Tip Bagaimana Cara Menabung Untuk Biaya Kuliah Sendiri

Kamu bercita-cita kuliah di kampus negeri yang terbaik. Namun kamu terhalang lantaran orang tua tak mampu membiayai kamu masuk kuliah. Jangan sedih!

Atau kamu berkeinginan untuk kuliah dengan biaya mu sendiri. Lalu bagaimana cara nya?

Jika kamu belum bekerja, kamu harus mulai menabung uang jajan mu untuk biaya kuliah. Atau kamu juga bisa melakukan kerja part time, lalu kumpulkan uang gajian mu untuk membiayai kuliah mu secara mandiri.

menabung untuk kuliah

Jika kamu berkeinginan untuk menabung biaya kuliah sendiri, kami akan berikan beberapa tips supaya kamu bisa menabung untuk membiayai kuliah mu.

Cara Menabung Untuk Biaya Kuliah Sendiri

Beberapa tips tersebut akan kami jelaskan dengan rinci. simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Mulai menabung dari sekarang

Kamu harus mulai menyisihkan uang jajan mu untuk di tabung. Jika perlu, kamu bekerja part time setelah pulang sekolah. Uang dari hasil kerja mu di tabung. Setiap hari konsisten menabung, pasti beberapa tahun kemudian kamu akan memiliki banyak uang untuk kamu jadikan sebagai biaya kuliah mu. Atau kamu memulai sebuah bisnis. Apapun bisnis itu, yang terpenting uang yang kamu dapatkan harus di tabung.

cara menabung untuk biaya kuliah

2. Tahu mana kebutuhan dan keinginan

Di usia muda seperti kamu, sering kali tidak bisa membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang hanya keinginan. Kamu harus memprioritaskan kebutuhan mu. Jika uang jajan mu masih tersisa setelah kamu gunakan untuk kebutuhan, jangan kamu pakai lagi sisa nya untuk hal-hal yang tak perlu. Lebih baik di tabung.

3. Kebanyakan beli jajan

Nah, kamu harus pandai-pandai mengelola uang, juga pandai mengelola nafsu konsumtif mu. Sekira nya di rumah ada makanan, ngapain menghabiskan jajan di luar? Lebih baik memakan makanan rumah dari pada jajan sembarangan. Oh ya, kamu juga bisa membawa bekal dari rumah untuk mengurangi jajan. Bawa juga sekalian minuman nya. Dengan kamu membawa bekal dari rumah, uang jajan yang di berikan orang tua bisa kamu gunakan untuk di tabung. Kan lumayan, semisal kamu setiap hari mendapat jatah 10 ribu, maka kamu kalikan saja selama satu tahun, berapa jumlah nya? Banyak kan? Maka nya mulai dari sekarang menghemat dengan membawa bekal dari rumah.

Tahu mana kebutuhan dan keinginan

4. Menghemat kuota internet

Kamu harus menghemat kuota internet mu. Jangan kamu gunakan untuk menonton sesuatu yang tidak berguna. Paling tidak, jatah yang harus kamu habiskan selama sebulan ya harus habis selama sebulan, kalau perlu masih ada sisa nya. Jangan malahan jatah sebulan kamu habiskan dalam beberapa hari saja. Ingat, jangan boros-boros dalam hal apapun. Termasuk dalam hal kuota internet. Gunakan secukupnya dan seperlunya saja.

Menghemat kuota internet

5. Hindari budaya hedonisme

Budaya hedonisme memang harus kamu hindari dan buang jauh jauh dari pikiran mu. Kamu tak perlu melakukan itu, karena kamu sebenarnya tidak membutuhkan nya. Hiduplah secara sederhana, gunakan uang seperlu nya. Jangan menghamburkan uang untuk sesuatu yang tidak perlu sama sekali. Kamu harus menanamkan dalam diri mu, bahwa kamu harus menggapai cita-cita mu, yaitu kuliah dengan biaya sendiri. Bahwa, cita-cita mu lebih penting untuk kamu prioritaskan di banding menuruti hawa nafsu untuk bersenang-senang.

Itulah beberapa tips supaya kamu bisa mengatur keuangan untuk membiayai kuliah mu secara mandiri, tanpa membebankan orang tua. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga artikel sebelumnya yaitu: