Cara Mengamankan Kontak Dari Pinjaman Online Yang Menganggu

Saat ini segala kegiatan seperti penawaran jasa dapat dilakukan secara online,  Menonjolkan  kemudahan untuk masyarakat tentu bisnis tersebut menggiurkan bagi beberapa orang. Sama halnya dengan pinjaman secara online, pijol mampu menarik masyarakat apalagi ketika sedang membutuhkan uang dengan cepat. Namun apabila peminjam mengalami sebuah masalah, tentu penagih hutang akan menagih dengan menghubungi seluruh kontak yang ada pada smartphone peminjam. Lalu bagaimana cara mengamankan kontak dari pinjaman online ?

Cara Melindungi Kontak dan Data dari Aplikasi Pinjaman Online

1. Hindari Perijinan dari Aplikasi

Ketika seseorang menginstall sebuah aplikasi pinjaman online, maka bisa jadi aplikasi tersebut dapat mengambil beberapa data yang disimpan dalam smartphone. Salah satu data yang umumnya dilihat atau diambil oleh aplikasi pinjaman online adalah data kontak. Seluruh kontak yang tersimpan dalam smartphone peminjam dapat diambil dan diketahui oleh penyedia pinjaman.

Data dari kerabat atau kenalan ini pun semakin mudah untuk didapat, ketika aplikasi dapat mengambil nomor yang tersimpan dalam smartphone pemilik hutang. Ketika menginstall aplikasi pinjaman online, terdapat pilihan “permission” yang artinya anda akan mengijinkan aplikasi tersebut melacak dan melihat seluruh daftar kontak pada ponsel peminjam uang. Oleh karena itu, cara mengamankan kontak dari pinjaman online adalah dengan memperhatikan perijinan yang diajukan oleh aplikasi.

Cara Mengamankan Kontak Dari Pinjaman Online

Seperti yang kita tahu, ketika seseorang tidak membayar tagihan lebih dari jangka waktu yang seharusnya, penagih akan mulai menghubungi untuk memberitahukan bahwa tagihan telah melalui jangka waktu. Apabila dalam beberapa bulan peminjam tidak dapat dihubungi atau mencoba untuk lari dari masalah, tentu penagih hutang akan menghubungi kerabat terdekat mulai dari keluarga hingga teman.

2. Melalui Pengaturan Smartphone

Apabila anda telah terlanjur memberikan perijinan dari aplikasi untuk melihat seluruh daftar kontak pada smartphone anda, maka bisa diatasi melalui perijinan pada pengaturan smartphone pemilik hutang sendiri. Bukalah pengaturan atau setting pada smartphone, lalu pilihlah fitur aplikasi dan cari aplikasi pinjaman online yang terinstall di smartphone anda. Pada perizinan aplikasinya, terdapat beberapa daftar seperti kalender, kamera, kontak, penyimpanan, hingga posisi,  nonaktifkan seluruh perizinan ini.

Dengan menonaktifkan seluruh perizinan ini, aplikasi yang terinstall pada smartphone akan tetap bisa digunakan. Namun aplikasi tersebut tidak bisa mengakses data – data seperti kontak hingga posisi anda. Tentu cara ini dilakukan bukan dengan tujuan untuk lari dari masalah penagihan hutang. Karena pada dasarnya anda lah yang meminta pengajuan hutang, maka anda pula lah yang harus menyelesaikan masalah ini.

Pasti pemilik hutang akan merasa malu, hingga rendah diri jika penagih hutang menginformasikan tentang penagihan hutangnya kepada beberapa keluarga atau teman. Sehingga, cara mengamankan kontak dari pinjaman online adalah dengan mengamankan smartphone dari perizinan tersebut. Apabila penagih hutang mulai menghubungi seluruh kerabat, nilai diri pemilik hutang pun bisa menurun

3. Atur Daftar Kontak

Cara selanjutnya adalah, dengan mengatur daftar kontak pada smartphone. Anda bisa mengisi daftar kontak baru dengan kontak palsu sebanyak mungkin,  kurang lebih 100. Apabila peminjam online tidak bisa membayar tagihan kurang lebih selama 3 bulan, maka penagih hutang akan mulai menghubungi beberapa kenalan pemilik hutang jika pemilik hutang sangat susah untuk dihubungi.

Ketika pemilik hutang merasa takut apabila aplikasi pinjaman online ini melihat seluruh daftar kontak pada smartphone, maka umumnya pemilik hutang mulai menghapus seluruh kontak. Namun, justru pinjaman online akan merasa curiga apabila kontak anda tiba-tiba berkurang drastis. Oleh karena itu apabila anda ingin menghapus beberapa kontak gantilah dengan kontak yang baru dengan jumlah yang sama atau bahkan lebih.

Contohnya seperti seorang pemilik hutang tidak ingin seluruh kerabatnya mengetahui serta terbebani dengan tagihan yang dikirimkan oleh pinjaman online. Oleh karena itu cara mengamankan kontak dari pinjaman online adalah dengan menghapus seluruh kontak yang ada pada smartphone tersebut. Namun apabila dalam kontak smartphone terdapat 50 kontak, maka gantilah dengan kontak palsu sebanyak kontak awal.

4.  Ganti Nomer SIM Card

Cara teraman dan tercepat ketika anda tidak ingin kembali dihubungi oleh seseorang, tentu dengan mengganti kartu SIM. Ketika smartphone anda memiliki fitur dual card, maka pindahkan nomor lama ke nomor baru media chatting seperti whatsapp. Hal ini karena pinjaman online juga akan selalu melihat apakah nomer yang terdaftar masih aktif atau tidak.

Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi yang memungkinkan smartphone untuk memiliki dua aplikasi whatsapp. Sehingga nomor yang telah terdaftar pada pinjaman online akan tetap terlihat online, dengan begitu pinjaman online tidak akan curiga dengan anda. Dengan menggunakan kartu SIM tambahan, anda bisa mengamankan kontak ke dalam nomor baru dan mengosongkan nomor yang tersimpan dalam kartu SIM untuk pinjaman online.

Perlu anda perhatikan juga bahwa kartu SIM baru tidak menggunakan KTP anda sebagai registrasinya. Hal ini karena data akan memperlihatkan bahwa anda memiliki 2 kartu SIM, bisa jadi pinjaman online pun mengetahui dilihat dari kartu KTP yang terdaftar dalam kartu SIM. Perlu diperhatikan juga bahwa cara mengamankan kontak dari pinjaman online ini bukan bertujuan untuk lari atau lepas tanggung jawab dari hutang, namun hanya untuk meminimalisir gangguan untuk kerabat terdekat.

5. Matikan Hubungan ke Aplikasi Media Sosial

Beberapa orang memilih untuk menghubungkan nomor smartphonenya ke beberapa media sosial. Media sosial yang sering dihubungkan seperti FB, Twitter, hingga Instagram, dapat dilihat oleh aplikasi pinjaman online. Oleh karena itu ketika anda telah menghubungkan nomor kepada beberapa media sosial, segera matikan perijinan tersebut.

Atau anda juga bisa menggantikannya dengan nomor lain, ketika anda membeli nomor baru maka segera ganti pautan beberapa media sosial kepada nomor yang baru. Hal ini juga berlaku untuk email yang anda gunakan. Apabila email anda memiliki berisi pesan-pesan penting, maka buatlah email baru dan tukar pautan nomor baru dengan nomor lama terhadap kedua email yang dimiliki.

Menghubungkan media sosial kepada nomor smartphone memang memudahkan pengguna, ini karena pengguna dapat dengan cepat untuk memverifikasi apabila terjadi suatu masalah dengan media sosialnya. Namun bagi kamu pemilik hutang yang menggunakan aplikasi peminjaman online, harus berhati hati akan hal ini. Cara mengamankan kontak dari pinjaman online secara maksimal juga dengan mengamankan media sosial. Pinjaman online bisa saja melacak kerabat melalui media sosial.

Permasalahn akan hutang melalui pinjaman online memang tidak hanya tentang praktik penagihan saja, namun juga keamanan baik pada pemilik hutang maupun untuk kerabat sekitarnya. Tanpa disadari, aplikasi yang memudahkan peminjaman tersebut mampu mengambil beberapa data nomor telepon yang tersimpan di smartphone peminjam. Bisa jadi orang yang dihubungi pun masuk kedalam daftar emergency contact. Oleh karena itu anda perlu berhati – hati ketika memutuskan untuk berhutang, pilihlah opsi ini apabila memang sangat terdesak.

Baca juga artikel sebelumnya: