Untuk melakukan peminjaman memang dibutuhkan beberapa cara. Proses dalam melakukan peminjaman memang berbeda-beda apalagi sudah melalui online pasti sangat berbeda dengan melakukannya secara luring.

Pengguna harus terlebih dahulu mengetahui informasi-informasi tentang aplikasi atau alamat web yang menyediakan jasa peminjaman. Selain itu, pengguna harus mengetahui aplikasi-aplikasi atau website yang aman untuk digunakan. Melakukan peminjaman menggunakan aplikasi atau website memang berbeda prosesnya. Berikut ini adalah beberapa proses yang harus dilalui untuk mendapatkan peminjaman secara online.

Proses Cara Melakukan Pinjaman Online

1. Melalui Website

Proses yang pertama adalah melalui website. Prosesnya kurang lebih seperti di bawah ini:

a. Pendaftaran

Pengguna terlebih dahulu mendaftarkan diri melaluialamat website yang sudah disediakan. Pengguna kemudian diminta mengisis beberapa data untuk diisi di dalam formulir yang sudah disediakan.

b. Pinjaman

Setelah mengisi data-data diri, selanjutnya penguna bisa mengajukan pinjaman. Pengguna bisa memilih berapa biaya yang dibutuhkan dan juga jangka waktu pelunasan. Pengguna bisa memilih jangka waktu sehingga tidak dibatasi oleh pihak website itu sendiri. Hal ini memang tidak berlaku pada semua website karena beberapa aplikasi ada peraturan-peraturan jangka waktu pelunasan tersendiri.

c. Verifikasi

Setelah mengisi berapa jumlah pinjaman dan berapa lama jangka waktu. Pengguna akan mendapatkan verifikasi dari pihak peminjaman melalui sms. Selain itu, pengguna juga diminta melampirkan data yang ada di ponsel sehingga pengguna bisa melakukan transaksi di bank dengan mudah karena sudah terverifikasi.

d. Setelah sudah terverifikasi, pengguna sudah bisa mengambil uang yang dipinjam melalui bank yang sudah didaftarkan.

2. Aplikasi

Proses yang kedua adalah aplikasi. Proses dalam melakukan pemijaman secara online melalui aplikasi bisa dilihat dengan beberapa contoh contoh aplikasi peminjaman uang yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

a. Aplikasi Kredit Pintar

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sudah terdaftar di OJK dan memiliki akses yang mudah dan cepat. Caranya adalah dengan mengunduh aplikasi Kredit Pintar di layanan Play Store untuk hp android dan App Store untuk hp iphone. Selanjutnya pengguna bisa membuka aplikasi tersebut yang sudah diunduh kemudian pengguna akan diminta mengisi beberapa data seperti nama, nomor hp, dan nomor rekening.

Langkah selanjutnya setelah mengisi beberapa data diri, pengguna bisa mengirimkan foto KTP dengan syarat difoto dengan pengguna menggunakan kamera depan atau biasa dikenal dengan melakukan swafoto. Setelah mengirimkan, pihak aplikasi kredit pintar akan melakukan proses verifikasi pengguna bisa melakukan peminjaman dan bisa mengambil uang di bank yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Bagi pengguna yang ingin menggunakannya hanya dengan syarat-syarat tersebut. selain itu, hanya warga berusia minimal 18 tahun ke atas yang boleh menggunakannya. Beberapa keuntungan aplikasi ini adalah peminjaman bisa dilakuakn mulai Rp. 500.000 sampai dengan Rp.2.000.000. selain itu,pencairan uang tidak membutuhkan waktu yang lama.

b. Tunaiku

Aplikasi yang kedua ini juga sudah terdaftar di OJK sehingga sudah terjamin keamanannya. Aplikasi ini memiliki kelebihan yaitu pengguna bisa meminjam sampai dengan Rp. 20.000.000 aplikasi ini juga melakukan perncairan dengan cepat yaitu selama tiga hari saja sehingga peminjam tidak perlu khawatir dengan lama pencairannya.

Aplikasi ini termasuk layanan berupa KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang memiliki tahap tidak rumit. Syaratnya cukup dengan menyediakan KTP saja dengan syarat minimal berusia 21 tahun dan maksimal berusia 55 tahun.

c. Kredit Cepat

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi Kredit Cepat. Aplikasi ini bisa meminjamkan uang sebesar Rp. 8.000.000. cara untuk mendapatkan aplikasi ini adalah mengunduhnya terlebih dahulu kemudian mengisi beberapa data formulir yang sudah disediakan kemudian  membuka website Kredit Cepat. Selanjutnya pengguna bisa melampirkan foto formulir yang sudah diisi di aplikasi tersebut, mengunggah foto diri.

Setelah selesai pengguna hanya tinggal menunggu pihak Kredit Cepat akan melakukan verifikasi kemudian akan mengabarkan kepada pengguna melalui nomor hp aktif yang sudah dicantumkan. Selanjutnya, pengguna hanya perlu mengajukan berapa biaya yang dibutuhkan kemudia pihak Kredit cepat akan melakukan verifikasi dan pengguna bisa mengambil uang tersebut ke rekening bank yang sudah dikirim di pendaftaran.

Kelebihan aplikasi ini adalah jangka waktu pencairan hanya membutuhkan waktu satu hari saja sehingga bagi pengguna yang membutuhkan biaya cepat bisa menggunakan aplikasi Kredit Cepat. Untuk usia, pihak aplikasi membatasi usia dengan minimal berusia 22 tahun dan maksimal usia 52 tahun.

Itulah beberapa cara yang mudah dalam melakukan pinjaman secara online. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel terkait kami lainnya:

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *