pinjaman online cepat cair dan mudah

Kemajuan teknologi membuat segala kegiatan manusia terasa lebih mudah, salah satunya adalah munculnya  fasilitas pinjaman online yang tersedia pada smartphone anda.  Maraknya aplikasi pinjaman dana online, membuat popularitas fintech (financial technologi) semakin tinggi peminatnya. Dengan hadirnya pinjaman online, diharapkan mampu untuk membantu pihak yang membutuhkan dana mendeksak. Berikut pinjaman online cepat cair dan mudah bagi anda.

Bentuk Pinjaman Online Tanpa Jaminan

Sebenarnya, pinjaman online tanpa jaminan hampir sama dengan kredit tanpa agungan (KTA). KTA adalah sebuah produk untuk pinjamnan yang bisa diajukan oleh siapa saja tanpa harus menjamin aset yang ada miliki, seperti BPKB kendaraan, surat rumah, dan sebagainya. Perlu diketahui bahwa produk KTA memiliki syarat bagi calon peminjam untuk memiliki kartu kredit.

pinjaman online cepat cair dan mudah

Apabila anda memilih aplikasi pinjaman dana online, tentu saja anda tidak harus memiliki kartu kredit, karena beberapa aplikasi hanya memberikan syarat dengan bermodalkan KTP anda saja, kemudian anda sudah dapat meminjam dana. Aplikasi ini memang ditargetkan untuk pihak yang dinilai belum layak memiliki kredit bank atau ditargetkan untuk pihak yang tinggal di daerah pelosok, dimana notabene layanan perbankan masih minim.

Anda perlu mengingat bahwa layanan pinjaman online cepat cair dan mudah ini dibuat khusus bagi pihak yang belum layak kredit, sehingga jangan heran apabila bunga yang ditawarkan juga tinggi. Hal ini dapat terjadi lantaran bisnis untuk memberikan pinjaman dana memiliki resiko yang sangat tinggi. Apabila anda merasa bunga yang ditawarkan terlalu tinggi, anda dapat meminjam dana dari bank yang memiliki bunga lebih rendah.

Baca juga : √ Review Aplikasi Pinjaman Cepat Cair Dan Mudah Online Tanpa Ribet

Pinjaman Online Aman Untuk Anda

Anda tidak dapat menyamakan antara pinjaman online lewat aplikasi dengan pinjaman KTA yang ditawarkan di via sms. Dapat dikatakan bahwa produk pinjaman dana secara online ini aman digunakan, asalkan situs aplikasi dari produk pinjaman dana telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Apabila OJK saja tidak memberikan pengakuan pada platform pemberi pinjaman, maka anda harus lebih berhati hati dalam memilih jasa yang ditawarkan.

Sebagai calon peminjam dana, anda harus mencari terlebih dahulu mengenai platform yang akan digunakan. Sehingga anda tidak mudah terpedaya dengan tampilan situs yang menarik karena terlihat rapi dan profesional. Berdasarkan informasi dari Tirto, data satgas waspada investigasi menyebutkan bahwa dimulai dari Desember 2018 lalu, sudah terdapat sekitar 404 platform fintech yang ditemukan, dimana jumlah itu dapat bertambah seiring berjalannya waktu.

Baca juga : Kumpulan Pengalaman Tidak Membayar Pinjaman Online, Sanksi+Solusi

Jenis Pinjaman Online dengan jaminan KTP

Antara calon peminjam uang dan penyedia dana pada platform tidak selalu bertemu, sehingga platform perlu jaminan tentang  kebenaran dari calon peminjam.  Jaminan yang diperlukan oleh platform hanya berupa data diri anda yang ada pada KTP. Akan tetapi, tenor pinjaman dana dari produk ini tidak dapat bertahan lama, dimana paling lama sekitar dua hingga tiga bulan saja. Jika melewati tenggang waktu tersebut, anda akan mendapatkan resikonya. 

Selain jangka waktu pinjaman yang tidak memiliki lama, jumlah pinjaman dana yang diajukan juga tidak bisa terlalu besar. Dana maksimal pinjaman online cepat cair dan mudah yang dapat diajukan senilai Rp. 6 jutaan, sehingga bagi anda yang ingin meminjam dana hingga Rp. 15 juta, ada kemungkinan akan diminta memberikan slip gaji sebagai jaminannya. Ada baiknya jika ingin meminjam dana dengan jumlah tinggi, sebaiknya anda memilih bank agar lebih mudah.

Baca juga:

Jenis Pinjaman Online dengan Peer to Peer Lending

Pinjaman online satu ini nampaknya berfokus untuk membantu Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berada di sekitar wilayah yang sulit dijangkau oleh bank. Salah satu perusahaan P2P lending yang ada di Indonesia, nampaknya berhasil untuk menyalurkan dana sekitar Rp. 1 triliun di sepanjang tahun 2017 lalu. Sebenarnya, platform ini bertujuan untuk mempertemukan antara peminjam dana dan yang meminjamkan.

Sistem ini diterapkan agar peminjam dana akan mendapatkan dana lebih cepat, sedangkan yang meminjamkan dana akan bertindak seperti investor yang akan menikmati keuntungan berupa laba hasil investasi.  P2P lending memiliki bunga kurang dari 7 hingga 9 persen per tahunnya, sedangkan plafon yang diterim memiliki jumlah  maksimal hingga ratusan juta rupiah. P2P lending memang berfokus pada pengusaha, namun juga dapat dimanfaatkan untuk kperluan konsumtif.

Baca juga:

Beberapa Pinjaman Online Yang Telah Terdaftar Di OJK

Cara untuk mengetahui apakah aplikasi pinjaman online cepat cair dan mudah pilihan anda sudah terdapftar di OJK cukup mudah, yaitu dengan melihat adanya logo OJK di situs mereka. Bahkan menurut laporan dari OJK sendiri mengatakan bahwa tercatat per Februari 2019, terdapat 99 perusahaan fintech yang telah mendaftarkan diri pada lembaga tersebur. Namun, belum tentu semua fintech mempunyai produk pinjaman online dana langsung cair maupun P2P.

Oleh karena itu, pihak yang ingin melakukan pinjaman dana secara online hendaknya memastikan bahwa platform yang anda pilih telah menyediakan produk pinjaman dana langsung cair. Apabila anda sudah memantabkan diri untuk mengajukan pinjaman dana secara online, berikut platform yang bisa menjadi rekomendasi, yaitu Akseleran, Pasar Pinjam, Koinworks, dan Modalku.

Baca juga:

Platform P2P Lending  Bernama  Akseleran

Salah satu platform lending yang populer di Indonesia adalah Akeselran, dimana platform  ini telah menyalurkan total pinjaman sebesar Rp. 175 miliyar kepada sekitar 363 peminjam pada tahun 2018 lalu.  Untuk menggunakan platform ini, caranya cukup mudah. Anda cukup mendaftarkan diri pada situsnya langsung dengan menyertakan KTP, NPWP, dan nomer rekening bank. Setelah mendaftarkan diri, anda sudah dapat menggunakan layanan yang ada.

Hal yang perlu anda ketahui adalah platrom pinjaman online cepat cair dan mudah ini hanya mencairkan pinjaman usaha kepada mereka yang berada di wilayah tertentu saja untuk saat ini, yaitu daerah Jabotabek, Banten, atau Bandung. Untuk langkah antisipasi, peminjam dana juga harus memiliki usaha yang telah berjalan lebih dari satu tahun, dimana usaha tersebut telah mencetak laba bersih selama setahun sebelumnya.

Menyediakan Dana Talangan Jangka Pendek dengan Pasar Pinjam 

Pasar pinjam dapat disebut sebagai platform penyedia jasa pinjaman dana online yang mampu menyediakan dana talangan dalam jangka pendek bagi masyarakat. Bagi anda yang tertarik untuk menggunakan platform ini, caranya cukup mudah. Anda cukup mengunduh aplikasinya terlebih dahulu, kemudian isi data diri lengkap, dan ilih jumlah dana yang ingin diajukan. Setelah itu, anda hanya perlu menunggu proses verifikasi hingga selesai.

Terdapat syarat yang harus anda penuhi ketika ingin menggunakan jasa penyedia dana ini, yaitu anda adalah seorang warga yang telah memiliki penghasilan minimal Rp. 3,5 juta. Ketika mengajukan pinjaman dana, anda harus memiliki slip gaji yang berdomisili di koa tertentu, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Hal ini dikarenakan pinjaman online cepat cair dan mudah ini baru menyediakan jasanya di beberapa kota saja.

Ada baiknya anda untuk mempertimbangkan terlebih dahulu tentang keuntungan dan kerugian ketika menggunakan jasa pinjaman dana online. Sebaiknya, anda menyisihkan dana untuk kepentingan mendadak jauh hari, sehingga pengeluaran tidak terlalu membebani anda. Ketika anda terpaksa mengunakan aplikasi pinjam dana online, pastikan terlebih dahulu bahwa platform tersebut telah terdaftar di OJK.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *