Cara Aman Melakukan Pinjaman Hutang Online

No comment 31 views

Melakukan pinjaman hutang secara online memang belum terlalu terkenal atau belum banyak yang melakukannya. Hal tersebut dikarenakan banyak kekhawatiran terjadinya beberapa risiko yang kerap terjadi.

Bagi anda yang sedang melakukan kegiatan yang membutuhkan dana yang cukup banyak. Acara-acara tersebut seperti memulai bisnis, usaha, untuk acara hajatan pernikahan memang membutuhkan uang yang tidak hanya berbilang puluhan rupiah tetapi bisa mencapai jutaan rupiah.

cara mengajukan pinjaman online

Biasanya mereka melakukan segara cara agar acara tersebut bisa terlaksana salah satunya adalah dengan melakukan peminjaman hutang secara online. Sebelum melakukan peminjaman memang diperlukan beberapa hal. Berikut ini adalah cara aman melakukan pinjaman hutang melalui online.

Baca : Bagaimana Proses Cara Melakukan Pinjaman Online Sehingga Disetujui

Cara Aman Melakukan Pinjaman Hutang Online

1. Perjanjian

Dalam melakukan peminjaman apapun memang diperlukan perjanjian yang dibuat kedua belah pihak. Hal tersebut dilakukan agar risiko-risiko penipuan bisa terhentikan dan tidak terjadi. Perjanjian bisa dilakukan di awal perjanjian. Di dalam perjanjian tersebut harus terdapat beberapa kesepakatan tentang jumlah, batas waktu, pelunasan dan hal-hal lainnya yang sudah dibahas bersama dan atas persetujuan bersama. Cara ini menjadi sangat aman untuk pembuktian.

Cara Aman Melakukan Pinjaman Hutang Online

2. Informasi

Hal yang kedua ini memang sangat penting dalam semua hal karena untuk melakukan segala sesuatu dibutuhkan infromasi, pengalaman, sumber yang benar sehingga dalam melakukan kegiatan atau pekerjaan lebih aman dan nyaman karena mengetahui seluk beluknya.

Hal tersebut juga berlaku dalam mencari pinjaman yang baik agar tidak memiliki banyak risiko. Hal pertama yang dilakukan adalah mencari tahu tentang berbagai jensi pinjaman yang ada di aplikas-aplikasi atau secara online.

Setelah mengetahuinya barulah seseorang bisa menentukan pinjaman jenis apa yang diperlukan. Informasi juga bisa didapatkan melalui teman-teman yang sudah pernah mencoba beberapa cara melakuakn pinjaman secara online atau teman-teman yang sudah pernah menggunkan aplikasi pinjaman.

Informasi ini memang cukup penting sehingga pengguna lebih aman dalam menggunakan sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca : Cara Memilih Pinjaman Online Terbaik Agar Tidak Terjebak

3. OJK (Otoritas Jasa Keungan)

Selain mencari informasi di berbagai media seperti buku, internet atau lainnya. Pengguna bisa mengetahui melalui OJK. Lembaga ini memang meminimalisir terjadinya penipuan dalam dunia online apalagi tentang jasa-jasa keuangan.

OJK memiliki beberapa tugas salah satunya adalah bagi siapapun yang ingin memiliki jasa pinjaman baik berupa aplikasi maupaun secara web harus mendaftarkan terlebih dahulu kepada pihak OJK. Hal tersebut dilakukan untuk mengecek apakah aplikasi tersebut benar-benar tidak terdapat penipuan di dalamnya. dalam hal ini pengguna bisa mencari daftar-daftar aplikasi yang sudah terdaftar di OJK sehingga bisa digunakan dengan aman.

Otoritas Jasa Keuangan

Baca : Daftar Aplikasi Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK

4. Bukti

Dalam hal untuk mengamankan, pengguna bisa mencoba alternatif dengan cara meminta beberapa bukti yang nyata seperti data transaksi atau beberapa orang yang sudah menggunakan aplikasi sehingga ada bukti yang menunjukkan bahwa aplikasi peminjaman ini tidak ada penipuan. Selain itu, agar menguji keamanan lebih lanjut pengguna bisa meminta nomor telepon dan juga alamat pengguna lain yang sudah menggunakannya. Semakin banyak pengguna, semakin teruji keamanannya.

5. Ulasan-ulasan aplikasi yang sudah pernah mencobanya

Cara yang kelima ini memang perlu dilakukan guna mengecek kebenaran aplikasi tersebut. caranya adalah pengguna hanya perlu mencari beberapa nama aplikasi pinjaman yang ada di layanan Play Store atau App Store.

Pengguna hanya perlu membukanya tetapi tidak perlu sampai mengunduhnya. Biasanya setelah mengklik aplikasi kemudian akan muncul tulisan “Unduh” tetapi pengguna bisa terus menggeser ke bawah.

Di sana biasanya terdapat rating dan juga ulasan-ulasan pengguna yang sudah menggunakan aplikasi tersebut. di sanalah pengguna bisa membaca komentar-komentar mereka yang sudah pernah mencoba aplikasi tersebut. apabila ulasan-ulasan yang diberikan baik tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan aplikasi tersebut.

Baca : Hal yang Wajib Dipertimbangkan sebelum Meminjam secara Online

Itulah beberapa cara yang aman untuk melakukan peminjaman hutang secara online. Semoga bermanfaat.

Baca juga posting terkait kredit kami yang lain