Merebaknya virus korona kini tidak hanya menjadi bumerang bagi dunia kesehatan, melainkan juga memberikan pengaruh yang sangat besar bagi sektor keuangan. Ada banyak perusahaan yang bangkrut karena operasionalnya terganggu hingga berujung pada banyaknya karyawan yang di PHK.

Banyak usaha yang harus gulung tikar karena berbagai sebab, baik sektor internal atau eksternal. Ketika masa – masa sulit seperti ini sedang dialami, baiknya kita tetap tenang namun tetap perlu mencari strategi terbaik agar keuangan tidak defisit.

Lantas bagaimana manajemen keuangan yang harus ditangani ketika krisis melanda? Disini kami akan berikan ulasan selengkapnya untuk Anda tentang cara manajemen keuangan yang harus dijalankan dalam menangani krisis yang sedang melanda dan Anda harus tahu. So, lets check these out!

Manajemen Keuangan yang Harus Ditangani Ketika Krisis Melanda

Manajemen Keuangan yang Harus Ditangani Ketika Krisis Melanda
Manajemen Keuangan yang Harus Ditangani Ketika Krisis Melanda

Buat daftar kebutuhan prioritas, dan tepati

Membuat daftar kebutuhan prioritas dan menepati daftar yang dibuat menjadi hal pertama yang penting dalam rangka penerapan manajemen keuangan. Anda harus memastikan dan menentukan mana kebutuhan yang penting dan paling utama.

Jangan Anda menghabiskan uang untuk berbagai macam hal yang tidak penting utamanya dalam kondisi krisis yang melanda.

Buat daftar kebutuhan prioritas, dan tepati
Buat daftar kebutuhan prioritas, dan tepati

Terlebih jika kebutuhan prioritas masih belum terpenuhi semua dengan baik, maka jangan terburu – buru mengeluarkan uang untuk yang lainnya karena hal tersebut akan sangat mengacaukan keuangan Anda secara keseluruhan. Lakukan penghematan berskala besar dengan memenuhi kebutuhan prioritas yang sudah Anda list rapi.

Video Motivasi Kehidupan Singkat

Batasi pengeluaran Anda

Ketika kondisi ekonomi sedang dalam masa krisis, sebaiknya Anda berusaha mengurangi berbagai macam pengeluaran setiap bulannya. Tak perlu memangkas pengeluaran secara penuh karena hal tersebut memang hal yang tidak mudah untuk dilakukan.

Anda hanya perlu mengurangi pengeluaran sehari – hari Anda misalnya Anda yang biasa berlangganan TV kabel, Anda bisa menghentikannya. Jika Anda merasa bahwa hal tersebut tidak diperlukan, Anda bisa mencoba memberhentikan langganan tersebut.

Pastikan Anda menikmati saluran TV gratis yang lebih bisa membuat Anda hemat daripada berlangganan TV kabel yang masih belum tentu penting untuk Anda. Anda bisa alokasikan dana TV kabel yang biasa Anda bayarkan untuk membayari keperluan lainnya atau untuk ditabung.

Lunasi utang Anda sesegera mungkin sebelum krisis semakin parah

Lunasi utang Anda sesegera mungkin sebelum krisis semakin parah
Lunasi utang Anda sesegera mungkin sebelum krisis semakin parah

Karena kondisi ekonomi sedang dalam masa krisis, akan jauh lebih baik jika Anda sesegera mungkin melunasi segala macam utang yang Anda miliki. Terlebih jika utang tersebut merupakan utang kartu kredit, maka harus cepat – cepat Anda lunasi.

Hal tersebut penting karena jika tidak segera Anda lunasi, tentu saja kartu kredit hanya akan menjadi beban karena bunga semakin bertambah banyak. Bunga kartu kredit akan semakin besar jika Anda tidak sesegera mungkin melunasinya.

Alokasikan sebagian uang Anda dalam bentuk investasi

Melakukan investasi tidak perlu untuk semua uang Anda. Anda bisa menyisihkan sebagian tabungan atau setidaknya 20 – 30% tabungan Anda untuk investasi. Ada berbagai lini investasi yang Anda bisa ikuti.

Akan tetapi pastikan bahwa dalam mengikuti berbagai lini investasi tersebut, Anda juga harus paham tentang cara investasinya bagaimana dan seperti apa agar Anda tidak salah langkah.

Pastikan Anda menggunakan gaya hidup hemat

Pastikan Anda menggunakan gaya hidup hemat
Pastikan Anda menggunakan gaya hidup hemat

Ketika kondisi ekonomi sedang dalam masa krisis, jalan terbaik yang Anda harus lakukan adalah dengan menerapkan gaya hidup hemat. Jika selama ini gaya hidup Anda masih konsumtif dan boros, mulailah untuk mengganti pola hidup konsumtif tersebut menjadi gaya hidup hemat.

Lakukan pemangkasan dan penghematan di berbagai lini. Hal tersebut sangat penting supaya nantinya Anda tidak mengalami kerugian.

Demikian berbagai cara manajemen keuangan yang harus ditangani ketika krisis melanda. Selamatkan keuangan Anda dengan cara yang tepat ketika krisis terjadi.

Termukan juga inspirasi bisnis dan ide peluang usaha pada posting kami sebelumnya yaitu: