Bagi orang yang setiap harinya bekerja dari rumah tentu penerapan work from home bukan hal yang sulit karena mereka sudah terbiasa. Akan tetapi bagi orang yang tidak pernah bekerja dari rumah atau memang bekerja dari rumah karena keadaan, tentu agenda work from home bukan hal yang mudah.

Manajemen waktu sangat perlu dipikirkan dan diterapkan agar work from home bisa terkondisikan. Mengenai bagaimana cara manajemen waktu yang bisa diterapkan agar work from home bisa jadi lebih produktif, disini kami akan berikan ulasan selengkapnya untuk Anda. Lets check these out!

Cara Manajemen Waktu Agar Work From Home Lebih Produktif

Cara Manajemen Waktu Agar Work From Home Lebih Produktif
Cara Manajemen Waktu Agar Work From Home Lebih Produktif

Tetapkan apa yang menjadi tujuan Anda

Tetapkan apa yang menjadi tujuan Anda
Tetapkan apa yang menjadi tujuan Anda

Cara manajemen waktu agar work from home lebih produktif yang pertama harus Anda terapkan adalah menetapkan tujuan Anda. Pastikan bahwa Anda tahu apa yang Anda sedang ingin capai dan aktivitas apa yang mendukung pencapaian tersebut.

Tetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang Anda. Pastikan juga bahwa kegiatan Anda sehari – hari harus fokus pada tujuan yang sudah Anda tetapkan tersebut. Usahakan Anda mengabaikan berbagai aktivitas lain yang sama sekali tidak berkaitan atau mendukung tujuan Anda karena hal tersebut sangat penting untuk Anda.

Hindari hal – hal yang membuang waktu

Hindari hal – hal yang membuang waktu
Hindari hal – hal yang membuang waktu

Dalam kehidupan sehari – hari, seringkali kita tidak sadar bahwa kita melakukan suatu kegiatan yang sebenarnya buang – buang waktu. Beberapa contoh kegiatan yang buang – buang waktu diantaranya seperti terlalu banyak menghayal, terlalu banyak curhat dengan teman, terlalu sering buka tutup hp, main game dan sebagainya.

Nah, Anda harus tahu bahwa kegiatan buang – buang waktu tersebut memang membuat kita mudah terlena. Ketika sudah terlena, kebanyakan dari kita akan abai dengan tugas dan pekerjaan yang menanti untuk diselesaikan.

Video Motivasi Kehidupan Singkat

Untuk itu menghindari hal – hal yang membuang waktu sebenarnya menjadi suatu aspek yang sangat penting dilakukan jika memang Anda harus work from home.

Lakukan apa yang sudah Anda rencanakan

Lakukan apa yang sudah Anda rencanakan
Lakukan apa yang sudah Anda rencanakan

Sebagus apapun suatu rencana tidak akan pernah bisa membuahkan hasil jika Anda tidak mengeksekusi rencana tersebut. Karena itu yang Anda perlu lakukan setelah merencanakan segala sesuatunya di moment work from home adalah melakukan apa yang sudah direncanakan.

Dalam rangka melakukan apa yang sudah direncanakan tersebut, pastikan Anda bisa membedakan mana hal – hal yang sifatnya mendesak dan mana hal – hal yang sifatnya prioritas. Tentukan juga hal – hal mana yang perlu dikerjakan dan mana yang harus dikesampingkan.

Dengan begitu Anda bisa merasa lebih tenang karena sudah ada beberapa tugas yang selesai dikerjakan dan tidak ada yang terbengkalai. Terakhir, pastikan bahwa Anda membawa daftar tersebut kemanapun Anda pergi karena menentukan kegiatan apa yang perlu diprioritaskan dan menggunakan waktu secara tepat menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang ketika harus work from home.

Buatlah jadwal rutinitas dan lakukan

Buatlah jadwal rutinitas dan lakukan
Buatlah jadwal rutinitas dan lakukan

Supaya Anda terbiasa dengan jadwal pengaturan yang baru, pastikan Anda membuat jadwal rutinitas harian yang Anda harus lakukan dan kemudian ikuti dengan sebaik mungkin. Misalkan Anda buat jadwal mulai dari bangun tidur apa yang Anda lakukan setelahnya.

Kapan Anda mulai bekerja dan jam berapa Anda akan mulai bekerja juga perlu Anda jadwal. Dengan demikian Anda bisa mengevaluasi kegiatan harian Anda. Anda juga bisa mengontrol apakah di hari tersebut Anda sudah disiplin dengan jadwal yang Anda buat atau tidak. Jika tidak, maka esoknya Anda harus mulai berusaha disiplin dengan jadwal tersebut.

Itulah cara manajemen waktu agar work from home lebih produktif. Lakukan dan jangan abaikan salah satu tips trik diatas. Dengan menjalankannya, work from home tak akan sia – sia. 

Baca juga artikel menarik lainnya yaitu: