Tips untuk Peminjam yang Tidak Bayar Pinjaman Online

Saat ini, banyak perusahaan fintek yang gencar melakukan promosi untuk menarik nasabah, salah satunya dengan mengirim SMS kepada nomor tertentu. Kondisi ini menyebabakan beberapa orang tergiur untuk melakukan pinjaman online ketika sedang mengalami kesulitan ekonomi. Sayangnya tidak sedikit yang kesulitan membayarnya pada saat jatuh tempo. Berikut ini cara yang bisa ditempuh peminjam untuk menghindari tidak bayar pinjaman online.

Cara untuk Para Peminjam Agar Bisa Membayar Pinjaman Online

1. Mejadikan Pembayaran Hutang Sebagai Prioritas

Mejadikan Pembayaran Hutang Sebagai Prioritas

Ketika anda melakukan peminjaman uang secara online, maka tentunya perusahaan akan memberikan jatah waktu untuk melakukan pelunasan. Anda pun bisa memperkirakan bahwa pada tanggal tersebut, apakah anda sudah memiliki uang untuk membayar hutang atau tidak. Sebaiknya ketika anda sudah memutuskan untuk meminjam uang, maka anda harus memprioritaskan untuk membayarnya dengan segera ketika sudah memiliki uang.

Ketika anda sudah menerima gaji, sebaiknya langsung sisihkan sebagian uang tersebut untuk membayar hutang hingga pinjaman tersebut benar benar lunas. Salah satu kesalahan yang sering terjadi dan dilakukan oleh peminjam adalah mereka lebih mengutamakan hal lain dan mengentengkan hutangnya. Berfikir bahwa hutang dapat dilunasi di akhir adalah kesalahan besar. Maka dari itu, anda harus pandai memprioritaskan kebutuhan termasuk membayar pinjaman.

Kalau perlu lakukan pencatatan di buku atau menempelkannya di tempat yang sering anda lihat agar anda terhindar dari tidak bayar pinjaman online. Anda juga bisa mencatatnya di smartphone dan kalau perlu melakukan pengaturan agar smartphone anda memberikan pemberitahuan ketika pada saat penerimaan gaji. Dengan begitu, anda akan memprioritaskan uang untuk membayar hutang dan terhindar dari kata lupa.

Baca juga : Resiko Tidak Bayar Pinjaman Online yang Wajib Diketahui Peminjam

2. Menerapkan Hidup yang Hemat

Salah satu cara yang bisa dilakukan jika kesulitan bayar pinjaman adalah dengan menerapkan hidup yang hemat. Banyak orang yang berfikir karena adanya pinjaman online yang bisa dilakukan sewaktu waktu sehingga bisa memenuhi keinginannya dengan mudah seperti membeli tas, sepatu hingga smartphone baru. Padahal keinginan tersebut bukanlah merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi.

Jika barang barang anda masih layak dipakai sebaiknya anda menyisihkan uang yag lebih untuk membayar hutang. Mengingat dampak dari tidak bayar pinjaman online cukup serius, seperti penagihan yang dilakukan secara terus menerus sehingga menganggu aktivitas anda. Sebaiknya hidup berhemat sementara dan mengurangi beberapa pengeluaran yang tidak diperlukan, agar pinjaman online segera lunas sehingga anda tidak memiliki beban lagi.

Baca juga : Cara Mengatur Keuangan Anak Remaja Milenial Agar Kaya Disaat Tua

3. Mencari Kerja Sampingan

Cara untuk Para Peminjam Agar Bisa Membayar Pinjaman Online

Jika anda merasa bahwa gaji yang anda peroleh tidak cukup untuk membayar hutang pinjaman online, maka sebaiknya anda mencari kerja sampingan. Namun, beberapa hal juga harus dipertimbangkan dengan baik seperti waktu kerja yang tidak bertabrakan dengan kerja utama sehingga anda bisa mengaturnya dengan mudah. Ada banyak pekerjaan sampingan yang tidak menganggu waktu anda seperti misalnya berjualan online.

Anda juga bisa memanfaatkan hobi dan kemampuan yang anda miliki seperti menjadi penulis lepas, pembuka pemesanan gambar dan sebagainya. Tentunya dengan melakukan kerja sampingan ini anda mendapatkan uang lebih sehingga anda bisa membayar pinjaman online. Selain itu, waktunya yang fleksibel juga membuat anda tetap bisa fokus pada pekerjaan utama.

Baca juga : Cara Mengamankan Kontak Dari Pinjaman Online Yang Menganggu

4. Meminta Bantuan Orang Terdekat

Meminta Bantuan Orang Terdekat

Jika memang teryata anda masih kesulitan untuk membayar pinjaman, maka anda harus mencoba menceritakan masalah yang sedang anda alami kepada keluarga atau orang orang terdekat. Dengan memberitahukan tentang kondisi sulit yang sedang anda alami, siapa tahu dari mereka ada yang memiliki solusi terhadap masalah anda tersebut.

Bahkan ada kemungkinan mereka akan membantu anda membayar pinjaman tersebut sehingga anda terhindar dari tidak bayar pinjaman online. Masalah yang dipendam sendiri justru akan membuat anda semakin stres. Selain itu, keluarga adalah satu satunya tempat terbaik untuk menceritakan masalah. Sebagai orang terdekat, tentunya mereka juga meemiliki keinginan untuk membantu anda keluar dari masalah tersebut.

Baca juga : Sanksi Tidak Bayar Pinjaman Online Beserta Solusinya

5. Melakukan Pinjaman Berbunga Lunak

Melakukan Pinjaman Berbunga Lunak

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk melunasi pinjaman adalah dengan memanfaatkan pinjaman yang memberikan bunga yang lunak. Tapi alangkah baiknya jika cara ini dihindari, karena bagaimana pun meminjam uang untuk membayar hutang bisa menyebabkan anda semakin terlilit hutang. Maka dari itu, anda perlu mempertimbangan dengan baik agar hutang anda tidak semakin menumpuk.

Anda bisa mendatangi beberapa tempat seperti bank untuk melakukan pinjaman uang. Namun, anda harus memperhitungkan apakah bunga yang diterapkan oleh pihak bank sedikit atau banyak. Jangan sampai ketika anda meminjam justru bunga yang ditetapkan lebih tinggi sehingga anda semakin kesulitan membayar hutang nantinya. Pilihlah tempat peminjaman yang menetapkan tenor lebih dari satu tahun agar anda juga tidak kesulitan saat membayarnya.

Baca juga : Jangan Kabur Dari Pinjaman Online, Kami beri Solusinya

6. Anda Mencari Pinjaman Tanpa Bunga

Anda juga bisa melakukan cara agar terhindar dari tidak bayar pinjaman online dengan mencari pinjaman tanpa bunga untuk melunasi pinjaman online. Tentunya hal ini tidak menimbulkan resiko uang pinjaman yang semakin menumpuk. Pinjaman tanpa bunga ini bisa anda dapatkan dari orang orang terdekat seperti teman maupun kerabat. Namun dengan catatan anda harus membayar uang yang dipinjam sesuai denga waktu yang dijanjikan agar hubungan tidak sampai rusak.

Anda juga bisa melakukan pinjaman ke kantor tempat bekerja. Biasanya pihak kantor memberikan fasilitas kepada karyawannya untuk meminjam uang tanpa bunga. Agar pembayaran hutang pada pihak kantor tidak sampai terganggu, anda sebaiknya meminta tenor lebih dari setahun. Dengan begitu, anda bisa membayar pinjaman dari fintek tepat waktu dan anda juga tidak harus terburu buru membayar hutang ke kantor.

Baca juga : Cara Kabur Dari Pinjaman Online (Solusi Paling Efektif)

7. Menjual Barang Barang Berharga

Menjual Barang Barang Berharga

Cara Terakhir yang bisa dilakukan agar hutang di fintek bisa terbayar tepat waktu adalah dengan menjual barang barang yang anda miliki. Mengingat akibat tidak membayar pinjaman ini cukup besar, salah satunya anda akan didatangi pihak penagih ke rumah, belum lagi bunga yang terus menerus bertambah. Maka sebaiknya jangan sampai tidak bayar pinjaman online sehingga hal hal buruk tersebut tidak sampai anda alami.

Cobalah anda mencari beberapa aset yang bisa dijual dan barang tersebut tidak terlalu anda butuhkan. Seperti misalnya jika anda punya dua TV atau motor anda bisa menjual salah satunya. Selain itu, beberapa barang yang sudah anda beli namun tidak anda suka maka anda bisa menjualnya. Cara ini merupakan cara yang efektif dan tergolong sebagai langkah terbaik. Karena anda tidak perlu lagi membayar pinjaman lain setelah berhasil melunasi pinjaman online.

Saat kondisi uang tidak cukup untuk membayar tentunya akan membuat anda kesulitan melunasi hutang. Akhirnya anda harus memutar otak agar tetap bisa mmebayarnya tepat waktu. Agar hal ini tidak sampai terjadi maka anda bisa mengatasinya dengan menabung uang yang anda peroleh saat gajian. Selain itu, saat ini ada beberapa investasi yang bisa anda pilih untuk menjaga keuangan tetap stabil. Dengan adanya yang yang disimpan tersebut, maka anda tidak akan kesulitan ketika berada pada kondisi yang mendesak. 

Baca juga : Kumpulan Pengalaman Tidak Membayar Pinjaman Online, Sanksi+Solusi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *