Ingin membuat usaha jajanan rumahan modal kecil sebagai bisnis sampingan Anda?

Di tengah wabah virus corona yang menghadang dan berbanding lurus dengan perekonomian Indonesia yang amburadul, memang kita harus akui banyak lapangan pekerjaan yang hilang. Imbasnya banyak warga yang harus melatih otak berpikir keras untuk membuat usaha sendiri dengan modal seadanya akibat PHK yang merajalela.

Jika Anda juga termasuk orang yang kehilangan pekerjaan dan harus mulai survive membuat usaha sampingan di rumah, di sini kami akan ulas beberapa ide usaha rumahan modal kecil yang bisa Anda coba. Let’s check these out!

Ide Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil

Kue cubit aneka varian rasa

Kue cubit aneka varian rasa

Kue cubit sebenarnya merupakan makanan tradisional yang kini kembali populer. Kue cubit kini tidak hanya di jual di pinggir jalan saja melainkan juga sudah banyak dijual di café – café atau restoran. Cita rasa yang dihadirkan pun sangat beragam dan ditambahkan aneka ragam topping di atasnya semakin menambah cita rasa lezatnya.

Aneka varian topping yang dihadirkan juga sekaligus menambah daya jual dan harganya. Dengan aneka varian topping yang dihadirkan menjadikan kue cubit tidak hanya bisa dijual dengan harga 1000 rupiah per biji, melainkan bisa dijual sampai 5 hingga 10 ribu rupiah per porsi dimana satu porsi yang terdiri dari aneka varian rasa biasanya terdiri dari 3 sampai 4 buah kue cubit.

Stick brownies beku

Selanjutnya, ide usaha jajanan rumahan modal kecil yang Anda bisa coba adalah bisnis menjual stick brownies beku. Yaps, brownies nyatanya tidak hanya lezat di santap pada suhu ruang, melainkan juga sangat lezat untuk di santap dalam kondisi beku.

Video Kata Motivasi Hidup Sukses

Stick brownies beku bahkan menjadi salah satu jajanan yang awet dan bahkan dapat bertahan sampai dengan 3 bulan di lemari pendingin. Uniknya, walau dalam kondisi beku, kue ini tetap lembut dan kenyal ketika di santap.

Banana nugget

Banana nugget

Popularitas pisang goreng konvensional semakin tergeser dengan keberadaan banana nugget yang hadir dengan aneka varian topping di atasnya. Bisnis kuliner kekinian yang satu ini memang semakin melejit dan potensi keuntungan yang bisa didapatkan pun sangat besar. Terlebih jika Anda bisa memarketingkan bisnis banana nugget Anda dengan baik maka keuntungan yang maksimal berpotensi Anda dapatkan.

Sesuai dengan namanya, banana nugget merupakan kuliner yang dibuat dengan bahan dasar utama adalah pisang yang telah dihancurkan dan kemudian di tambahkan tepung di atasnya. Kenampakannya sendiri hampir sama dengan nugget umumnya namun jajanan ini dibalut dengan tepung roti dan digoreng.

Setelah dibalut tepung roti dan digoreng, kemudian di atasnya diberi aneka ragam topping menarik seperti halnya cokelat, messes, keju sampai dengan selai. Jika nugget umumnya memiliki cita rasa gurih, nugget yang satu ini memiliki cita rasa manis dan gurih ketika di santap. So yummy!

Donat indomie

Kuliner yang satu ini memang belakangan semakin viral saja. Nah, usaha kuliner viral ini bisa jadi salah satu ide usaha jajanan rumahan modal kecil yang Anda coba. Bahannya mudah ditemukan dan cara membuatnya mudah tentu menjadikan proyeksi keuntungan Anda akan berlipat ganda.

Sempol ayam

Sempol ayam

Jika Anda pecinta ayam dan ingin menikmati jajanan berbahan dasar ayam maka sempol ayam akan menjadi jajanan favorit Anda. Jajanan ini juga digemari oleh anak kecil sampai orang tua. Cita rasa yang gurih ditambah tekstur yang sedikit legit membuat pembeli akan merasa ketagihan mengonsumsinya.

Selain itu cara pembuatan sempol ayam juga sangat mudah. Penyajiannya dilakukan menggunakan tusukan dari bambu sehingga menjadikan kuliner yang satu ini sangat mudah untuk dinikmati. Biasanya sempol ayam di santap bersama saus pedas, so yummy!

Tahu crispy

Tahu merupakan bahan makanan asli Indonesia yang dibuat dari fermentasi kedelai. Selain dapat dijadikan lauk, tahu juga dapat diolah menjadi jajanan khas Indonesia berupa tahu crispy. Cita rasa kriuk yang yummy akan membuat siapa saja ketagihan setelah mencobanya.

Takoyaki

Takoyaki

Kuliner yang populer di Jepang ini juga bisa Anda buat sendiri lho! Selain itu Anda juga dapat menghadirkannya untuk di jual karena banyak pecinta kuliner Jepang di Indonesia menyukainya. Jadi tak perlu ragu untuk memulai usaha jajanan rumahan modal kecil yang satu ini.

Makaroni bantet

Selain ide usaha jajanan rumahan modal kecil di atas yang cocok dilakukan oleh Anda yang bisa mengolah masakan, Anda yang tidak pandai mengolah masakan juga bisa berbisnis kuliner. Salah satunya Anda bisa menjalankan usaha makanan ringan menjual makaroni bantet.

Anda bisa beli makaroni bantet di berbagai lapak untuk Anda jual kembali. Kini makaroni bantet hadir dalam berbagai varian rasa mulai dari cita rasa balado, sapi panggang sampai ekstra pedas yang sangat cocok disantap penggemar camilan pedas.

Keripik singkong aneka varian rasa

Keripik singkong aneka varian rasa

Masih tentang camilan, ide usaha makanan ringan yang satu ini juga sangat layak di coba. Banyak orang yang suka ngemil keripik singkong dan Anda bisa jual keripik singkong dengan berbagai varian rasa. Anda dapat menyediakan camilan keripik singkong original, keripik singkong balado, keripik singkong pedas, keripik singkong sapi panggang dan berbagai cita rasa lainnya.

Selain menjalankan usaha jajanan rumahan modal kecil yang bisa Anda lakukan, peluang usaha minuman kekinian juga bisa Anda coba. Baca : 11 Peluang Bisnis Minuman Modal Kecil Terbukti Laris Manis

Itulah berbagai ide usaha jajanan rumahan modal kecil yang Anda bisa coba. Tak perlu modal besar untuk membuat usaha di tengah pandemi seperti sekarang ini. Paling penting adalah Anda meningkatkan kreativitas Anda untuk menciptakan suatu jajanan unik dan tingkatkan promosi Anda.