Cara Kabur Dari Pinjaman Online (Solusi Paling Efektif)

Munculnya pinjaman online bisa menjadi angin segar bagi pelaku bisnis maupun individu yang sedang mengalami masalah keuangan. Pinjaman online dirasa memiliki syarat mudah dan cepat dibandingkan dengan pinjaman bank. Namun, pinjaman online memiliki konsekuensi besar yang harus dipikir dengan masak sebelum meminjang. Jika sedang terlilit pinjaman online sebaiknya menyimak ulasan mengenai cara kabur dari pinjaman online berikut.

Tips Jitu Keluar Dari Jeratan Pinjol, Pinjaman Online

Bagi anda yang sedang bingung dan terjerat dengan pinjaman online tentu saja membutuhkan solusi secepatnya. Kabur bukan menjadi solusi karena banyak sekali resiko kabur dari pinjaman online yang akan menimbulkan masalah baru yang lebih rumit. Tidak hanya itu, bunga dan denda juga akan terus berjalan jika anda tidak segera membayarnya. Sebaiknya anda simak cara jitu yaitu solusi tidak bisa bayar pinjaman online berikut agar bisa segera lepas dari pinjol.

Cara Kabur Dari Pinjaman Online
Cara Kabur Dari Pinjaman Online

1. Menunjukkan Itikad Baik

Pada saat anda mengajukan pinjaman, tentu saja dengan cara baik-baik agar pemberi pinjaman percaya dengan anda. Begitu juga jika anda sedang kesulitan, tidak ada salahnya untuk menunjukkan itikad baik pada pemberi pinjaman online. Anda berniat melunasi semua hutang dan tidak berniat kabur bisa menjadi itikad baik yang bisa anda utarakan pada pemberi pinjaman.

Anda tentu saja akan menerima konsekuensi atas permintaan tersebut. Namun, itikad yang baik menjadi cara kabur dari pinjaman online yang bisa anda lakukan lebih dulu. Kabur bukan berarti melarikan diri dan menghindari dari masalah hutang anda. Pemberi pinjaman nantinya akan memberi solusi yang bisa membantu anda. Namun, pastikan anda tidak mengingkari kesepakatan yang sudah di buat.

Komunikasi yang baik sangat diperlukan jika anda ingin segera keluar dari kesulitan tersebut. Mungkin anda bisa mendapatkan pilihan solusi yang membuat anda sedikit lega dalam melunasi hutang tersebut. Misalnya, anda meminta perpanjangan waktu pembayaran dengan meminta untuk menghentikan hitungan bunga dengan perjanjian anda melunasi secepatnya.

Baca artikel sebelumnya yaitu : Kumpulan Pengalaman Tidak Membayar Pinjaman Online, Sanksi+Solusi

2. Mengumpulkan Dana Untuk Membayar Hutang

Ketika anda sudah membuat kesepakatan dengan pemberi utang misalnya penundaan jatuh tempo pembayaran dan kelonggaran bunga, maka anda juga harus segera mengumpulkan dana untuk menbayar hutang tersebut. Anda bisa mulai mengumpulkan uang dengan menghemat dalam mengeluarkan biaya kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu anda bisa menabung untuk melunasi hutang.

Jika dengan berhemat anda masih belum bisa melunasinya, maka anda bisa bekerja sampingan setelah pekerjaan utama anda selesai. Saat ini banyak sekali kerja sampingan yang bisa menjadi salah satu cara kabur dari pinjaman online segera. Ada beberapa kerja sampingan yang tidak membutuhkan modal seperti berjualan online atau menjadi tenaga freelance. Sebaiknya anda memilih kerja sampingan sesuai dengan kemampuan atau hobi.

Pilihan lainnya adalah dengan menjual aset atau barang berharga untuk mendapatkan dana dengan cepat dan segera melunasi hutang. Namun, jika menjual aset masih belum cukup anda bisa mengunakan cara terakhir yaitu meminta bantuan dari kerabat atau keluarga. Meminjam dana dari kerabat tentu saja tidak ada bunga yang berjalan sehingga anda mempunyai waktu cukup panjang untuk mengantinya.

3. Memprioritaskan Hutang Yang Paling Besar

Apabila anda memiliki hutang lebih dari satu maka anda harus membuat daftar semua hutang anda. Anda bisa merinci pokok kredit, bunga, besar cicilan dan juga jangka waktu hingga hutang tersebut lunas. Dengan begitu anda bisa mengetahui pokok kredit yang paling banyak. Paling banyak jumlah pinjamannya bukan paling banyak jumlah cicilan perbulannya. Anda harus segera menyelesaikan pokok kredit terbesar terlebih dahulu.

Hal ini karena hutang yang lebih besar akan membuat keuangan anda semakin porak poranda jika tidak segera diselesaikan. Setelahnya anda bisa beranjak untuk melunasi hutang-hutang terbesar selanjutnya hingga hutang dengan pokok kredit paling kecil. Melunasi hutang dengan prioritas tertinggi lebih dahulu akan memudahkan anda untuk segera keluar dari jeratan pinjaman online yang mencekik.

4. Menceritakan Kepada Keluarga

Cara kabur dari pinjaman online selanjutnya adalah dengan berbagi masalah anda dengan keluarga. Dengan bercerita beban di pundak anda bisa sedikit terangkat daripada anda memikirkannya seorang diri. Tidak hanya itu, dengan berbagi anda juga bisa mendapat solusi bahkan bantuan dari keluarga anda. Dukungan yang diberikan akan membuat anda semakin semangat untuk segera melunasi hutang anda.

Kondisi psikologis juga harus anda perhatikan agar anda tidak sampai depresi dan stress sendiri. Untuk itu berbagi cerita dengan keluarga bisa menjadi salah satu anda menjaga kondisi psikologis anda. Dengan berterus terang untuk meminta solusi, hutang anda bisa sedikit demi sedikit terselesaikan dan beban yang anda tanggung bisa berkurang.

5. Hindari Menambah Hutang Baru

Pinjaman online memang menawarkan kemudahan meminjam, namun anda jangan sampai terlena dan tergoda untuk menambah hutang baru. Sebaiknya anda berhenti berhutang untuk menutupi hutang yang sebelumnya anda miliki. Akan lebih baik anda berusaha terlebih dahulu daripada menambah pinjaman online lagi. Hal ini sama saja anda sedang mengali lubang baru dan menutup lubang lama.

Kesulitan akan semakin anda rasakan jika mengajukan pinjaman baru. Sebaiknya anda mengikuti cara kabur dari pinjaman online berikut yakni menghindari hutang baru. Kondisi keuangan yang tidak stabil akan semakin hancur jika anda mengajukan pinjaman baru dan tidak bisa melunasinya. Apalagi pinjaman online memiliki banyak konsekuensi yang tentunya memberatkan anda.

6. Memanfaatkan Pinjaman Dengan Bunga Lunak

Untuk menutup hutang yang anda miliki anda bisa mengunakan cara dengan meminjam dana yang memiliki bunga lunak. Pinjaman bisa anda dapatkan dari bank atau koperasi dengan mendatanginya secara langsung. Anda harus membandingkan beberapa bank dan koperasi hingga menemukan pinjaman dengan bunga paling rendah. Kemudian anda juga harus menentukan tenor lebih dari satu tahun.

Baca juga : √ Review Aplikasi Pinjaman Cepat Cair Dan Mudah Online Tanpa Ribet

7. Memanfaat Pinjaman Tanpa Bunga

Mengajukan pinjaman tanpa bunga bisa menjadi salah satu cara untuk segera melunasi pinjaman online anda. Pinjaman tanpa bunga biasanya bisa anda dapatkan di tempat anda bekerja. Beberapa manajemen kantor memberi fasilitas pinjaman yang tidak ada bunga bagi semua karyawannya. Pihak manajemen juga bisa memberikan tenor lebih dari setahun dengan pembayaran potong gaji. Tentu hal ini akan memudahkan anda.

8. Mendekatkan Diri Dengan Yang Maha Kuasa

Masalah hutang adalah permasalahan serius yang bisa membuat anda tidak tenang bahkan aktivitas bisa terganggu. Anda bisa mengambil hikmah dari masalah yang anda alami untuk lebih memperhitungkan meminjam uang di masa mendatang. Segala kesulitan juga datangnya dari Tuhan begitu juga dengan jalan keluarnya. Cara kabur dari pinjaman online yang terakhir adalah berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan agar dimudahkan segara persoalan.

Pinjaman sekecil apapun tentunya harus diperhitungkan sesuai dengan kemampuan anda dalam membayar hutang nantinya. Sebaiknya anda menyisihkan sebagian uang untuk kebutuhan mendadak daripada mengajukan pinjaman secara online. Jadikan pinjaman online sebagai pilihan terakhir jika anda benar-benar sedang dalam kondisi terhimpit. Karena pinjaman online memiliki banyak sanksi tidak bayar pinjaman online dan resiko dibandingkan pinjaman pada umumnya.