statusnya adalah warga negara asing. Bukan tanpa sebab, salah satu alasannya adalah karena warga negara asing berpotensi tidak melakukan pengembalian dan jika terjadi sengketa tentu akan berurusan dengan negara lain dimana hal tersebut sangat berbelit.

Karena itu salah satu syarat pinjaman online diberikan adalah membuktikan diri sebagai warga negara Indonesia dengan KTP atau SIM.

Video Kata Motivasi Hidup Sukses

Usia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun

Walau pinjaman online mendapat pengakuan sebagai pinjaman yang peraturannya longgar dibandingkan dengan bank konvensional, akan tetapi syarat usia tetap menjadi patokan. Apapun itu lembaga pemberi pinjaman, baik bank atau non bank termasuk pinjaman online memberikan syarat ini.

Karena mereka tidak mau ambil resiko kesulitan menarik dana yang harus dikembalikan beserta bunganya. Sementara usia seseorang sudah lulus sekolah dan mulai bekerja kebanyakan berada di usia 20 tahun. Karena itu syarat minimal usia adalah 21 tahun.

Sementara usia diatas 60 tahun dianggap sudah tidak lagi produktif. Mereka yang berusia 60 tahun ke atas kebanyakan sudah tidak bekerja, dan bagi yang merupakan PNS juga hanya mengandalkan gaji pensiun saja. Untuk itu persyaratan ini diberikan dengan pengecualian tertentu sesuai ketentuan pihak pemberi pinjaman.

Memiliki rekening bank sesuai KTP

Merupakan WNI, dibuktikan dengan KTP atau SIM

Rekening bank juga menjadi salah satu syarat pengajuan pinjaman online wajib dipenuhi. Jika Anda memilih perusahaan kredit online karena merasa ingin menghindari transaksi pada bank konvensional, maka Anda sudah salah langkah.

Hal tersebut karena semua transaksi yang nantinya akan terjadi menggunakan bank konvensional. Anda perlu tahu bahwa perusahaan pemberi pinjaman online tidak akan menerima pengajuan dari nomor rekening dengan nama pemegang yang berbeda dengan KTP yang diajukan.

Karena itu jika Anda masih belum punya rekening bank dengan nama Anda sendiri dan berniat meminjam online, daripada ribet lebih baik Anda buat dulu rekening bank dengan nama Anda sendiri baru Anda mengajukan pinjaman online setelahnya.

Pastikan pendapatan setara dengan UMR

Setiap pemberi pinjaman tentu tak ingin memberikan fasilitas kredit kepada orang yang salah, terlebih kepada orang yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Pemberi pinjaman menghindari resiko uang tidak terbayar secara maksimal beserta bunganya.

Karena itu mereka mensyaratkan gaji minimal sesuai dengan UMR. Ada juga yang memberi syarat gaji minimal 3 juta rupiah. Sesuai dengan ketentuan masing – masing pemberi pinjaman saja untuk syarat gaji.

Jika pendapatan calon peminjam didapati masih dibawah UMR, biasanya perusahaan pinjaman online secara otomatis akan langsung menolak pengajuan yang diberikan.

Memberikan slip gaji terakhir

Merupakan WNI, dibuktikan dengan KTP atau SIM

Tak semua perusahaan pinjaman online memberikan syarat dokumen yang satu ini. Akan tetapi tak ada salahnya jika Anda berusaha sebisa mungkin menyiapkan semuanya sedari awal sebelum mengajukan pinjaman.

Jika suatu bank konvensional biasanya meminta slip gaji selama kurun waktu 3 bulan terakhir, untuk pinjaman online kebanyakan memberi syarat slip gaji 1 bulan terakhir saja yang perlu ditunjukkan. Hal ini dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh lembaga pinjaman online tersebut untuk menentukan jumlah atau besaran kredit yang akan diberikan.

Juga dijadikan sebagai patokan untuk menghitung potensi kemampuan calon peminjam untuk melakukan pelunasan terhadap hutangnya.

Memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

Syarat pinjaman online di ACC yang lainnya adalah memiliki NPWP. Tentu sebagai warga negara yang baik, NPWP perlu diajukan. Keberadaan NPWP ini juga dapat dijadikan sebagai sumber utama bagi perusahaan pinjaman online untuk mengetahui berapa pendapatan Anda setiap bulannya. Dengan begitu mereka bisa dengan mudah menentukan apakah Anda layak untuk mendapatkan kredit atau tidak.

Itulah beberapa syarat pinjaman online cepat cair yang Anda harus tahu. Pastikan Anda siapkan semaa syarat tersebut sebelum mengajukan pinjaman. Semoga ulasan yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat.