Berbagai bidang usaha berdiri semakin banyak di Indonesia. Mulai dari bidang usaha di bidang dagang sampai dengan usaha di bidang jasa semuanya dapat kita temukan dengan mudah. Namun sebelum kita membahas tentang apa saja bidang usaha yang berdiri dan memberi warna pada dunia bisnis di Indonesia, kita akan berkenalan dulu dengan usaha kecil menengah adalah yang seperti apa sih sebenarnya?

Mengenai penjelasannya tentang usaha kecil menengah yang seperti apa dan ragam usaha kecil menengah itu apa saja, disini kami akan berikan ulasan informasinya untuk Anda. Lets check these out!

Usaha Kecil Menengah Adalah

Usaha kecil menengah adalah usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha dan telah memenuhi kriteria untuk dikatakan sebagai usaha mikro dengan penghasilan bersih paling banyak tidak lebih dari 200 juta rupiah per tahun.

usaha kecil menengah adalah

Aturan tentang usaha kecil menengah sendiri dapat kita temukan pada pasal Undang – Undang nomor 20 tahun 2008. Termaktub didalamnya bahwa usaha kecil menengah adalah sebuah usaha yang memenuhi kriteria untuk dikatakan sebagai usaha mikro, kecil atau menengah.

Suatu usaha yang berdiri dapat dikatakan sebagai usaha kecil menengah jika usaha tersebut memiliki beberapa ciri berikut ini :

  • Jenis komoditi atau barang yang ada pada usahanya tidak tetap atau dapat berganti sewaktu – waktu
  • Tempat menjalankan usahanya dapat berpindah sewaktu – waktu.
  • Kegiatan usaha yang dijalankan masih belum menerapkan sistem administrasi. Bahkan keuangan pribadi dan keuangan usaha masih menjadi satu
  • Memiliki sumber daya manusia yang belum memiliki jiwa wirausaha mumpuni
  • Biasanya memiliki tingkat pendidikan sumber daya manusia yang masih rendah
  • Pelaku UMKM biasanya masih belum memiliki akses perbankan, akan tetapi sebagian sudah memiliki akses ke lembaga keuangan non bank
  • Secara umum UMKM belum memiliki surat izin usaha atau belum memiliki legalitas hukum termasuk NPWP banyak yang belum memilikinya.

Ragam Usaha Kecil Menengah yang Perlu Dicoba

Usaha kuliner

Usaha kuliner

Usaha kuliner memang menjadi salah satu peluang dan ide bisnis terbaik yang tak akan pernah ada matinya. Hal ini karena makanan merupakan kebutuhan semua orang.

Video Kata Motivasi Hidup Sukses

Ragam usaha kuliner yang dapat dikembangkan pun sangat banyak dan beragam. Untuk memulai usaha kuliner sendiri tidak terlalu butuh modal yang besar. Dengan modal awal yang kecil atau minim pun Anda bisa memulai usaha yang satu ini.
Untuk mendapatkan kesuksesan dalam bisnis kuliner, kuncinya yang Anda harus perhatikan adalah terdapat pada kualitas rasa makanan, tingkat pelayanan dan juga strategi pemasaran yang Anda terapkan seperti apa.

Ada banyak ide peluang bisnis kuliner yang Anda bisa jalankan mulai dari ide bisnis kuliner menjual berbagai macam makanan berat sampai dengan makanan ringan. Jika Anda punya kreativitas, menjual makanan kekinian dengan aneka kreasi pun bisa Anda coba.

Misalkan Anda menjual pisang goreng dengan taburan green tea, keju atau cokelat. Hal ini bisa menjadi kreativitas tanpa batas untuk usaha Anda. Sekarang masih sangat jarang orang menjual pisang goreng dengan taburan green tea, keju atau cokelat.

Selain minim pesaing, menjual makanan kekinian juga berdampak untuk memberikan peningkatan harga jual bagi Anda. Semisal jika biasanya pisang goreng dijual dengan harga seribu rupiah per biji, sekarang dengan kreasi pisang goreng bertabur green tea, keju atau cokelat maka Anda bisa menjual pisang goreng dengan harga 15 ribu rupiah per paket. Tentu hal itu akan sangat menguntungkan bagi Anda.

Lantas, memulai usaha kuliner bisakah di era new normal seperti sekarang ini? Tentu saja bisa! Informasinya, Baca : =Usaha Kuliner New Normal, Ini Cara Merintisnya!

Usaha di bidang kecantikan

Kategori usaha di bidang kecantikan ada banyak. Untuk usaha klinik kecantikan, Anda butuh modal besar untuk memulainya. Akan tetapi jika yang Anda ingin jalankan adalah usaha di bidang menjual produk make up dan bukan bekerjasama dengan maklon, maka untuk memulainya tidak butuh modal yang terlalu besar.

Untuk menjalankan usaha di bidang kecantikan, Anda bisa menjalankan usaha dengan menjual produk kecantikan atau menjual layanan jasa kecantikan. Pilih saja mana yang sesuai dengan kemampuan Anda dan budget modal Anda tentunya.

Namun Anda harus tahu bahwa dalam usaha kecantikan, bisnis kecantikan menjual produk kecantikan butuh budget modal yang lebih kecil dibandingkan menyediakan layanan jasa kecantikan. Butuh modal sampai puluhan juta rupiah untuk menyediakan layanan jasa kecantikan. Jadi pertimbangkan hal tersebut sebelum memulai usaha Anda.

Jika Anda merasa lebih cocok menjual produk kecantikan, pastikan Anda menjual produk kecantikan yang banyak dicari. Baca : Produk Kecantikan yang Paling Banyak Diburu, Cocok Jadi Tren Bisnis 2020

Usaha produk herbal

Usaha produk herbal

Selanjutnya, usaha kecil menengah adalah usaha produk herbal yang juga bisa Anda mulai sedari sekarang. Pasar produk herbal sangat baik untuk memulai usaha Anda. Banyak orang yang dewasa ini mulai sadar tentang penggunaan produk herbal karena itu usaha jual produk herbal termasuk salah satu usaha yang menguntungkan.

Omsetnya bisa besar kalau Anda tahu strategi marketingnya seperti apa dan produk apa yang Anda tawarkan kepada target market Anda. Pastikan produk herbal yang Anda tawarkan benar – benar sesuai dengan target market Anda.

Untuk mulai menjalankan usaha ini, Baca : Tips Jual Produk Herbal Agar Laku Keras yang Wajib Dipahami Pemula

Usaha Tour & Travel

Usaha yang satu ini termasuk salah satu jenis usaha yang sangat potensial utamanya di daerah pariwisata. Untuk memulai usaha yang satu ini, Anda dapat menawarkan paket tur dengan ekstra fasilitas yang memudahkan setiap wisatawan dalam menjalankan kegiatan wisata.

Ada banyak jenis usaha tour and travel yang Anda bisa jalankan. Untuk Anda yang memiliki akomodasi mobil di rumah, Anda bisa menyewakannya. Kemudian jika kebetulan Anda memiliki guest house, cottage, villa dan sebagainya, Anda pun dapat menyewakannya.

Bisnis menjual aneka ragam oleh – oleh sesuai tempat atau kota juga cocok dilakukan. Utamanya jika lokasi rumah atau tempat dagang Anda dekat dengan tempat wisata maka bisa dipastikan bahwa bisnis menjual berbagai macam produk makanan atau oleh – oleh akan menjadi sebuah bisnis yang menggiurkan untuk Anda jalankan.

Usaha menjual beragam produk kreatif

Usaha menjual beragam produk kreatif

Jika Anda memiliki keterampilan untuk menciptakan sebuah karya seni, maka usaha menjual beragam produk kreatif bisa Anda jalankan. Ada banyak produk yang berkaitan dengan usaha kreatif yang dapat Anda jual mulai dari produk fashion, produk aksesoris, produk ornament dan masih banyak lagi lainnya.

Usaha menjual produk diet

Siapa sih yang tidak ingin punya tubuh yang cantik dan langsing? Hampir sebagian besar orang khususnya pria dan wanita sangat ingin memiliki tubuh yang cantik dan langsing. Untuk mendapatkan semua yang diinginkan tersebut, mereka tidak hanya rela menghabiskan waktu untuk olahraga membentuk badan.

Banyak diantara mereka yang juga mengonsumsi produk diet. Nah, peluang usaha ini bisa Anda manfaatkan namun ingat pastikan Anda berusaha untuk jual produk diet yang aman untuk kesehatan jangka panjang konsumen Anda.

Selengkapnya tentang usaha produk diet, Baca : Peluang Usaha 2020 Menjual Produk Diet, Bagaimana Prospeknya?

Usaha fashion kekinian

Usaha fashion kekinian

Bisnis yang satu ini juga berpotensi tinggi untuk menghasilkan profit yang sangat besar. Utamanya pada moment – moment tertentu seperti di hari raya. Tren mode yang terus menerus berganti seiring dengan perubahan zaman menjadikan bisnis yang satu ini tidak pernah jalan di tempat.

Anda pun dapat mengembangkan usaha fashion Anda dengan beragam cara. Menjual secara online bisa Anda lakukan. Anda bisa menjual brand orang lain atau mengcreate brand Anda sendiri untuk dipasarkan.

Untuk memaksimalkan usaha fashion Anda, pastikan Anda tidak lupa untuk melakukan pemasaran online. Anda bisa memanfaatkan sosial media Anda untuk memasarkan produk fashion tersebut. Jika memang ada budget, Anda pun bisa memanfaatkan teknik iklan untuk promosi produk Anda agar produk Anda semakin dikenal bahkan sampai ke penjuru negeri.

Jika Anda tertarik memulai ide bisnis fashion namun masih belum punya banyak referensi bisnis apa yang cocok untuk Anda, Baca : Ide Bisnis Fashion Online Wanita yang Cocok Dikembangkan 2020 Ini, Recommended Banget!

Usaha di bidang jasa

Menjalankan usaha di bidang jasa tak butuh modal yang terlalu besar karena dalam kegiatan operasionalnya, Anda hanya perlu melakukan apa yang Anda harus lakukan. Kemudian orang yang menggunakan jasa Anda akan membayar jasa yang telah Anda berikan kepada mereka.

Menjalankan usaha di bidang jasa utamanya jika Anda punya modal kecil juga sangat menguntungkan. Selain faktor modal yang tidak terlalu besar Anda perlukan, usaha di bidang jasa juga memberikan beberapa keuntungan berikut ini :

Kemungkinan rugi sangat kecil

Karena yang dijual adalah jasa, maka tentu yang dibutuhkan hanya keterampilan atau keahlian Anda saja. Untuk itu, kemungkinan mengalami kerugian akan sangat kecil.

Jika pun ada rugi, biasanya usaha jasa hanya mengalami kerugian waktu saja. Sebagai contoh ketika kita memberikan suatu layanan jasa catering, kemudian orang yang memesan catering di tempat Anda tidak jadi memesan.

Anda akan rugi waktu karena sudah membuat produk catering sesuai pesanan orang tersebut, namun Anda sudah mendapatkan downpayment di awal yang Anda gunakan untuk berbelanja. Nah, downpayment tersebut tidak perlu Anda kembalikan kepada pemesan dan barang yang tidak jadi diambil bisa Anda jual kembali. Jadi untuk usaha jasa tidak akan banyak kerugian materi yang Anda dapatkan.

Tidak perlu melakukan stok barang

Keuntungan Anda yang menjalankan usaha di bidang jasa selanjutnya adalah Anda tidak perlu stok barang. Hal tersebut karena memang sudah jelas bahwa yang Anda tawarkan adalah jasa yang Anda punya bukan barang untuk dijual.

Sebagian besar penghasilan yang didapat adalah keuntungan

Dengan Anda menjalankan usaha di bidang jasa, maka sebagian besar yang akan Anda dapatkan adalah keuntungan. Hal tersebut karena tidak adanya biaya produksi untuk pengadaan barang yang akan Anda dapatkan sehingga bisa dipastikan sebagian besar penghasilan Anda memang merupakan pendapatan.

Kecuali untuk beberapa jenis usaha misalnya tukang cukur, salon kecantikan, maka Anda harus butuh mengeluarkan sejumlah dana untuk alat – alatnya. Namun itu pun modal untuk pengadaan alat – alatnya yang Anda butuhkan tidak sebanding dengan harga jasa yang Anda terima.

Tidak ada pengendapan modal

Dalam pelaksanaan usaha jasa, karena yang kita jual adalah layanan bukan berupa barang, maka tidak perlu adanya pengadaan barang. Tanpa perlu adanya pengadaan barang, hal tersebut menjadikan aktivitas untuk membeli barang yang menimbulkan pengendapan modal tidak akan terjadi.

Dapat dijadikan sebagai usaha sampingan

Untuk bidang usaha jasa tertentu seperti halnya menjadi guru les, dan sejenisnya dapat menjadi usaha sampingan yang dikerjakan di sela – sela kesibukan menjalankan usaha utama. Jadi untuk Anda yang sudah memiliki pekerjaan tetap dan ingin menambah pekerjaan sampingan, menyediakan jasa sesuai keahlian Anda bisa dicoba.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menjalankan usaha jasa. Untuk mengembangkan usaha jasa Anda, Baca : Teknik yang Bisa Dilakukan Untuk Mengembangkan Usaha di Bidang Jasa

Apapun jenis usaha kecil menengah yang Anda jalankan, harus dipastikan bahwa Anda menjalankan usaha Anda secara maksimal dan jika memang memungkinkan Anda perlu memperluas pangsa pasar Anda di pasar digital.

usaha kecil menengah go online

Mengapa terjun ke pasar digital menjadi hal yang sangat penting bagi usaha kecil menengah? Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa usaha kecil menengah adalah penting untuk segera go digital atau memanfaatkan secara penuh pasar digital diantaranya karena :

Agar tidak kalah dalam persaingan

Pesaing Anda sudah banyak yang memanfaatkan pasar digital untuk memaksimalkan potensi penjualan. Nah, Anda jangan sampai kalah saing. Anda bisa memaksimalkan penggunaan sosial media untuk mempromosikan produk Anda karena hal tersebut sangat penting untuk membantu menunjang elektabilitas usaha Anda dan meningkatkan closing produk.

Untuk menjangkau pasar yang lebih luas

Keterbatasan sistem distribusi dan juga sistem pemasaran sejak dulu memang menjadi kendala utama bagi suatu bisnis. Akan tetapi kini hal tersebut sudah bisa diminimalisir dengan adanya kehadiran sosial media serta website yang memiliki jangkauan pemasaran menembus batasan marketing secara tradisional.

Dengan sosial media dan website, pasar yang bisa dijangkau tidak hanya dalam lingkup satu daerah saja melainkan berada di lingkup negara. Bahkan Anda berpotensi memasarkan produk Anda sampai ke luar negeri sekalipun.

Meminimalisir potensi kehilangan market

Apa yang dimaksud dengan kehilangan market adalah kecenderungan pengguna digital untuk merasa nyaman dengan ekosistem digital. Kini berbagai macam aspek dilakukan secara online. Mulai dari berbagai macam aktivitas pesan makanan dilakukan secara online, belanja kebutuhan dilakukan secara online, memesan transaksi dilakukan online bahkan kegiatan pembayaran tagihan juga dilakukan secara online.

Karena itu bisnis Anda harus mulai menyesuaikan dengan semua kebiasaan tersebut. Jika bisnis Anda tidak menyesuaikan dengan kebiasaan tersebut, maka Anda harus bersiap – siap untuk kehilangan potensi pendapatan Anda dari konsumen yang semakin ingin dimanjakan dengan kemudahan akses online.

Sistem online menjadikan biaya operasional lebih rendah

Salah satu manfaat bisnis offline yang go online adalah menekan biaya operasional yang harus dikeluarkan. Jadi bagi pelaku bisnis utamanya yang baru saja merintis bisnisnya, mereka tidak perlu sewa kios, melakukan workshop atau melakukan pemasaran offline yang memberatkan.

Memanfaatkan media online semuanya bisa dilakukan dan sangat menguntungkan. Dengan melakukan pemasaran offline menjadikan para penggiat UMKM lebih dapat menghemat modal karena tidak harus memiliki toko fisik supaya produknya dapat dikenal.

Budget pemasaran dapat diatur sesuai kebutuhan

Siapa bilang bahwa pemasaran digital harus mengeluarkan banyak uang? Pada prinsipnya, budget pemasaran digital justru jauh lebih transparan dan jauh lebih akuntabel jika dibandingkan dengan metode pemasaran offline yang memerlukan waktu serta tenaga yang ekstra.

Memiliki pertumbuhan bisnis yang jauh lebih cepat dari bisnis offline

Karena jangkauan pangsa pasar yang lebih luas, hal tersebut menjadikan pertumbuhan bisnis online juga jauh lebih cepat. Ketika platform digital Anda manfaatkan secara maksimal, bisa dipastikan bahwa jumlah orang yang melihat produk Anda akan jauh lebih banyak dan jauh lebih beragam. Dengan demikian potensi penjualan Anda akan jauh lebih besar.

Itulah ulasan usaha kecil menengah adalah beserta jenis – jenis usaha kecil menengah yang berpotensi dikembangkan di Indonesia. Anda yang ingin memulai suatu usaha bisa memulainya sedari sekarang. Salam wirausaha!