Mungkin Anda salah satu orang yang tinggal di desa dan sedang mencari peluang usaha yang cocok di daerah pedesaan? Kira – kira apa sajakah peluang usaha di desa yang bisa dicoba?

Ada banyak sebenarnya peluang usaha di desa yang menjanjikan dan dapat di coba bahkan bagi Anda yang belum pernah memiliki pengalaman usaha sekalipun. Peluang usaha tersebut bisa dijalankan dengan modal kecil sehingga jika Anda termasuk salah satu orang yang akan memulai membangun usaha namun memiliki modal terbatas, peluang usaha ini pun dapat menjadi ide peluang usaha yang Anda jalankan. Berikut informasi selengkapnya untuk Anda!

Peluang Usaha yang Cocok di Daerah Pedesaan

Toko kelontong atau sembako

Toko kelontong atau sembako

Peluang usaha yang cocok di daerah pedesaan yang pertama kami rekomendasikan untuk Anda adalah membuka jasa toko kelontong atau toko sembako. Baik skala kecil atau toko sembako skala besar, semuanya berpotensi sukses.

Jika Anda tertarik menjalankan peluang usaha yang cocok di daerah pedesaan ini, beberapa hal yang Anda perlu siapkan meliputi :

  • Tempat usaha
  • Uang untuk modal awal usaha toko sembako atau toko kelontong
  • Tempat kulakan barang yang harganya murah dan pemiliknya bisa percaya pada Anda
  • Kendaraan untuk moda transportasi atau mengangkut barang dagangan

Untuk memulai salah satu usaha rumahan ini, Anda perlu modal untuk membeli bahan yang akan di jual. Kurang lebih modal yang Anda butuhkan sekitar 5 juta rupiah.

Warung makan

Warung makan merupakan salah satu jenis usaha yang Anda dapat lakukan di mana saja, termasuk dapat dilakukan di desa. Anda dapat membuat warung makan yang menjual makanan sehari – hari. Akan tetapi jika Anda menjual menu makanan sehari – hari di warung Anda, maka potensi profit yang Anda dapatkan juga tidak terlalu banyak.

Video Kata Motivasi Hidup Sukses

Berbeda jika menu yang Anda jual adalah menu lain. Misalkan menu yang tidak mudah ditemukan di desa. Walau pengenalannya butuh waktu, namun potensi profit yang Anda bisa dapatkan juga lebih besar. Misalkan Anda bisa menjual bakso, pizza, sosis atau menu lain yang jarang dibuat sendiri di rumah.

Beberapa item yang Anda harus persiapkan untuk memulai usaha warung makan diantaranya :

  • Tempat usaha
  • Etalase kaca
  • Peralatan masak dan peralatan saji

Di warung makan tersebut selain Anda menyajikan menu berat yang mengenyangkan perut, Anda juga bisa menyediakan snack atau jajanan yang disukai anak – anak. Sehingga dengan demikian target market Anda akan jauh lebih luas.

Untuk mendapatkan ide jajanan apa yang bisa Anda jalankan, baca : Ide Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil yang Bisa Dicoba

Pertamini atau usaha pom bensin mini

pertamini

Jika rumah Anda berada di pinggir jalan, cobalah Anda buka Pertamini. Anda dapat mendaftarkan diri untuk bergabung dalam usaha franchise Pertamini agar mendapatkan lapaknya. Akan tetapi jika menurut Anda membeli franchise Pertamini terlalu butuh modal besar, menjalankan usaha menjual bensin di botol juga bisa Anda lakukan. Anda hanya perlu sediakan botol untuk mengisi bensin yang Anda jual.

Usaha bidang hidroponik

Usaha hidroponik tentu saja menjadi salah satu usaha yang cocok di daerah pedesaan. Meski Anda memiliki lahan luas, bertani sayuran dengan sistem hidroponik tetap sangat dianjurkan karena dengan begitu pemanfaatan lahan yang Anda miliki akan jauh lebih efektif.

Anda juga berpotensi untuk menanam berbagai jenis sayuran di lahan Anda yang luas tersebut. Agar tanaman hidroponik yang Anda tanam dapat tumbuh dengan baik, ada beberapa kriteria yang Anda perlu penuhi untuk memilih jenis media tanam yang akan Anda gunakan bertani hidroponik, diantaranya :

  • Media memiliki kemampuan yang bagus untuk menyerap air.
  • Media harus memiliki struktur gembur sehingga nantinya akan semakin banyak nutrisi yang tersimpan dan tersebar dengan baik didalamnya.
  • Memiliki nilai kandungan garam yang cenderung rendah
  • Tidak mudah berubah bentuk walau terjadi perubahan suhu
  • Bebas hama sehingga tanaman akan tumbuh secara optimal
  • Memiliki kandungan kapur atau kalsium sedang

Anda juga harus menyiapkan media untuk menanam hidroponik. Adapun beberapa jenis media yang Anda dapat gunakan untuk menanam tanaman hidroponik sebagai salah satu usaha yang cocok di daerah pedesaan untuk dikembangkan diantaranya :

  • Arang sekam
  • Rockwool
  • Cocopeat atau sabut kelapa
  • Perlit
  • Dan masih banyak lagi lainnya

Agar Anda mampu mengembangkan bisnis hidroponik secara sukses, dibutuhkan beberapa pengetahuan yang Anda miliki. Untuk mendapatkan pengetahuan tambahan dalam menggeluti bisnis hidroponik, referensi artikel di Google bisa Anda pergunakan.

Jika untuk mengembangkan usaha dibutuhkan tambahan modal, Anda perlu selektif memilih lembaga pinjaman yang akan Anda jadikan alternatif penguat modal Anda. Terlebih kalau ada rencana untuk meminjam secara online. Terlebih dahulu baca : Tips Mencari Lembaga Pinjaman Online Legal dan Terpercaya

Usaha ternak

Peluang Usaha Ternak Ayam Ketawa

Usaha yang cocok di daerah pedesaan tidak terlepas dari memelihara hewan ternak. Terlebih kalau Anda punya pekarangan rumah yang luas maka usaha ternak akan sangat cocok menjadi usaha yang Anda jalankan.

Anda bisa beternak ayam, ternak bebek, ternak kambing atau pun ternak sapi. Sesuaikan saja dengan modal yang Anda punya dan kemampuan serta pengetahuan Anda tentang hewan ternak. Nantinya jika Anda sudah punya banyak anakan, Anda bahkan berpotensi memiliki pegawai untuk merawat hewan ternak Anda.

Itulah berbagai jenis usaha yang cocok di daerah pedesaan dan sangat direkomendasikan untuk menjadi pilihan jenis usaha yang Anda jalankan. Maksimalkan usaha Anda dan kembangkan sedari sekarang.